Alonso-Gutierrez, Korban Tikungan Keramat Sirkuit GP Australia

Pada F1 GP Australia 2001, insiden nyaris serupa terjadi pada Villeneuve-Ralf Schumacher.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 20 Mar 2016, 19:33 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2016, 19:33 WIB
Selain Mobil Rio Haryanto, Inilah Mobil F1 yang Rusak di GP Australia
Pebalap McLaren Honda, Fernando Alonso menabrak tembok pembatas pada balapan perdana Formula One Australian Grand Prix, Melbourne, Minggu (20/3/2016). (AFP/Max Blyton)

Liputan6.com, Melbourne - Pembalap McLaren, Fernando Alonso, mengalami kecelakaan fatal di Sirkuit Albert Park, F1 Grand Prix Australia, Minggu (20/3/2016). Kecelakaan itu melibatkan Alonso dan pembalap Haas, Esteban Gutierrez di tikungan ketiga Sirkuit Albert Park.

Akibatnya, Alonso dan Gutierrez terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan pembuka Formula 2016 itu. Mobil Alonso ringsek, sedangkan kerusakan mobil Gutierrez juga cukup parah, terutama ban kiri bagian belakang.

Baca Juga

  • Inilah Sistem Perolehan Poin dalam MotoGP
  • GP Australia: Tabrakan Parah, Alonso-Gutierez Out
  • Video Detik-detik Kecelakaan Alonso di GP Australia

Insiden itu bermula dari aksi Alonso yang hendak menyalip mobil Gutierrez dari sisi kiri di tikungan ketiga, namun manuver itu malah mengenai ban belakang kiri pembalap tim Haas tersebut. Mobil Alonso terpental dan sempat berputar di udara sebelum menghantam dinding pembatas, sedangkan Mobil Gutierrez melintir dan masuk ke gravel.

Beruntung kedua pembalap selamat dan tidak mengalami cedera akibat kecelakaan fatal tersebut. Baru diketahui, tikungan ketiga di Sirkuit Albert Park ternyata area keramat yang sangat diwaspadai oleh para pembalap F1.



Anehnya, insiden nyaris serupa terjadi pada F1 GP Australia pada 2001. Kala itu, kecelakaan melibatkan Ralf Schumacher dari Williams dan pembalap BAR Honda, Jacques Villeneuve, juga di tikungan ketiga Sirkuit Albert Park.

Villeneuve hendak menyalip dari arah kiri dan mengenai ban kiri bagian belakang mobil Ralf Schumacher. Mobil Villeneuve terpental dan sempat melayang di udara sebelum akhirnya menghantam dinding pembatas Sirkuit Albert Park. Kedua pembalap selamat.



Namun, seorang marshal Sirkuit Albert Park mengalami cedera parah karena terkena ban mobil yang terpental akibat kecelakaan itu. Peristiwa yang menimpa Alonso-Gutierrez dan Villeneuve-Ralf Schumacher menjadi bukti betapa keramatnya tikungan ketiga Sirkuit Albert Park, Melbourne, GP Australia.

Video kecelakaan Jacques Villeneuve dan Ralf Schumacher di tikungan ketiga Sirkuit Albert Park pada 2001: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya