Hadiah Juara Premier League 2023/2024, Manchester City dan Arsenal Diambang Juara

Manchester City dan Arsenal menjadi klub yang masih bersaing untuk mendapatkan gelar juara Premier League 2023/2024

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 15 Mei 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2024, 08:30 WIB
Erling Haaland
Manchester City meraih kemenangan 2-0 atas Tottenham Hotspur pada laga tunda pekan ke-34 Premier League di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (15/5/2024) dini hari WIB. Sepasang gol Man City disarangkan Erling Haaland. (AP Photo/Kin Cheung)

Liputan6.com, Jakarta Persaingan perebutan juara Premier League 2023/2024 masih berlangsung ketat hingga akhir laga. Dua klub, Manchester City dan Arsenal menjadi klub yang masih bersaing untuk mendapatkan gelar itu.

Terbaru, Manchester City berhasil kalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam laga tunda pekan 34 di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu dini hari WIB (15/4/2024). Dua gol tim tamu diborong Erling Haaland.

Kemenangan penting ini membuat Manchester City kembali berhasil merebut peringkat pertama klasemen Liga Inggris dengan torehan 88 poin dari 37 laga. Mereka unggul dua poin dari Arsenal yang kembali menempati posisi kedua.

Posisi kedua tim di klasemen menjadikan perebutan titel juara masih harus ditentukan di pertandingan terakhir. The Citizens akan melakoni laga kandang lawan West Ham United, Minggu depan 19 Mei 2024. Sedangkan, Arsenal akan melawan Everton di waktu yang sama.

Hadiah Juara Premier League

Bergengsinya Liga Inggris menjadikan hadiah juaranya juga cukup mentereng. Lantas, berapa nominalnya? 

  • Pada musim 2022/2023 dimana Man City menjadi juara, saat itu menerima hadiah 170 juta paun atau setara dengan Rp 3,4 triliun. 
  • Sementara Arsenal tahun lalu bertengger di peringkat kedua mendapatkan 167 juta paun atau setara dengan Rp 3,3 triliun.

Hebatnya di Liga Inggris, semua klub yang berkompetisi di kasta tertinggi ini mendapatkan hadiah. Hanya saja, jumlahnya masing-masing berbeda berdasarkan peringkat di klasemen.

Adapun uang yang dibagikan merupakan hadiah dari Premier League yang salah satu sumbernya dari pemasukan hak siar pada setiap musimnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil Liga Inggris: Manchester City ke Puncak Usai Bungkam Tottenham Hotspur, Perburuan Gelar Juara Makin Sengit

Tottenham Hotspur Vs Man City di Liga Inggris
Sementara itu, Spurs terpaku di peringkat lima dengan poin 63 dan dipastikan gagal lolos ke Liga Champions. (Ben Stansall / AFP)

Perburuan gelar juara Liga Inggris 2023/2024 makin panas dan sengit setelah Manchester City berhasil kalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam laga tunda pekan 34 di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu dini hari WIB (15/4/2024). Dua gol tim tamu diborong Erling Haaland.

Kemenangan penting ini membuat Manchester City kembali berhasil merebut peringkat pertama klasemen Liga Inggris dengan torehan 88 poin dari 37 laga. Mereka unggul dua poin dari Arsenal yang kembali menempati posisi kedua.  

Posisi kedua tim di klasemen menjadikan perebutan titel juara masih harus ditentukan di pertandingan terakhir. The Citizens akan melakoni laga kandang lawan West Ham United, Minggu depan 19 Mei 2024. Sedangkan, Arsenal akan melawan Everton di waktu yang sama.

Sejak awal pertandingan Manchester City dan Spurs bermain sangat hati-hati. Kedua tim lebih banyak memainkan bola di daerah pertahanannya masing-masing sambil menunggu celah untuk menyerang.

Peluang pertama tuan rumah diperoleh Rodrigo Bentancur, namun bola meleset dari sasaran. Gantian City yang mendapat kesempatan cetak gol lewat tembakan keras Phil Foden, namun bola masih bisa diselamatkan Guglielmo Vicario.

Tottenham mulai lebih sering mendominasi penguasaan bola. Sebaliknya, Man City juga bermain sangat disiplin mempertahankan area pertahanannya. Tak ada gol tercipta sepanjang babak pertama.


Erling Haaland Jadi Penentu Kemenangan City

Tottenham Hotspur Vs Man City di Liga Inggris
Anak asuh Pep Guardiola sukses memastikan kemenangan di babak kedua lewat dua gol yang diborong Erling Haaland. (Adam Davy/PA via AP)

Butuh kemenangan di pertandingan ini, City bermain lebih agresif di babak kedua. Usaha keras mereka akhirnya terbayar pada menit ke-51 setelah umpan Kevin De Bruyne berhasil disontek Haaland.

Perjuangan City harus ditebus dengan cederanya Ederson. Kiper ini harus ditarik keluar usai mengalami tabrakan cukup fatal dengan Cristian Romero.

Spurs mencoba menyamakan skor di sisa waktu pertandingan. Namun, alih-alih mencetak gol, tuan rumah justru dihukum penalti usai Pedro Porro melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Haaland yang maju menjadi algojo pun tak kesulitan membobol gawang Vicario dari titik putih. Skor 2-0 untuk kemenangan City menjadi hasil akhir laga ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya