Talenthub, Jurus Kemnaker Kembangkan Talenta Muda Indonesia

Talenthub sebagai wadah untuk memfasilitasi talenta muda untuk terus berinovasi membukan seluas luasanya kepada berbagai pihak yang ingin bersama sama meningkatkan program-program yang ada di Talenthub

oleh Septian Deny diperbarui 31 Agu 2023, 21:50 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2023, 21:50 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)
Gedung Kementerian Ketenagakerjaan. Kemnaker telah menerima beberapa informasi terkait jumlah PHK, khususnya di sektor industri padat karya orientasi ekspor seperti garmen, tekstil, dan alas kaki. (Dok. Kemnaker)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terima penghargaan dari Merdeka Awards 2023 atas berbagai terobosan dalam program Inovatif untuk Negeri di Jakarta, (3/8/2023).

Empat program yang mengantar Kemnaker raih penghargaan tersebut adalah program Talenthub, yang diantaranya adalah Talent Class, Talent Fest, Talent Scouting, dan Talent Corner. 

Menanggapi hal itu, Managing Director of Talenthub Ahmad Luthfi menjelaskan bahwa program-program tersebut tercanangkan ketika COVID-19. Talenthub meluncurkan program tersebut dengan #talenthubbantukerja pada tahun 2021 lalu. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim Talenthub dan seluruh mitra Talenthub yang telah membantu pelaksanaan program tersebut.

Selain itu, Ia juga menjelaskan detail keempat program tersebut. "Keempat program itu merupakan program unggulan di Talenthub dan banyak diminati oleh para talenta muda di seluruh Indonesia," tutur dia dikutip Kamis (31/8/2023).

Talent Class

Talent Class merupakan program pelatihan peningkatan skill untuk memfasilitasi para talenta muda di Indonesia agar memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan Industri.

Talent Class memiliki dua level pelatihan yaitu level basic dan intermediate. Program ini dilaksanakan secara virtual dengan 8 kali pertemuan dan dimentori oleh mentor-mentor profesional. Sejak 2021, Talent Class sudah dilaksanakan sebanyak 9 batch, dan masih ada 3 batch lagi yang akan dilaksanakan di September-November 2023.

Selain program pelatihan, Ahamd Luthfi juga menjelaskan bahwa Talenthub memiliki program untuk mempertemakan para talenta muda dengan industri. Program itu bernama Talent Souting. Talent Scouting sudah dilakukan di sembilan Kota, yaitu Jakarta, Bali, Samarinda, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Malang, Bandung, dan Manado. Dan tiga kota berikutnya di tahun ini ada Serang, Semarang, dan Padang. 

 


Talent Corner

Tim Talenthub dan Cineverse dalam acara launching Young Talent Movie Festival
Tim Talenthub dan Cineverse dalam acara launching Young Talent Movie Festival. (Foto: Dok. IST/Young Talent Movie Festival)

Tak hanya itu, Talenthub juga menginisiasi pembentukan Talent Corner di 21 daerah yang menempel di UPTP Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas. Talent Corner ini merupakan wadah untuk para talenta muda untuk mengembakan keterampilan dan juga berinovasi mengembakan potensi wilayah setempat. 

Sedangkan, untuk memfasilitasi masyarkat umum mengenal Talenthub dan juga seluruh talenta muda yang sudah dilatih, Talenthub menciptakan program bernama Talent Fest. Program tersebut memiliki beberapa rangkaian acara, seperti Movie Competition, Talent X, Pitchbattle, dan Talent Summit. 

Ahmad Luthfi juga menyampaikan bahwa Ia berserta tim membuka pintu bagi siapapun yang ingin berkolaborasi untuk meningkatkan program-program yang ada di Talenthub. 

“Talenthub sebagai wadah untuk memfasilitasi talenta muda untuk terus berinovasi membukan seluas luasanya kepada berbagai pihak yang ingin bersama sama meningkatkan program-program yang ada di Talenthub,” pungkasnya.


Menaker Ida Fauziyah Minta Pengusaha Pekerjakan Korban PHK

Menaker Ida Fauziyah. (Istimewa)
Menaker Ida Fauziyah. (Istimewa)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Periode 2023 sampai dengan 2028. Audiensi ini dilakukan di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Ida Fauziyah meminta pengusaha anggota Apindo yang perusahaannya tengah tumbuh positif untuk turut memperhatikan para pekerja yang ter-PHK.

“Kami juga memandang perlunya mendorong bagi perusahaan yang saat ini tumbuh positif, untuk menunjukkan kepeduliannya bagi korban PHK dengan mempertimbangkan untuk mempekerjakan korban PHK,” kata Menaker, Selasa (22/8/2023).

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, pihaknya meminta pengurus Apindo untuk bersinergi dengan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah, dalam mengimplementasikan aturan-aturan ketenagakerjaan dan mewujudkan hubungan industrial yang harmonis.

“Dalam rangka peningkatan fungsi pengawasan dan pembinaan, Kami meminta agar perusahaan yang tergabung dalam Apindo bersama Pengurus Daerah Apindo untuk selalu kerja sama dengan Mediator HI dan Pengawasan Ketenagakerjaan,” ujarnya.

 


Kekerasan Seksual

Program Inovatif untuk Negeri Merdeka Awards 2023
Dalam sambutannya, Menaker Ida menyampaikan terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan oleh Merdeka.com. "Kemnaker mengucapkan terima kasih kepada merdeka.com yang telah memberikan apresiasi kepada program inovatif yang kita kembangkan dan juga sebagai pengakuan publik atas kerja Pemerintah," ujar Ida Fauziyah. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Kemudian secara khusus Menaker meminta Apindo untuk mendorong perusahaan-perusahaan anggotanya, dalam mengimplementasikan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI (Kepmenaker) Nomor 88 Tahun 2023 tentang Pedoman Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Tempat Kerja.

“Kami meminta Apindo dapat berperan aktif untuk mendorong pembentukan Satuan Tugas Pencegahan dan penanganan korban kekerasan seksual di tempat kerja,” ujar Menaker.Lebih lanjut, Menaker juga meminta agar anggota Apindo terlibat aktif dalam forum-forum dialog sosial seperti Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit dan Dewan Pengupahan.

“Perwakilan pengusaha di LKS Tripnas dan Deppenas juga harus aktif hadir dalam setiap pertemuan dan juga berani menyampaikan ide-ide gagasan atau masukan mengenai dunia ketenagakerjaan,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya