FIFA Perbolehkan Atlet Wanita Memakai Jilbab di Lapangan

Sebelumnya FIFA melarang kaum wanita untuk mengenakan jilbab saat mengikuti pertandingan sepakbola tingkat profesional.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 02 Mar 2014, 07:08 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2014, 07:08 WIB
FIFA Perbolehkan Atlet Wanita Memakai Jilbab di Lapangan
Atlet sepakbola wanita Iran (AFP/Amir Poormand)

Liputan6.com, Zurich: FIFA sebagai induk organisasi sepakbola dunia akhirnya memperbolehkan atlet wanita untuk mengenakan jilbab saat menggelar pertandingan. Keputusan ini diresmikan FIFA saat mengadakan pertemuan dengan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) pada Sabtu (1/3/2014) waktu setempat.

"Diputuskan bahwa pesepakbola putri boleh menutup kepalanya (berjilbab) selagi bermain," kata Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke. "Corak dasar dan warna penutup kepala (jilbab untuk perempuan) harus sama dengan jersey tim," tambahnya.

Selain untuk wanita, FIFA juga memperbolehkan atlet pria mengenakan penutup kepala saat mengikuti pertandingan sepakbola. Hal tersebut disahkan setelah mendapat desakan dari komunitas Sikh di Kanada.

"Diputuskan bahwa pesepakbola putra juga boleh bermain dengan penutup kepala," ucapnya.

Sebelumnya FIFA melarang pengunaan jilbab di pertandingan sepakbola tingkat profesional. FIFA beralasan bahwa penggunaan penutup kepala bisa menimbulkan cedera pada bagian leher atau kepala. Namun IFAB kemudian membolehkan jilbab dan penutup kepala diujikan selama dua tahun masa percobaan atas permintaan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dan masa percobaan ini dinilai berhasil. (Ant/Van)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya