Viral Pria Asal Korsel Nyaleg Caleg DPR RI dari Partai Golkar, Ini Kata Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto buka suara atas sorotan masyarakat terhadap salah satu Calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Golkar, Chong Sung Kim.

oleh Tim Bisnis diperbarui 14 Feb 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2024, 12:00 WIB
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menghadiri kampanye akbar Partai Golkar di Lapangan Panahan, Pakansari, Kabupaten Bogor, Rabu 7 Februari 2024. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto buka suara atas sorotan masyarakat terhadap salah satu Calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Golkar, Chong Sung Kim.

Yang membuat publik ramai adalah, Kim merupakan pria asal Korea Selatan. Meski berasal dari Korsel, Kim sudah memegang paspor Indonesia sejak 10 tahun lalu atau tepatnya dari Tahun 2013.

Airlangga Hartarto mengatakan, jika Golkar merupakan partai yang terbuka. Dengan ini, siapapun sosok yang berprestasi bisa bergabung ke partainya.

"Itu membuktikan bahwa Golkar adalah partai yang terbuka, siapapun yang berprestasi, siapapun yang sudah berada di partai Golkar punya kesempatan yang sama untuk menjadi calon," kata Airlangga kepada awak media di TPS 05 yang terletak di SMKN 6, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).

Airlangga mengatakan, sorotan terhadap Caleg DPR RI keturunan Korea Selatan asal Golkar tidak hanya berasal dari Indonesia. Melainkan juga dari dunia internasional.

"Lalu itu menjadi pembahasan mulai dari New York Times, sampai Reuters, terus Bloomberg dan yang lain," ujarnya.

Airlangga menekankan, sorotan dunia internasional ini juga menandakan bahwa Indonesia merupakan negara yang terbuka terhadap imigran. Adapun, kiblat negara yang terbuka selama ini masih mengacu pada Amerika Serikat.

"Ini membuktikan bahwa indonesia adalah negara terbuka, biasanya orang melihat bahwa negara terbuka itu Amerika Serikat. Di mana, banyak imigran dan mereka surprise (terkejut) ini imigran ke Indonesia pun mempunyai kesempatan yang sama dan  diberi kesempatan oleh partai Golkar," tandas Airlangga Hartarto.

 

Reporter: Suleman

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Chong Sung Kim Ramai Dibicarakan

Hendak Pesta Sabu di Hotel, Bakal Caleg DPRD Gorontalo Ditangkap
ilustrasi sabu-sabu, ilustrasi: Dwiangga Perwira

Sebelumnya, Nama Chong Sung Kim mulai ramai dibicarakan masyarakat karena mencalonkan diri menjadi Calon Legislatif (Caleg) untuk daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri.

Dikutip laman Partai Golkar, politisi sekaligus advokat yang biasa disapa Bang Kim ini, dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta kala itu, Rusdianto, pada Rabu (23/10/2013), pukul 09.30 WIB, di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta.

Dia mendapat nomor urut 7 dari partai berlambang Pohon Beringin sejak tinggal di Indonesia, tepatnya Jakarta Timur.

Selama di Indonesia, Kim aktif bekerja sebagai seorang advokat dan mendirikan Indaoyang and Partners Law Firm. Selain itu, dia terpilih menjadi Ketua Umum Gerakan Advokasi dan Hukum Kosgoro 1957 dalam Musyawarah Besar organisasi tersebut, pada April 2022.

Dikutip dari Instagram mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, diketahui bahwa Bang Kim sudah tinggal di Indonesia selama 31 tahun. Kemudian dia pindah menjadi WNI sejak 10 tahun yang lalu. 


Menko Airlangga Nyoblos di TPS SMKN 6 Melawai Bareng Sang Anak: Ini Pertama Kali Mencoblos

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyalurkan hak pilihnya  di TPS 05 yang terletak di SMKN 6, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyalurkan hak pilihnya di TPS 05 yang terletak di SMKN 6, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyalurkan hak pilihnya  di TPS 05 yang terletak di SMKN 6, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).

Dari pantauan Merdeka.com, Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut tiba di TPS 05 untuk melakukan pencoblosan pada sekitar pukul 10.00 WIB. 

Saat ditanya awak media terkait hujan yang mengguyur wilayah Jakarta di hari pencoblosan. Airlangga mengaku, hujan sebagai pertanda yang baik agar lebih nyenyak untuk tidur.

"(Hujan) ya pertanda enak buat tidur, oke deh," ujar Airlangga.

Sesaat, kemudian Airlangga memperkenalkan sosok putrinya yang baru pertama kali ikut mencoblos pada pemilu serentak.

"Saya datang dengan putri saya juga, kebetulan ini pertama kali (mencoblos)," ungkapnya sambil bergegas memasuki area TPS 05.

Infografis Puan Jajaki Koalisi Pilpres 2024 dengan Cak Imin & Airlangga?
Infografis Puan Jajaki Koalisi Pilpres 2024 dengan Cak Imin & Airlangga? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya