PLN Group Jawab Tantangan Listrik Rendah Emisi

PLN Indonesia Power (PLN IP) berkomitmen dalam mendukung pengembangan sektor energi terbarukan dan upaya transisi energi di Indonesia. Upaya ini pun telah diakui pemerintah dengan diraihnya beragam Penghargaan Subroto Award 2024.

oleh Septian Deny diperbarui 16 Okt 2024, 22:15 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 22:15 WIB
PLN sukses melakukan pemberian tegangan pertama atau energize Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV yang menghubungkan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Flores dengan Gardu Induk (GI) 70 kV Labuan Bajo.
Tetua adat Manggarai. PLN Indonesia Power (PLN IP) berkomitmen dalam mendukung pengembangan sektor energi terbarukan dan upaya transisi energi di Indonesia. Upaya ini pun telah diakui pemerintah dengan diraihnya beragam Penghargaan Subroto Award 2024.

Liputan6.com, Jakarta PLN Indonesia Power (PLN IP) berkomitmen dalam mendukung pengembangan sektor energi terbarukan dan upaya transisi energi di Indonesia. Upaya ini pun telah diakui pemerintah dengan diraihnya beragam Penghargaan Subroto Award 2024.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan Kementerian ESDM telah mendorong inovasi dan inisiatif-inisiatif yang membuat sektor energi Indonesia semakin maju. Selain itu, sektor yang dikelolanya sangat strategis dan memiliki potensi dan multiplier effect yang sangat besar dalam perekonomian nasional.

"Nilai tambah di sektor ESDM ini sangat penting sekali. Karena nilainya sangat besar sekali. Nilai tambah harus ada di dalam negeri, added value harus ada di dalam negeri," kata Jokowi, saat menghadiri Penghargaan Tertinggi Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dalam kesempatan sama, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengungkapkan, diperlukan dalam inovasi energi baru terbarukan, pengembangan teknologi ramah lingkungan, dan inisiatif energi hijau untuk memajukan energi terbarukan dan akselerasi transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) 2060.

Pencapaian NZE

Bahlil menekankan perlunya sinergitas dalam mempercepat pencapaian NZE, pengembangan energi terbarukan dan efisiensi energi harus menjadi prioritas utama.

"Kolaborasi di sektor energi sangat penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan dinamika geopolitik. Sinergi antara pemerintah dan sektor swasta sangat diperlukan dalam inovasi energi baru terbarukan," tutur Bahlil Lahadalia.

Sebagai Subholding PT PLN (Perseroan), PLN Indonesia Power menjawab beragam tuntutan tersebut, dengan berbagai program inovatif dan penerapan teknologi canggih dalam menekan emisi karbon pada sektor kelistrikan, guna mendukung transisi energi dan mencapai target NZE pada tahun 2060.

"PLN Indonesia Power terus melakukan inovasi untuk mewujudkan komitmen percepatan transisi energi guna membantu pemerintah dalam mencapai target NZE pada 2060," tuturDirektur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra.

 

Target NZE

Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Karang yang berlokasi di daerah Pluit, Jakarta Utara. Dok PLN
Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Karang yang berlokasi di daerah Pluit, Jakarta Utara. PT PLN (Persero) akan segera melantai di Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon), dan mengklaim bakal menjadi trader terbesar dengan membuka setara hampir 1 juta ton CO2.Dok PLN

Atas upaya yang telah dilakukan dalam guna mendukung transisi energi dan mencapai target NZE pada tahun 2060 PLN Indonesia Power pun kembali mencatat prestasi gemilang dengan memenangkan 8 Penghargaan Subroto Award 2024, sebagai Penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diberikan atas kontribusi PLN Indonesia Power.

"Penghargaan ini adalah bukti komitmen kami untuk terus mendukung transisi energi dan inovasi di sektor energi baru terbarukan. PLN Indonesia Power bertekad untuk mengembangkan teknologi pembangkitan yang ramah lingkungan serta memperkuat penerapan energi terbarukan," ujar Edwin.

 

Subroto Award 2024

Petugas PLN saat memperbaiki jaringan listrik Madura di gardu induk Sampang. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Petugas PLN saat memperbaiki jaringan listrik Madura di gardu induk Sampang. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Adapun Penghargaan Subroto Award 2024 yang diraih unit PLN Indonesia Power terdiri dari beberapa kategori, diantaranya :

  • Kategori Keselamatan Keteknikan dan Perlindungan Lingkungan diraih oleh Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit 1-2-3, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling, Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Priok, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ir. PM Noor milik PLN IP
  • Kategori Pelaporan SMK2 bidang Pembangkit diraih Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok

"Penghargaan Subroto 2024 tidak hanya menjadi pengakuan atas kontribusi perusahaan dalam sektor energi, tetapi juga mendorong PLN Indonesia Power untuk terus berinovasi dan memimpin dalam transisi energi menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, berkomitmen untuk menyediakan energi yang bersih, terjangkau, dan berkelanjutan," tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya