6 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di ASEAN

Berikut adalah daftar gedung pencakar langit tertinggi di ASEAN dikutip dari data The Skyscraper Center.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 24 Jul 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 07:00 WIB
Merdeka 118 merupakan gedung tertinggi di ASEAN dan kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.
Merdeka 118 merupakan gedung tertinggi di ASEAN dan kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai. (dok: Ist)

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Asia Tenggara atau ASEAN terus menunjukkan perkembangan pesat dalam bidang infrastruktur, terutama dalam pembangunan gedung pencakar langit.

Gedung-gedung tinggi ini tidak hanya menjadi simbol kemajuan teknologi dan ekonomi, tetapi juga menambah daya tarik wisata dan memperkaya arsitektur kota-kota besar di kawasan tersebut.

Berikut adalah daftar gedung pencakar langit tertinggi di ASEAN dikutip dari data The Skyscraper Center, Rabu (24/7/2024):

1. Merdeka 118, Kuala Lumpur, Malaysia

Merdeka 118 merupakan gedung tertinggi di ASEAN dan kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai. Menara ini memiliki ketinggian 678,9 meter dengan 118 lantai. Gedung ini dirancang untuk berbagai fungsi termasuk perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan.

2. Landmark 81, Ho Chi Minh City, Vietnam

Landmark 81 dengan tinggi 461,2 meter dan 81 lantai adalah gedung tertinggi di Vietnam dan kedua tertinggi di ASEAN. Menara ini mencakup apartemen mewah, hotel, pusat perbelanjaan, dan area observasi yang menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan.

3. Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur, Malaysia

Petronas Twin Towers, yang sebelumnya memegang gelar gedung tertinggi di dunia, memiliki tinggi 451,9 meter dengan 88 lantai. Kedua menara ini terkenal dengan jembatan udara (skybridge) yang menghubungkan keduanya di lantai 41 dan 42, serta menjadi ikon kota Kuala Lumpur, Malaysia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gedung Selanjutnya

Menara Kuala Lumpur
Gambar pada 14 Februari 2019 menunjukkan Menara Kembar Petronas dan cakrawala kota yang terlihat dari dek observasi Menara Kuala Lumpur di ibu kota Malaysia. Dari sini pengunjung bisa mengamati segala penjuru kota Kuala Lumpur. (Mohd RASFAN / AFP)

4. The Exchange 106, Kuala Lumpur, Malaysia

The Exchange 106 adalah gedung setinggi 445,1 meter dengan 106 lantai. Gedung ini terletak di kawasan Tun Razak Exchange (TRX) dan digunakan sebagai kantor serta pusat keuangan yang modern.

5. Baiyoke Tower II, Bangkok, Thailand

Baiyoke Tower II di Bangkok memiliki ketinggian 304 meter dengan 85 lantai. Gedung ini digunakan sebagai hotel dan memiliki dek observasi di lantai atas yang menawarkan pemandangan 360 derajat kota Bangkok.

6. Keangnam Hanoi Landmark Tower, Hanoi, Vietnam

Keangnam Hanoi Landmark Tower terdiri dari tiga menara, dengan menara tertinggi mencapai 336 meter dan 72 lantai. Gedung ini mencakup hotel, apartemen, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya