Harga Tiket Pesawat ke IKN Tembus Rp 2,9 Juta Sekali Terbang

Harga tiket pesawat ke Balikpapan yang menjadi rute utama ke IKN melonjak jelang upcara HUT RI ke-79

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 06 Agu 2024, 12:31 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 12:31 WIB
Mau Kebagian Tiket Pesawat Promo? Pakai 4 Siasat Jitu Ini
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan bersiap untuk menyelenggarakan upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-79, 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Bahkan, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

"Betul (pengibaran bendera hanya ada di IKN)," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama kepada wartawan dilansir Selasa (6/8).

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

Setya menyampaikan Paskibraka HUT ke-79 RI akan dikukuhkan Jokowi di IKN, sebelum prosesi pengibaran bendera merah putih. Dia menuturkan Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-78 RI akan bertugas melakukan kiran duplikat bendera pusaka dari Monas menuju IKN.

"Pengukuhan di IKN. Tidak ada opsi menugaskan purna Paskibraka 2023. Purna Paskibraka 2023, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, akan bertugas pada kirab Duplikat Bendera Pusaka," jelas Setya.

Harga Tiket Pesawat Mahal

Lantas berapa harga tiket pesawat menuju Balikpapan, Kalimantan Timur menjelang HUT RI di IKN?

Melansir aplikasi Traveloka, Selasa (6/8/2024), harga tiket pesawat kelas ekonomi termurah dari keberangkatan Jakarta menuju Balikpapan Kalimantan Timur dijual Rp1,39 juta untuk keberangkatan hari ini. Sedangkan, tiket pesawat kelas ekonomi tertinggi mencapai Rp2,92 juta.

Sebagai catatan, harga tiket pesawat tersebut dapat berbeda di masing-masing aplikasi pemesanan. Harga tersebut juga dapat berubah-ubah di setiap harinya.

 

 

 

 

Reporter: SulaemanSumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Rental Mobil Sekitar IKN Melonjak, Hi-Ace dari Rp 3,5 Juta Jadi Rp 15 Juta

Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Progres IKN, Mendagri Mengaku Tidak Sabar Ingin Pindah ke IKN
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah menyiapkan 1.000 mobil untuk digunakan oleh tamu negara dan very very important person (VVIP) dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Indonesia pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara (IKN).

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Damun Kiswanto.

"Kami dan Kemensetneg telah menandatangani nota kesepahaman untuk pengadaan 1.000 unit mobil dalam rangka perayaan kemerdekaan," ujar Damun Kiswanto seperti dikutip dari Antara, Selasa (6/8/2024).

Namun, untuk memenuhi permintaan Kemensetneg, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena terbatasnya unit mobil rental di wilayah tersebut.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, DPD Asperda Kaltim telah melakukan koordinasi dengan DPP Asperda Indonesia yang setuju untuk memberikan dukungan dengan mengirimkan sejumlah unit mobil ke Kalimantan Timur.

"Unit mobil tersebut didatangkan dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan akan dikirimkan ke Kaltim," jelasnya.

Namun, mendatangkan unit mobil dari luar daerah Kalimantan Timur juga mengakibatkan biaya pengiriman yang mencapai Rp 13 juta per unit mobil. Oleh karena itu, kenaikan harga sewa mobil tidak dapat dihindari.

Dengan keterbatasan unit mobil rental di Kaltim dan meningkatnya permintaan menjelang Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Nusantara, harga sewa mobil di Kalimantan Timur melonjak hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya.

 


Daftar Harga Sewa Mobil di IKN

Tepat dua pekan dari hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya akan melaksanakan upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang.
Tepat dua pekan dari hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya akan melaksanakan upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang. RI 1 juga sempat menjajal untuk berkantor di IKN selama 3 hari, dengan bermalam di Kantor Presiden yang dinamai Istana Garuda. (Dok. Kementerian PUPR)

Permintaan mobil rental semakin meningkat dan menyebabkan kenaikan harga sewa mobil, terutama sejak memasuki bulan Agustus 2024.

Harga sewa mobil normal untuk Fortuner sekitar Rp 2,5 juta per hari, namun saat ini menjadi Rp 5 juta per hari. Sementara itu, harga sewa Hi-Ace naik dari Rp 3,5 juta per hari menjadi Rp 15 juta per hari.

"Bahkan untuk Alphard yang biasanya dihargai Rp 7 juta per hari, telah mengalami kenaikan signifikan menjadi Rp 25 juta per hari," tambah Damun Kiswanto.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya