Jumlah Nasabah Bank Jago Terus Meningkat, Ini Rahasianya

Pengguna Bank Jago hingga Juni telah mencapai sekitar 12 juta pengguna jika digabungkan dengan jumlah nasabah dari ekosistem.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 14 Agu 2024, 18:15 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 18:15 WIB
Bank Jago dikembangkan sebagai bank berbasis teknologi untuk nasabah segmen pasar Ritel, Usaha Kecil dan Menengah,  serta Mass Market. (Dok Bank Jago)
Bank Jago dikembangkan sebagai bank berbasis teknologi untuk nasabah segmen pasar Ritel, Usaha Kecil dan Menengah, serta Mass Market. (Dok Bank Jago)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Jago Tbk (ARTO) mengungkapkan jumlah nasabah aktif Bank Jago masih sehat yang didorong oleh kerja sama dengan mitra strategis. 

Head of Sustainability & Digital Lending Bank Jago, Andy Djiwandono menjelaskan, dibandingkan dengan bank digital lain, Bank Jago jadi salah satu bank dengan mitra terbanyak. 

“Jadi produk kita ini bahkan untuk orang yang tidak setiap hari buka aplikasi Jago, bisa jadi mereka menggunakan Jago tiap hari tanpa dia sadari gitu ya. Mungkin dia pake Gojek, mungkin dia pakai Gopay, mungkin dia pake Stockbit dan Bibit,” kata Andy kepada wartawan, di kantor Bank Jago, Rabu (14/8/2024). 

Andy menuturkan hal tersebut yang mendorong jumlah nasabah aktif Bank Jago masih bertahan banyak hingga saat ini. Meskipun begitu, menurutnya definisi nasabah aktif bagi setiap bank berbeda. 

Bagi Bank Jago sendiri, nasabah aktif bisa dinilai dari kegiatan di ekosistem yang terlibat dengan Bank Jago tanpa harus membuka aplikasi Bank Jago. Andy mencontohkan ketika ada pengguna yang menggunakan produk Gopay Tabungan, secara tidak langsung pengguna tersebut, menggunakan Bank Jago.

“Jadi aktif users itu akan kalo definisinya tuh bisa akan berbeda. Jadi kalo misalkan kayak yang kita bilang kita di ekosistem ada gitu. Bank Jago masih dipakai juga tanpa harus buka aplikasi jagonya. Jadi kita nggak bisa ngitung kayak exact percentage-nya berapa. Jadi kita aktif usernya jadi sehat karena itu juga sih,” jelas Andy. 

Adapun Andy menuturkan pengguna Bank Jago hingga Juni telah mencapai sekitar 12 juta pengguna jika digabungkan dengan jumlah nasabah dari ekosistem. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tumbuh 47% , Total DPK Bank Jago Tembus Rp14,8 Triliun

(Ilustrasi PT Bank Jago Tbk (ARTO) Dok: Bank Jago
(Ilustrasi PT Bank Jago Tbk (ARTO) Dok: Bank Jago

Sebelumnya, PT Bank Jago Tbk kembali mencatatkan pertumbuhan bisnis pada semester I-2024. Sampai dengan akhir semester I-2024, DPK dan kredit Bank Jago terus bertumbuh dengan model bisnis yang mengedepankan inovasi dan kolaborasi dengan ekosistem digital.

Total DPK Bank Jago mencapai Rp14,8 triliun atau tumbuh 47% dibandingkan dengan perolehan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp10,1 triliun. Dari total DPK tersebut, lebih dari 61% atau sebesar Rp9,1 triliun merupakan current account and savings account (CASA), sedangkan sisanya 39% atau Rp5,7 triliun merupakan simpanan nasabah dalam bentuk deposito.

Model bisnis yang mengedepankan inovasi dan kolaborasi dengan ekosistem digital menjadi kunci keberhasilan Bank Jago dalam meningkatkan kinerja. Sampai dengan Juli 2024 Bank Jago telah memiliki nasabah funding melalui Aplikasi Jago lebih dari 10 juta dan jika dihitung termasuk nasabah lending, total nasabah Bank Jago mencapai 12,5 juta.

“Mitra ekosistem strategis, di antaranya ekosistem GoTo serta platform reksadana online Bibit yang terhubung secara seamless dengan Aplikasi Jago, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis Bank jago. Ini terlihat salah satunya dari jumlah nasabah funding Aplikasi Jago yang sebanyak 66% berasal dari mitra ekosistem,” ungkap Direktur Utama Bank Jago Arief Harris Tandjung dalam siaran pers Jumat (26/7/2024). 

 


Channeling

Genap Berusia Satu Tahun di 2022, Aplikasi Jago Sukses Bantu Nasabah Wujudkan Mimpinya
Credit: Bank Jago

Selain itu, lanjut Arief, skema partnership atau channeling yang semakin erat dengan ekosistem dan platform digital, perusahaan pembiayaan, dan lembaga keuangan lainnya, mendorong penyaluran kredit Bank Jago. Pada paruh pertama 2024, kredit Bank Jago tumbuh secara tahunan sebesar 40% atau mencapai Rp15,7 triliun dari Rp11,2 triliun pada semester I-2004. 

Walaupun ekspansif, Bank Jago tetap menjaga kualitas penyaluran kredit. “Penyaluran kredit dilakukan secara berkualitas dan mengutamakan prinsip kehati-hatian. Ini tercermin dari rendahnya rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) gross yang sebesar 0,4%,” tutur Arief.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya