MMA Global Pilih Kampanye Terbaik di Penghargaan SMARTIES Indonesia 2024

Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 mendapat sambutan luar biasa, dengan menarik lebih dari 800 peserta dari berbagai sektor industri pemasaran dan periklanan.

oleh Agustina Melani diperbarui 12 Okt 2024, 18:53 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 18:53 WIB
MMA Global Pilih Kampanye Terbaik di Penghargaan SMARTIES Indonesia 2024
Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 dari MMA Global Indonesia, yang menjadi ikon keunggulan industri, akan menandai tonggak penting dalam penyelenggaraannya yang ke-10. (Foto:MMA)

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 dari MMA Global Indonesia, yang menjadi ikon keunggulan industri, akan menandai tonggak penting dalam penyelenggaraannya yang ke-10.

Selama satu dekade terakhir, Penghargaan SMARTIES™ Indonesia telah memantapkan dirinya sebagai standar emas industri, yang menarik peserta dari berbagai brand dan perusahaan terkemuka di seluruh Indonesia.

Perjalanan ini mencerminkan pertumbuhan dan partisipasi perusahaan global dan lokal, yang menekankan pengakuan Penghargaan SMARTIES™ sebagai ciri keunggulan dalam industri.

Merayakan 10 tahun kolaborasi yang tak tertandingi, kepercayaan yang besar, kualitas yang luar biasa & pencapaian tinggi, Penghargaan SMARTIES™ telah menjadi wadah inovasi dan upaya pemasaran strategis bertemu, yang menunjukkan evolusi dan masa depan pertumbuhan digital & industri secara keseluruhan. 

Penghargaan SMARTIES™ diselenggarakan di tingkat global, berkantor pusat di New York, AS, yang mencakup empat kawasan dan 17 negara, dengan pengakuan khusus untuk pasar lokal seperti Indonesia.

Kompetisi tahunan ini memberikan penghargaan atas pencapaian luar biasa dalam pemasaran dan periklanan, serta menawarkan kesempatan kepada para peserta untuk meningkatkan peringkat mereka pada tolok ukur industri seperti MMA SMARTIES Business Impact Index, RECMA, dan WARC Media 100 Ranking. 

Penghargaan SMARTIES™ Indonesia tahun ini menampilkan total 7 kategori dan 26 subkategori, termasuk kategori AI Marketing yang baru saja diperkenalkan.

Hal ini menekankan pentingnya peran yang dimainkan AI Marketing dalam membentuk masa depan pemasaran. AI-powered technologies memungkinkan para marketer untuk menggelontorkan kampanye yang lebih personal, efektif, dan efisien yang menargetkan jenis konsumen yang tepat.

Penghargaan SMARTIES™ Indonesia merayakan penggunaan AI Marketing yang inovatif dalam pemasaran, serta mengakui mereka yang mendorong batas-batas dari hal-hal yang mungkin terjadi. 

Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 mendapat sambutan luar biasa, dengan menarik lebih dari 800 peserta dari berbagai sektor industri pemasaran dan periklanan. Setelah melalui proses evaluasi yang ketat yang dilakukan oleh dewan pakar industri terkemuka, sebanyak 165 finalis telah terpilih.

 

165 Entri Terpilih

Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)
Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)

Sebanyak 165 entri terpilih yang menonjol karena penguasaan mereka terhadap prinsip-prinsip pemasaran fundamental seraya menerapkan pendekatan yang tepat sasaran, tepat, akurat, berani, dan inovatif. Kampanye-kampanye ini menantang norma-norma dengan melangkah keluar dari strategi komunikasi konvensional, mempertahankan keaslian yang selaras dengan identitas brand mereka.

Mereka berfokus pada penciptaan dampak brand yang nyata, metrik yang tajam, dan berbagai titik kontak yang terintegrasi dengan mulus untuk meningkatkan efektivitas mereka.

Selain itu, mereka selaras dengan tren budaya dan sosial, sehingga mereka relevan secara kontekstual dan selaras secara lokal dengan pasar Indonesia, yang memperkuat hubungan emosional mereka dengan audiens. 

Terkenal karena proses penjuriannya yang jujur, Penghargaan SMARTIES™ Indonesia mencerminkan dewan juri yang terhormat yang terdiri dari Directors, Business Owners, C-Level Executives, Founders, General Managers, Industry Leaders, Experts dan Luminaries Anggota Juri ini membawa dedikasi yang tak tertandingi, pembelajaran yang mendalam, dan komitmen yang mendalam untuk memastikan hanya kampanye yang paling inovatif dan berdampak yang mendapatpenghargaan.

Dengan pengetahuan yang mendalam dan pengalaman bertahun-tahun di berbagai disiplin ilmu pemasaran, para juri mencerna keunggulan tertinggi. Komitmen mereka untuk menegakkan standar SMARTIES™ adalah bukti betapa bergengsinya penghargaan ini, menjadikannya penghargaan yang didambakan yang ingin dimenangkan oleh setiap organisasi pemasaran dan periklanan di Indonesia. 

Proses Seleksi yang Cermat

Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)
Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)

Sebelum musyawarah Main Jury, Screening Council memastikan ketidakberpihakan dan transparansi proses, sementara pengamat juri memantau jalannya proses untuk mempertahankan standar integritas tertinggi.

Anggota Screening Council, yang terdiri dari berbagai kelompok dari berbagai segmen ekosistem pemasaran—seperti brand, agensi, perusahaan teknologi iklan, industri telekomunikasi, media, penerbit, asosiasi lain, dan lain-lain. Dewan juri yang kuat ini menghadirkan banyak wawasan industri untuk memastikan evaluasi entri yang menyeluruh, dengan mempertimbangkan beragam perspektif dari seluruh industri.

Pada tahap pra-penyaringan ini para juri menilai secara kritis kampanye berdasarkan kreativitas, pelaksanaan, dan dampak bisnis yang terukur, membantu mengidentifikasi karya menonjol yang mendorong batasan pemasaran. 

Proses seleksi yang cermat oleh Main Jury dari kampanye pemenang berlangsung selama dua hari. Musyawarah Kelompok 1 berlangsung pada Senin, 30 September, di Fairmont Hotel, sementara Kelompok 2 belangsung pada Selasa, 1 Oktober, di Kantor ParagonCorp. Yang memimpin jalannya proses ini adalah Presiden Juri yang terhormat: Saranathan Ramaswamy, President Director Procter & Gamble Indonesia, dan Amalia Sarah Santi, Chief Marketing Officer ParagonCorp.  

Jury Observers

Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)
Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)

Jury Observers memegang peranan penting dalam memastikan integritas dan standar tinggi dari proses penjurian Penghargaan SMARTIES™.

Sebagai pihak eksternal yang netral, mereka dipercaya untuk memvalidasi penilaian yang adil, tulus, dan cermat oleh juri, mengawasi pengambilan keputusan untuk memastikannya dilakukan dengan benar dan tanpa bias.

Kehadiran Vincent Martin, Managing Director Marketing dan Moch Ainur Rifki, Data & AI Value Strategy Senior Manager dari Accenture Indonesia, menyoroti faktor kepercayaan, loyalitas, dan keberlanjutan, yang memperkuat kredibilitas penghargaan tersebut.

Pada hari penyelenggaraan Penghargaan SMARTIES™, mereka juga akan berbagi pembelajaran dan wawasan dari proses penjurian, menawarkan perspektif berharga tentang pertumbuhan ekonomi digital, mendorong kolaborasi, dan membahas tren utama yang membentuk industri. 

Kunjungi https://www.mmaglobal.com/smarties/awards/programs/indonesia/jury untuk mengetahui lebih lanjut tentang panel juri yang terhormat.   

Country Head dan Board of Director, MMA Global Indonesia Shanti Tolani mengatakan, “Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 merayakan kekuatan penceritaan dan inovasi dalam ekosistem pemasaran dan periklanan Indonesia.

Dengan menyediakan wadah untuk karya yang luar biasa, MMA Global Indonesia menegaskan kembali komitmen untuk mendorong pertumbuhan digital & kreatif dalam industri yang dinamis ini.

Ia menuturkan, hal ini tidak akan mungkin terjadi tanpa penilaian yang mendalam dan tidak memihak dari Jury Presidents, Jury Observers, & Main Jury yang terhormat.

“Kepemimpinan & keahlian mereka telah membantu kami meningkatkan standar kecemerlangan pemasaran dan periklanan di Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka atas komitmen mereka untuk mengakui dan memberi penghargaan atas karya terbaik di industri kami,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (12/10/2024).

Proses Seleksi yang Ketat

Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)
Dewan juri terkemuka memilih kampanye terbaik Indonesia untuk penghargaan SMARTIES Indonesia 2024. (Foto:MMA)

Proses seleksi yang ketat sangat penting dalam mengidentifikasi karya yang tidak hanya menantang status quo tetapi juga membentuk lanskap budaya kita, menjangkau jutaan orang dengan cara yang bermakna.”  

CEO MMA Global APAC, Global Head of SMARTIES WW dan BOD Asia Pacific Rohit Dadwal mengatakan, sangat menginspirasi melihat Penghargaan SMARTIES™ terus mendapatkan pengakuan dan memamerkan kreativitas luar biasa yang berasal dari Indonesia, terutama saat Penghargaan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Setiap tahun, karya yang dikirimkan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku manusia dan nuansa budaya.

"Komitmen kami terhadap proses penilaian yang adil dan tidak memihak memastikan bahwa kami hanya mengakui karya yang paling luar biasa, yang memperkuat penghargaan ini sebagai standar keunggulan dalam periklanan. Atas nama MMA Global Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Main Jury yang terhormat atas kontribusi mereka yang tak ternilai bagi Penghargaan SMARTIES™,” ujar dia.

Ia menuturkan, evaluasi menyeluruh mereka tidak hanya menjaga integritas penghargaan tetapi juga menyoroti kreativitas yang dinamis dan keragaman budaya Indonesia.

“Bersama-sama, kita merayakan karya inovatif yang terhubung dengan audiens pada tingkat yang bermakna, yang menekankan pentingnya hubungan manusia yang otentik dalam periklanan,” kata dia.

Pemenang Penghargaan SMARTIES™ Edisi ke-10 tahun 2024 akan diumumkan pada Gala Dinner Celebration bergengsi pada 15 November 2024.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya