Jokowi Bakal Terima Gelar 'Bapak Infrastruktur Indonesia'

Sekretaris Jenderal BPP GAPENSI bertemu dengan Menteri PUPR dan menyampaikan rencana pemberian gelar "Bapak Infrastruktur Indonesia" kepada Presiden Jokowi.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 02 Jun 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 18:30 WIB
Jokowi Tinjau Proyek Sodetan Kali Ciliwung
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pembangunan sodetan dari Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, Selasa (24/11/2023). Adapun peninjauan itu dilakukan di Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur. (FOTO: Agus Suparto/Biro Pers Istana Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (BPP GAPENSI), Andi Rukman Nurdin (ARN), melanjutkan Roadshow Keliling Indonesia dan secara tak terduga bertemu dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pertemuan ini berfokus pada kondisi terkini sektor jasa konstruksi dan mengundang Menteri Basuki untuk hadir pada Musyawarah Nasional (Munas) XV BPP GAPENSI yang akan berlangsung pada 5-7 Juni di Hotel Bidakara.

Andi Rukman Nurdin juga menyampaikan kepada Menteri PUPR rencana pemberian gelar "Bapak Infrastruktur Indonesia" kepada Presiden Jokowi. Pemberian gelar ini akan dilakukan pada Munas XV BPP GAPENSI.

"Kami berharap target-target infrastruktur di masa Pak Presiden Jokowi dapat tercapai dengan tuntas sebelum dilanjutkan oleh kabinet yang baru nantinya, atas prestasi pencapaian pemerintah Era Pak jokowi Gapensi akan memberikan penghargaan sebagai 'Bapak Infrastruktur Indonesia'," kata ARN, Minggu (2/6/2024).

Update Sektor Konstruksi

Saat pertemuan dengan Menteri PUPR, ARN menyampaikan perkembangan sektor konstruksi serta perjuangan yang dilakukan GAPENSI untuk pemberdayaan UMKM.

Meskipun hasilnya belum maksimal, ARN menegaskan komitmen untuk terus memperjuangkan kepentingan anggota GAPENSI. Menteri Basuki memberikan apresiasi atas usaha tersebut dan menyatakan niatnya untuk hadir pada Munas GAPENSI.

Dalam kesempatan itu, ARN mengungkapkan niatnya untuk maju sebagai calon Ketua Umum BPP GAPENSI periode 2024-2029.

Menteri Basuki merespons positif dan berharap Munas GAPENSI berjalan damai, menjaga keguyuban dan kebersamaan dalam membesarkan GAPENSI sebagai mitra pemerintah.

"Saya berharap pada Pak Basuki di sisa masa jabatannya memberikan afirmatif lebih terhadap pelaku usaha jasa konstruksi, khususnya UMKM di seluruh Indonesia," ujar ARN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya Dukungan UMKM

Hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Nusantara Tahap 1 telah mencapai 62,65%. (Dok Kementerian PUPR)
Hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Nusantara Tahap 1 telah mencapai 62,65%. (Dok Kementerian PUPR)

Dia menekankan pentingnya dukungan bagi UMKM dalam menghadapi tantangan sektor konstruksi yang semakin kompleks.

Sebagai calon Ketua Umum, ARN menegaskan bahwa GAPENSI siap bekerja sama dengan pemerintah, khususnya dalam program infrastruktur yang akan dilaksanakan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto. Kerjasama ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target-target infrastruktur nasional.

ARN juga memberikan apresiasi tinggi kepada Menteri Basuki atas kontribusinya dalam pembangunan infrastruktur selama dua periode jabatannya.

Meskipun ada tantangan dalam pemberdayaan UMKM, ARN mengakui bahwa banyak pencapaian infrastruktur yang signifikan telah diraih. ARN berharap target infrastruktur di era Presiden Jokowi dapat tercapai dengan tuntas sebelum dilanjutkan oleh kabinet baru.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya