Tersungkur di Allianz Arena, Barcelona Tetap Lolos ke Final

Dua gol Neymar memegang peran penting atas kesuksesan Barcelona mengamankan tiket ke final.

oleh Thomas diperbarui 13 Mei 2015, 03:40 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2015, 03:40 WIB
Neymar selebrasi gol bersama rekan Barcelona lainnya (Reuters)
Jalannya laga Bayern Muenchen vs Barcelona

Liputan6.com, Muenchen- Barcelona belum mampu meruntuhkan keangkeran Allianz Arena. Blaugrana takluk 2-3 dari Bayern Muenchen di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (13/5/2015) dini hari WIB. Tapi pasukan Luis Enrique tetap lolos ke final.

Lionel Messi cs berhak tampil di final yang akan digelar di Berlin bulan depan karena secara agregat unggul 5-3. Pada pertemuan pertama Barcelona menang telak 3-0.

Pada laga yang digelar di Allianz Arena ini, baik Josep Guardiola maupun Luis Enrique menurunkan komposisi pemain yang sama 100 persen seperti pada leg pertama.

Pertemuan Bayern dengan Barcelona berlangsung menarik sejak menit pertama. Kedua tim sama-sama memperagakan permainan menyerang dan cepat.

Barcelona mendapat peluang emas pertama di laga ini pada menit empat. Ivan Rakitic lepas dari jebakan off-side pertahanan Bayern. Akan tetap tendangan kerasnya dengan gemilang bisa ditepis Manuel Neuer.

Bayern ganti mengancam. Semenit kemudian, tuan rumah nyaris unggul bila pemain belakang Gerard Pique tidak menghadang tendangan Thiago Alcantara.

Publik Allianz Arena akhirnya bersorak gembira di menit tujuh. Bek Mehdi Benatia membawa Bayern unggul 1-0. Eks pemain AS Roma itu luput dari penjagaan pemain Barcelona sehingga dengan mudah menanduk sepak pojok dari Xabi Alonso.

Gol ini membuat Bayern makin semangat menyerang Barcelona. Namun pertahanan mereka jadi kurang fokus. Di menit 15, jebakan off-side pemain Bayern berhasil ditembus Barcelona. Umpan terobosan Messi membuat Luis Suarez berhadapan langsung dengan Neuer. Suarez tidak egois dan mengumpankan bola kepada Neymar. Dengan mudah Neymar menyontek bola ke gawang Bayern guna menyamakan skor.

Bayern hampir kembali unggul pada menit 18 andai Marc Andre Ter Stegen tidak melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan peluang Thomas Mueller.

Bayern vs Barcelona (AFP)

Kerjasama Neymar dengan Suarez lagi-lagi menghadirkan petaka bagi Bayern. Saat laga berjalan 29 menit, Neymar dengan dingin menyelesaikan umpan silang dari Suarez. Neymar menendang bola umpan Suarez ke tiang dekat sehingga mengecoh Neuer. Bayern 1, Barcelona 2.

Kini Bayern dituntut mencetak lima gol bila ingin lolos ke final. FC Hollywood pun mati-matian membombardir pertahanan Barcelona.

Sial bagi Bayern, Ter Stegen tengah dalam bentuk permainan terbaiknya. Pemain asal Jerman ini melakukan dua penyelamatan gemilang di menit 38 dan 41 guna menggagalkan peluang Bastian Schweinsteiger dan Robert Lewandowski. Bahkan untuk menggagalkan peluang Lewandowski, Ter Stegen harus dua kali menjatuhkan badan. Skor 1-2 pun bertahan sampai jeda.

Simak ulasan babak kedua di halaman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak 2

Dituntut mencetak lima gol di babak kedua, Bayern meningkatkan intensitas serangan. Sedangkan Barcelona lebih banyak bertahan setelah Luis Suarez ditarik keluar saat jeda akibat bermasalah dengan hamstring.

Robert Lewandowski (Reuters / Kai Pfaffenbach)

FC Hollywood berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit 59 lewat gol Robert Lewandowski. Pemain asal Polandia itu dengan gemilang memperdaya Javier Mascherano sebelum melepaskan tendangan akurat yang mengecoh Ter Stegen.

Bayern berbalik unggul pada menit 74. Thomas Mueller kali ini berhasil menaklukkan Ter Stegen. Mendapat bola pantulan dari Schweinsteiger, Mueller langsung melepaskan tembakan keras di tepi kotak penalti Barcelona.

Lewandowski kembali mengancam Barcelona di menit 76. Kali ini dia gagal menyelesaikan peluang yang didapat. Sepakan eks pemain Borussia Dortmund itu meleset dari sasaran.

Neymar harusnya bisa mencetak hat-trick dan menyamakan skor di menit akhir. Tapi pemuda Brasil ini lebih memilih mengoper bola kepada Messi. Sayangnya Messi terlambat menyambarnya sehingga peluang Barca terbuang percuma. Hingga wasit Mark Clattenburg meniup peluit panjang tak ada gol lagi yang tercipta.

Susunan pemain:

Bayern Muenchen: Neuer; Rafinha, Boateng, Benatia, Bernat; Alonso, Lahm (Rode 68'), Schweinsteiger (Martinez 87'); Mueller (Mueller 87'), Thiago, Lewandowski.

Barcelona: Ter Stegen; Dani Alves, Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Iniesta (Xavi 75'), Rakitic (Mathieu 72'); Suarez (Pedro 46'), Neymar, Messi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya