Taktik Solskjaer Saat MU Pecundangi Spurs Dinilai Jitu

MU menang 1-0 atas Spurs dalam lanjutan Liga Inggris.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Jan 2019, 17:10 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2019, 17:10 WIB
Manchester United Tumbangkan Tottenham Hotspur
Ekspresi kemenangan Ole Gunnar Solskjaer pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris, Minggu (13/1). Man United menang atas Tottenham Hotspur 1-0. (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Manchester - Darren Fletcher memuji setinggi langit taktik Ole Gunnar Solskjaer saat Manchester United (MU) menumbangkan Tottenham Hotspur 1-0 di Stadion Wembley, Minggu (13/1/2019). Mantan gelandang MU mengakui taktik Solskjaer begitu jenius.

Laga MU melawan Spurs menjadi ajang pembuktian kualitas Solskjaer sebagai juru strategi. Sebelumnya, dia membawa MU meraih lima kemenangan beruntun, tapi belum pernah melawan tim kuat. Spurs adalah ujian yang sesungguhnya.

Solskjaer akhirnya mampu membuktikan diri. Dia memimpin MU mengalahkan Spurs melalui racikan taktik yang tepat dan pemilihan pemain yang jeli.

Fletcher pun memuji penampilan apik skuat MU, khususnya di babak pertama.


Taktik Jenius

Manchester United Tumbangkan Tottenham Hotspur
Proses terjadinya gol Mrcus Rashford pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris, Minggu (13/1). Man United menang atas Tottenham Hotspur 1-0. (AFP/Adrian Dennis)

Menurut Fletcher, babak pertama pertandingan itu adalah bukti kejeniusan Solskjaer dalam meramu taktik. MU memang tampil agresif sejak menit awal dengan memanfaatkan pemain-pemain cepat mereka, taktik ini membuat Spurs kerepotan.

"Babak pertama adalah soal taktik kelas atas. Rencananya di awal laga adalah untuk berlari menuju ruang-ruang kosong dan membuat Spurs kerepotan. Setiap kali mendapat kesempatan, mereka beusaha mengeksploitasi ruang kosong," ujar Fletcher di dailymail.com.

"Mereka langsung menyerang Spurs di awal babak pertama. Mereka melakukan itu karena bek-bek sayap Spurs senang bermain melebar dan menyerang."


Menusuk ke Tengah

Kejeniusan Solskjaer terbukti ketika Marcus Rashford dan Anthony Martial tetap bermain melebar dan menusuk ke dalam ketika berhasil melewati bek sayap Tottenham. Taktik ini begitu merepotkan untuk barisan bek Spurs.

"Jadi rencana mereka adalah supaya Martial dan Rashford tetap bermain melebar dan berlari di sisi kosong antara Toby Alderweireld maupun Jan Vertonghen. Mereka melakukan itu sepanjang laga," papar Fletcher

"Tidak ada bek yang mau berhadapan dua vs dua melawan Martial, Rashford, dan Lingard karena mereka cepat. Mereka memiliki kemampuan dan berbahaya," tutup Fletcher.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya