Indonesia Jalani Kesepakatan Dagang Baru dengan Negara Teluk Arab, Sektor Apa Saja?

Indonesia dan negara-negara teluk Arab memiliki hubungan bersejarah yang panjang, namun hubungan perdagangannya sedikit.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 31 Jul 2024, 20:40 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2024, 20:40 WIB
Indonesia dan Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC)  meluncurkan Perundingan Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia–GCC (Indonesia–GCC Free Trade Agreement/I–GCC FTA) pada Rabu, 31 Juli 2024.
Indonesia dan Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) meluncurkan Perundingan Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia–GCC (Indonesia–GCC Free Trade Agreement/I–GCC FTA) pada Rabu, 31 Juli 2024. 

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dan Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) meluncurkan Perundingan Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia–GCC (Indonesia–GCC Free Trade Agreement/I–GCC FTA) pada Rabu, 31 Juli 2024.

Peluncuran kemitraan dagang itu dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, dan Sekretaris Jenderal GCC, Jasem Mohamed Albudaiwi.

Mendag Zulhas menyampaikan, Indonesia dan negara-negara teluk Arab memiliki hubungan bersejarah yang panjang, namun hubungan perdagangannya sedikit.

Maka dari itu, kerja sama perdagangan kedua negara perlu ditingkatkan.

“(Negara) ASEAN punya 600 juta penduduk, GCC juga besar sekali, ukuran ekonomi yang besar dan kuat. Saya mengajak untuk kita bersama-sama meningkatkan kerja sama perdagangan,” ujar Mendag dalam pidato di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderdal GCC Jasem Mohamed Albudaiwi mengatakan bahwa kesepakatan kemitraan terbaru menandai hari yang bersejarah bagi Indonesia dan negara-negara Teluk Arab.

“Kami yakin dengan kesepakatan ini dapat membawa dampak baik bagi kedua negara, khususnya di bidang ekonomi,” tuturnya.

“Ada beberapa yang disampaikan diantaranya adalah perdagangan barang, jasa, kepabeanan, ekonomi Islam,” ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sekilas Tentang GCC

 

Sebagai informasi, Gulf Cooperation Council (GCC) merupakan aliansi kerjasama ekonomi dan politik yang beranggotakan enam negara, yakni Arab Saudi,Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Oman, dan Qatar.

Pada periode Januari-Mei 2024, total perdagangan antara Indonesia dan GCC mencapai USD 6,2miliar.

Dari jumlah tersebut, ekspor Indonesia ke GCC tercatat sebesar USD 2,7 miliar, sementara impor Indonesia dari GCC mencapai USD 3,5 miliar.

Pada 2023, total perdagangan Indonesia—GCC mencapai USD 15,7 miliar.

Adapun ekspor Indonesia yang tercatat sebesar USD 6,1 miliar.

Kementerian Perdagangan mencatat, komoditas ekspor utama Indonesia di antaranya mobil dan kendaraan bermotor, minyak kelapa sawit, perhiasan, kapal suar, kertas,dan kertas karton tidak dilapisi.

Sedangkan, impor Indonesia tercatat sebesar USD 9,6 miliar. Komoditas impor utama nonmigas diantaranya produk setengah jadi dari besi atau baja bukan paduan, alkohol asiklik, belerang, polimer.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya