YEC Dorong Generasi Muda Peduli Iklim Lewat Diskusi Publik

Kegiatan diskusi yang digelar Youth Energy & Environment Council (YEC) bertujuan untuk menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi dalam mencapai target netralitas karbon pada tahun 2050 melalui inovasi dan tindakan nyata di sektor energi.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 28 Agu 2024, 20:20 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 20:20 WIB
Youth Energy & Environment Council (YEC) menyelenggarakan kegiatan public discussion atau diskusi publik pada Rabu, 28 Agustus 2024.
Youth Energy & Environment Council (YEC) menyelenggarakan kegiatan public discussion atau diskusi publik pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyambut Indonesia International Sustainability Forum 2024 (ISF 2024), Youth Energy & Environment Council (YEC) menyelenggarakan kegiatan public discussion atau diskusi publik pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Kegiatan bertema “Transisi Energi dan Udara Bersih: Generasi Muda Kunci Perubahan” itu merupakan salah satu langkah YEC ikut berpartisipasi dalam perjalanan menuju transisi energi dan capaian Net Zero Emission 2060

Diskusi ini digelar sebagai respons terhadap tantangan global yang semakin mendesak, seperti perubahan iklim dan polusi udara.

YEC mengatakan, kegiatan diskusi ini bertujuan untuk menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi dalam mencapai target netralitas karbon pada tahun 2050 melalui inovasi dan tindakan nyata di sektor energi.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya transisi energi dan kualitas udara bersih, membangun jaringan antara generasi muda dengan berbagai pemangku kepentingan, serta menginspirasi tindakan nyata generasi muda dalam mengatasi tantangan energi dan lingkungan.

“Negara-negara lain sudah mulai, dan jika bukan kita yang memulai saat ini, maka siapa lagi? Negara kita terbentuk dan dibangun oleh pemuda. sudah siapkah kita untuk menuju Indonesia Emas di 2045?,” ujar Fadli di Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).

Sesi diskusi berfokus pada pentingnya energi bersih dalam menjaga kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Lebih jauh lagi, sesi diskusi memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan lainnya dalam merancang strategi dan aksi nyata untuk mencapai target energi bersih nasional.

YEC berharap, kegiatan diskusi ini dapat membangkitkan kesadaran generasi muda akan pentingnya transisi energi dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan nyata.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pemerintah untuk merumuskan kebijakan yang lebih responsif dan melibatkan generasi muda dalam upaya mencapai masa depan energi yang berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gelar ISF 2024, Indonesia Bawa 9 Topik Besar Transisi Energi hingga Ekonomi Biru

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin usai menutup Indonesia Sustainability Forum 2023, di Hotel Park Hyatt, Jakarta, Jumat (8/9/2023).
Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin usai menutup Indonesia Sustainability Forum 2023, di Hotel Park Hyatt, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Pemerintah akan kembali menggelar Indonesia Sustainibility Forum atau ISF 2024 yang akan dilaksanakan di JCC Senayan, Jakarta pada 5-6 September 2024. Ini merupakan kedua kali setelah Indonesia jadi tuan rumah ISF 2023 yang diselenggarakan pada 4-5 September 2023.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Rachmat Kaimuddin mengatakan, lantaran permintaan yang sangat besar, Indonesia kembali diminta untuk mengadakan ISF secara annual atau tahunan.

 "Jadi tahun ini kita melanjutkan lagi, supaya naik kelas kita tambahkan ini jadi Indonesia International Sustainibility Forum," ujar Rachmat dalam sesi konferensi pers ISF 2024 di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Rachmat menyampaikan, Indonesia turut mengundang 250 lebih pembicara dan pejabat global tingkat tinggi, termasuk kepala negara dan menteri dari Singapura, Malaysia, China, India, Brazil, hingga negara kota Vatikan.

"Kita mengundang 250 pembicara serta beberapa kepala negara dan tingkat menteri dari berbagai negara. Mungkin pesertanya kita estimate bisa 5.000, dan ada lebih dari 20 topik yang akan kita bicarakan dalam bentuk sustainibility, dekarbonisasi," paparnya.

 


5 Pilar dan 5 Penggerak Utama

Secara umum, Rachmat mengutarakan, ISF 2024 akan membawa 9 topik besar yang terangkum ke dalam 5 pilar dan 4 penggerak utama dari sektor finansial dan non finansial.

Adapun kelima pilar tersebut, mulai dari transisi energi, energi hijau, biodiversitas dan konservasi alam, hidup berkelanjutan, dan ekonomi biru.

Sementara 4 penggerak utama dari sektor finansial dan non finansial, meliputi pembiayaan hijau dan penetapan harga karbon, teknologi, sumber daya manusia, hingga kebijakan dan kolaborasi internasional.

"ISF 2024 akan membahas berbagai aspek pembangunan berkelanjutan dan mengajak seluruh pihak pemerintah, lebih dari 100 pelaku usaha, hingga lebih dari 10 institusi pendidikan nasional dan internasional," tutur Rachmat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya