Bos The Fed: Suku Bunga Tinggi Terlalu Lama Bahaya bagi Ekonomi AS

Ketua Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral Amerika Serikat (AS) Jerome Powell menuturkan, peningkatan inflasi bukan satu-satunya risiko yang dihadapi.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 10 Jul 2024, 11:45 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 11:45 WIB
Bos The Fed: Suku Bunga Tinggi Terlalu Lama Bahaya bagi Ekonomi AS
Ketua Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral Amerika Serikat (AS) Jerome Powell menyatakan kekhawatirannya mempertahankan suku bunga terlalu tinggi (Brandon Mowinkel/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral Amerika Serikat (AS) Jerome Powell menyatakan kekhawatirannya mempertahankan suku bunga terlalu tinggi dalam jangka waktu lama dapat membahayakan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat.

Mengutip CNBC International, Rabu (10/7/2024) Powell mengatakan ekonomi AS tetap kuat seperti halnya pasar tenaga kerja, meskipun terjadi penurunan baru-baru ini. 

Bos bank sentral AS itu mengutip beberapa pelonggaran inflasi, yang menurut dia para pengambil kebijakan tetap tegas dalam menurunkan target mereka sebesar 2%.

"Pada saat yang sama, mengingat kemajuan yang dicapai dalam menurunkan inflasi dan mendinginkan pasar tenaga kerja selama dua tahun terakhir, peningkatan inflasi bukanlah satu-satunya risiko yang kita hadapi,” katanya dalam pidato di Capitol Hill.

"Mengurangi pembatasan kebijakan yang terlambat atau terlalu sedikit dapat melemahkan aktivitas ekonomi dan lapangan kerja,” ia menambahkan.

Komentar tersebut bertepatan dengan peringatan satu tahun terakhir kali Komite Pasar Terbuka Federal menaikkan suku bunga acuan.Suku bunga pinjaman The Fed saat ini berada pada kisaran 5,25%-5,50%, level tertinggi dalam 23 tahun terakhir.

Pasar memperkirakan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada September mendatang, dan kemungkinan akan menindaklanjuti penurunan suku bunga sebesar seperempat poin persentase pada akhir tahun.  Namun, anggota FOMC pada pertemuan Juni mengindikasikan hanya satu pemangkasan.

Inflasi AS Tunjukkan Kemajuan

Dalam beberapa hari terakhir, Powell dan rekan-rekannya telah mengindikasikan data inflasi cukup menggembirakan setelah terjadi lonjakan yang mengejutkan pada awal tahun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkuat Keyakinan

Hiruk Pikuk Perjalanan Warga AS Sambut Libur Natal dan Tahun Baru
Seorang wanita bergegas ke terminal setelah diturunkan di Bandara Internasional Los Angeles, Los Angeles, Amerika Serikat, 19 Desember 2022. Liburan Natal dan Tahun Baru bagi sebagian warga Amerika Serikat dan Eropa tahun ini menghadirkan kekhawatiran karena tekanan ekonomi. (AP Photo/Jae C. Hong)

Inflasi AS sebagaimana dinilai oleh indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi pilihan The Fed berada di angka 2,6% pada Mei 2024, setelah mencapai puncaknya di atas 7% pada Juni 2022.

“Setelah tidak ada kemajuan dalam mencapai sasaran inflasi 2 persen pada awal tahun ini, data bulanan terbaru menunjukkan sedikit kemajuan lebih lanjut,” kata Powell.

"Data yang lebih baik akan memperkuat keyakinan kami bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju angka 2 persen,” terangnya.


Inflasi AS Buat Kemajuan, Bos The Fed Masih Sabar Turunkan Suku Bunga

Wall Street
Pedagang bekerja di New York Stock Exchange saat Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara setelah mengumumkan kenaikan suku bunga di New York, Amerika Serikat, 2 November 2022. (AP Photo/Seth Wenig)

Sebelumnya, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengungkapkan pihaknya telah membuat kemajuan dalam menekan inflasi Amerika Serikat (AS).

Namun, Powell juga mengatakan dia ingin bersabar sebelum cukup percaya diri untuk mulai menurunkan suku bunga.

"Kami telah mencapai sedikit kemajuan dan mengembalikan inflasi ke target kami," kata Powell di forum bank sentral di Sintra, Portugal, dikutip dari CNBC International, Rabu (3/7/2024).

"Angka (inflasi) terakhir dan sebelumnya pada tingkat yang lebih rendah, menunjukkan bahwa kita kembali ke jalur disinflasi. Kami ingin lebih yakin bahwa inflasi bergerak turun secara berkelanjutan menuju 2% sebelum kami memulai proses pengurangan atau pelonggaran kebijakan," ia menambahkan.

Powell berbicara di sebuah forum yang juga dihadiri oleh Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde dan Gubernur bank sentral Brasil Roberto Campos Neto. 

Komentar Powell  muncul ketika pasar mencermati pergerakan The Fed dan bank sentral global seiring dengan indikasi inflasi yang menunjukkan tanda-tanda pelonggaran dan beberapa bank sentral, termasuk ECB, perlahan-lahan mulai menurunkan suku bunganya.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi yang dirilis Departemen Perdagangan, yang menjadi fokus The Fed sebagai pengukur inflasi utama, naik sebesar 2,6% dalam laju 12 bulan pada Mei 2024.

Tingkat tersebut terus menurun setelah berada di kisaran 4% pada tahun lalu, meskipun para pengambil kebijakan memperkirakan angka tersebut tidak akan mencapai target 2% The Fed hingga 2026.

Meskipun Powell melihat adanya kemajuan dalam inflasi AS, ia khawatir jika terjadi pergerakan yang terlalu cepat dapat mengancam jalur penurunan harga.

"Kami sangat menyadari bahwa jika kami melakukannya (pangkas suku bunga) terlalu cepat, kami dapat membatalkan pekerjaan baik yang telah kami lakukan. Jika kita terlambat melakukannya, kita dapat menghambat pemulihan dan ekspansi," jelas dia.

 

 


The Fed Enggan Tentukan Tanggal Pangkas Suku Bunga

Gubernur BI Perry Warjiyo berdiskusi dengan Ketua Dewan Pengurus Bank Sentral AS (Chairman of the Federal Reserve), Jerome Powell, di sela-sela pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia, di Bali (13/10/2018). (Ilyas/Liputan6.com)
Gubernur BI Perry Warjiyo berdiskusi dengan Ketua Dewan Pengurus Bank Sentral AS (Chairman of the Federal Reserve), Jerome Powell, di sela-sela pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia, di Bali (13/10/2018). (Ilyas/Liputan6.com)

Risiko bergerak terlalu lambat dibandingkan terlalu cepat telah menjadi lebih seimbang tahun ini, karena inflasi telah surut dan perekonomian serta pasar tenaga kerja AS tetap kuat, tambah Powell. 

Awal tahun ini, pasar memperkirakan setidaknya enam kali penurunan suku bunga The Fed masing-masing sebesar seperempat poin persentase. Penetapan harga pasar telah disesuaikan untuk mengantisipasi dua penurunan, satu pada bulan September dan satu lagi sebelum akhir tahun.

Namun, anggota Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan tingkat suku bunga pada pertemuan bulan Juni hanya memperkirakan satu hal.

Ketika ditanya apakah menurutnya The Fed akan melakukan pemangkasan suku bunga pada bulan September, Powell menjawab, "Saya tidak akan membahas tanggal tertentu pada hari ini."

Dia juga ditanya apakah dia prihatin dengan iklim politik dan khususnya apakah Donald Trump akan memenangkan pemilihan presiden AS 2024.

"Saya sama sekali tidak fokus pada hal itu, dan itu bukan sekedar pokok pembicaraan. Saya benar-benar berpikir kami terus melakukan pekerjaan kami," tegasnya.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya