Piala Gubernur Kaltim: Surabaya United Hajar PON Kaltim

Surabaya United membuka partai perdana Piala Gubernur Kaltim dengan kemenangan 3-1 atas PON Kalimatan Timur

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 29 Feb 2016, 23:30 WIB
Diterbitkan 29 Feb 2016, 23:30 WIB
20151222- Laga 8 Besar Piala Jenderal Sudirman-Solo-Boy Harjanto
Pemain Persipura Ferinando Pahabol (bawah) berusaha mengambil bola dari pemain Surabaya United, M.Faturahman saat laga 8 besar Piala Jenderal Sudirman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (22/12/2015). Persipura menang 2-0. (Foto: Boy Harjanto)

Liputan6.com, Balikpapan - Surabaya United membuka partai perdana Piala Gubernur Kaltim dengan kemenangan 3-1 atas PON Kalimatan Timur di Stadion Parikesit, Balikpapan, Senin (29/2/2016). Hasil ini membuat Surabaya United menggeser Persiba Balikpapan di puncak klasemen grup C.

Gol Surabaya United dibuka oleh pemain asal Brasil, Otavio Dutra di menit 26 memanfaatkan umpan tendangan bebas Fitra Ridwan. Gol tersebut bertahan hingga jeda. Padahal, PON Kaltim besutan Eddy Simon ini mampu memberikan perlawanan berarti pada SU, besutan Ibnu Grahan.

Memasuki babak kedua, PON Kaltim tidak mengubah gaya permainan. Dua peluang PON Kaltim didapat oleh Rifaldi Bawuo dan Faria Rofanda. Sayang, penyelesaian akhir yang buruk membuat PON Kaltim tidak mampu menyamakan kedudukan.

 

Baca Juga

  • Kampung Atlet Kemayoran Diwariskan untuk Asian Para Games
  • Pencabutan Sanksi PSSI Bukan Hari Ini
  • Berani Besar Kepala, Pahlawan MU Rashford Bakal Kena Tampar

Justru, PON Kaltim kembali kebobolan di menit 61. Gol kedua SU dipersembahkan oleh Emily Mbamba yang menyambut sepak pojok Zulfiandi guna mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Dan, kiper PON Kaltim, Dwi Yudha harus memungut bola dari jala di menit 64. Kesalahan Dwi menghalau bola mati membuat Mbamba sukses  memperlebar kedudukan SU menjadi 3-0. Mantan pemain Persepar Palangkaraya dan Persiba Bantul ini kembali menuliskan namanya di papan skor.

Kendati telah memimpin jauh, PON Kaltim tidak menyerah ternyata belum lempar handuk. Buktinya, mereka mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3 berkat gol yang dilesakkan Derry Rahman. Bola tendangan bebas tidak mampu dihalau kiper Persebaya, Thomas Rian.

Hasil ini membuat SU berhak menempati peringkat pertama di klasemen grup C dengan 3 poin menggeser Persiba Balikpapan yang sebelumnya memetik kemenangan 2-1 atas Semen Padang. SU berhak atas posisi lebih baik karena unggul dalam produktivitas gol.

Sedangkan, kekalahan cukup telak yang dialami PON Kaltim harus tersungkur di posisi juru kunci grup C. Semen Padang berada satu tempat di atasnya, menang selisih gol dari PON Kaltim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya