Link Daftar Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis, Buka ayonaik.kcic.co.id

PT Kereta Cepat Indoneisa China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) secara gratis untuk masyarakat umum, mulai Minggu, 17 September 2023.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 17 Sep 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 08:00 WIB
Intip Depo Tegalluar, Tempat Perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Petugas mengecek rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang telah tiba di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Cepat Indoneisa China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) secara gratis untuk masyarakat umum, mulai Minggu, 17 September 2023.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung ini sudah dapat melakukan pendaftaran melalui situs http://ayonaik.kcic.co.id/.

"Kegiatan uji coba Kereta Cepat tidak berbayar bersama penumpang ini akan dilakukan hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas, yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat," jelas Eva, Minggu (17/9/2023).

Proses Daftar Kereta Cepat Jakarta Bandung

Eva menyampaikan, proses pendaftaran uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung akan dibuka secara bertahap, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran tahap 1 dibuka mulai Minggu, 17 September 2023 untuk jadwal keberangkatan 18-24 September 2023.
  2. Pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan 25-30 September 2023.
  3. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran.
  4. Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal 2 penumpang.
  5. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan 1 kali selama masa uji coba.
  6. Pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  7. Perjalanan berlaku pulang pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal kereta.
  8. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, Eva melanjutkan, setiap harinya KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP).

"Sehingga total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023," jelas dia.

 


Jadwal Uji Coba Kereta Cepat

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terparkir di Stasiun Tegalluar
Foto udara suasana rangkaian kereta cepat di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). Progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 88,8 persen dan direncanakan beroperasi pada Juli 2023. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dari empat jadwal tersebut, dua diantaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim dan dua lainnya keberangkatan Stasiun Tegalluar, dengan waktu keberangkatan sebagai berikut:

  1. Relasi Stasiun Halim-Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIb dan 14.00 WIB
  2. Relasi Stasiun Tegalluar-Halim PP: Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

Untuk memastikan keselamatan penumpang, masyarakat yang ada dalam manifes perjalanan dilindungi oleh asuransi perjalanan. "Karena itu penting bagi calon penumpang untuk mengisi data diri dengan baik dan benar ketika melakukan pendaftaran," imbuh Eva.

Calon penumpang pun dihimbau agar memperhatikan jadwal Kereta Cepat Jakarta Bandung yang dipilih. Eva meminta pendaftar datang selambatnya 1 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrian pada saat proses verifikasi data calon penumpang dilakukan.

"Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun Kereta Cepat di Stasiun Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum," pungkas Eva.


Kereta Cepat Jakarta-Bandung Angkut 1.7000 Penumpang di Hari Pertama Uji Coba Gratis

Potret Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mulai dikirim ke Indonesia
Potret Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mulai dikirim ke Indonesia (dok: KCIC)

Uji coba gratis kereta cepat Jakarta-Bandung nampaknya disambut baik oleh masyarakat. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pada hari pertama uji kereta cepat mengangkut 1.700 penumpang.

Kereta api (KA) cepat relasi Jakarta-Bandung mengangkut 1.700 penumpang di hari pertama uji coba operasional yang dilakukan pada Jumat (15/9).

"Uji coba operasional KA cepat dengan penumpang berjalan lancar Jumat, 15 September 2023. Sebanyak 1.700 masyarakat dari berbagai wilayah melakukan perjalanan KA cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar dan sebaliknya. Uji coba operasional KA cepat dengan penumpang ini menjadi salah satu bagian persiapan jelang operasi KA cepat secara penuh," kata Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa dikutip dari Antara, Sabtu (16/9/2023).

Adapun, 1.700 penumpang yang mengikuti perjalanan KA cepat itu terbagi dalam empat jadwal perjalanan Stasiun Halim, Jakarta Timur-Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung pulang pergi (PP).

Jadwal Perjalanan PP

Eva mengatakan selama masa uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan penumpang, KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan PP sehingga total terdapat delapan perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023 dengan jadwal, yakni relasi Stasiun Halim-Tegalluar PP: pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB dan relasi Stasiun Tegalluar-Halim PP: pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

Secara keseluruhan, lanjut KCIC, uji coba operasional KA cepat bersama masyarakat di hari pertama berjalan dengan lancar aman dan tanpa kendala.

 


Masyarakat Antusias

Kereta Api Cepat kini telah resmi ditetapkan sebagai daftar Objek Vital Nasional
Kereta Api Cepat kini telah resmi ditetapkan sebagai daftar Objek Vital Nasional (dok: KCIC)

Menurut dia, masyarakat sangat antusias mengikuti perjalanan KA cepat relasi Stasiun Halim-Tegalluar dan sebaliknya. Situasi perjalanan KA cepat selama uji coba bersama penumpang yang digelar Jumat ini juga sangat kondusif. Semua aspek pada kegiatan uji coba operasional berjalan sesuai dengan rencana.

"Pada perjalanan tersebut masyarakat juga mengungkapkan rasa kagum dan penasaran untuk menggunakan KA cepat serta memberikan dukungan positif dari kehadiran KA cepat berteknologi tinggi sebagai moda transportasi publik. Pada uji coba yang berlangsung perjalanan Jakarta-Bandung dari Stasiun Halim menuju Tegalluar dicapai dalam waktu 46 menit," ujar Eva.

Eva juga mengungkapkan bahwa dalam kegiatan uji coba tersebut, seluruh masyarakat yang terdaftar dalam manifes penumpang mendapat perlindungan asuransi perjalanan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan penumpang.

 

Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya