AirAsia Indonesia Kembangkan Sayap Penerbangan ke 3 Negara

PT Indonesia AirAsia terus melebarkan sayap usahanya dengan memperbanyak penerbangan internasional.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 21 Okt 2013, 10:26 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2013, 10:26 WIB
airasia-tiket-gratis130331b.jpg
PT Indonesia AirAsia terus melebarkan sayap usahanya dengan memperbanyak penerbangan internasional. Sama seperti Tigerair Mandala, AirAsia menargetkan pasar penerbangan rute Indonesia-Hong Kong.

Selain itu maskapai ini juga berencana melebarkan sayap usaha ke Vietnam dan India. Seperti mengutip Centre for Aviation, Senin (21/10/2013) Indonesia AirAsia juga menyasar rute Surabaya-Hong Kong pada 2014 dan Medan-Hong Kong.

Ekspansi AirAsia tersebut dapat memperlebar selisih bisnis untuk rute internasional di pasar penerbangan Indonesia. Maskapai tersebut juga dapat mengungguli Lion Air yang merupakan pemain dominan di pasar domestik dalam negeri.

Sayangnya, Lion Air dinilai terlalu lambat untuk melakukan ekspansi penerbangan internasional. Sementara sejumlah ekspansi wilayah penerbangan yang dilakukan Mandala diprediksi dapat menggeser Lior Air sebagai grup maskapai penerbangan murah di pasar internasional Indonesia.

Hingga saat ini, Indonesia AirAsia terhitung memiliki lebih dari 17% kapasitas penumpang di pasar penerbangan internasional dalam negeri.

Secara keseluruhan, menurut data Innovata dan CAPA, AirAsia Group memiliki 26% kapasitas penerbangan ke luar negeri dari Indonesia.

Sementara Lion Air dan Tigerair masing-masing memiliki 7% dari kapasitas penerbangan internasional di dalam negeri.

Meski begitu, jumlah masih lebih tinggi dari maskapai Jetstar yang hanya berjumlah 5% dari total kapasitas yang ada. (Sis/Nur)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya