Barcelona Sukses Bantai Elche di Camp Nou

Kemenangan ini mempermudah langkah Blaugrana untuk lolos ke babak selanjutnya.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 09 Jan 2015, 05:53 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2015, 05:53 WIB
Barcelona vs Elche
Barcelona vs Elche (REUTERS/Albert Gea)

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona mampu menang telak 5-0 atas Elche dalam leg pertama babak 16 besar Copa del Rey yang digelar Kamis (8/1/2015) atau Jumat pagi WIB. Kemenangan ini mempermudah langkah Blaugrana untuk lolos ke babak selanjutnya.

Barcelona langsung mengambil kendali permainan sejak wasit memulai pertandingan. Peluang pertama didapat pada menit kelima lewat kerjasama satu-dua antara Neymar dan Luis Suarez. Sayangnya usaha itu tak berhasil karena kokohnya pertahanan tim tamu.

Lionel Messi coba melakukan aksi individu pada menit ke-10. Ia sukses melewati tiga pemain di tengah kotak penalti, sayangnya tendangan Messi masih lemah dan  mudah diantisipasi Przemyslaw Tyton.

Sepuluh menit kemudian, Messi kembali punya peluang. Namun tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti kembali diselamatkan oleh Tyton.

Tujuh menit kemudian gantian Messi yang memberikan umpan terobosan pada Neymar. Namun pemain asal Brasil itu gagal memanfaatkan peluang setelah tendangan dari dalam kotak penalti melenceng jauh dari gawang.

Barcelona akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-34 melalui Neymar. Kerja sama antara pemain Barca di dalam kotak penalti membuat pertahanan Elche menjadi kacau.

Dengan sekali sentuhan Luis Suarez mengirim umpan silang mendatar pada Neymar yang berdiri bebas di sisi kanan pertahanan Elche. Neymar pun dengan mudah menceploskan bola dan membawa Barca unggul 1-0.

Pada menit ke-39, Suarez menggandakan keunggulan Barca. Mantan striker Liverpool itu dengan lihai mengecoh pemain Elche setelah mendapat terobosan dari Jordi Alba.

Ia lalu berlari kencang sebelum melepaskan tendangan mendatar yang tak bisa diantisipasi Tyson. Barca pun unggul dua gol tanpa balas.

Messi sebenarnya mampu mencetak gol pada menit ke-42. Namun wasit menganulir gol tersebut karena posisi Messi sudah dianggap offside.

Semenit sebelum jeda babak pertama, Barca mendapat penalti setelah Neymar dijatuhkan di kotak terlarang. Messi yang menjadi algojo membuat Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Baca Halaman Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Barcelona vs Elche
Barcelona vs Elche (REUTERS/Albert Gea)

Seperti halnya babak pertama, Barcelona terus menyerang Elche di babak kedua. Permainan bola dari kaki ke kaki memaksa tim tamu tak bisa mengembangkan permainan.

Hanya butuh 10 menit bagi Barca untuk menambah keunggulannya. Kali ini gol Barca diciptakan oleh Jordi Alba memanfaatkan umpan terobosan cerdik dari Lionel Messi.

Empat menit kemudian fans Barcelona kembali bersorak. Neymar melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti dan membentur pemain belakang Elche.

Bola pun berubah arah dan membuat kiper kesulitan mengantisipasinya. Barcelona pun unggul lima gol satu jam laga berjalan.

Pada menit ke-78, Messi nyaris menciptakan gol keduanya di laga ini. Sayangnya tendangan bebas terukur pemain timnas Argentina itu masih bisa ditepis Tyton.

Pedro yang masuk menggantikan Neymar punya peluang pada menit ke-81. Namun bola sontekannya menyamping tipis gawang Elche meski kiper Tyson sudah keluar dari sarang. Hingga akhir laga Barca tak mampu lagi menambah gol dan menang telak dengan skor 5-0.

Barcelona: ter Stegen; Alves, Piqué/ Samper (76), Bartra, Jordi Alba/ Adriano (61); Mascherano, Roberto, Rakitić; Suárez, Messi, Neymar/ Pedro (67).

Elche: Tyton; Damián, Pelegrín, Roco, Albacar; Pasalic, Lombán; Coro/ Aaron (60), Fajr, Cismal; Cristian Herrera/ Jonathas (60).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya