Ribuan Pebulu Tangkis Bersaing di Yuzu Isotonic Akmil Open 2021

Yuzu Isotonic Akmil Open 2021 akan mempertandingkan 24 kategori baik putra maupun putri dari berbagai kelompok umur.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 27 Okt 2021, 15:30 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2021, 15:27 WIB
YUZU Isotonic Akmil Open 2021
Ribuan pebulutangkis muda Indonesia mengikuti YUZU Isotonic Akmil Open 2021 yang digelar sebagai rangkaian dari perayaan HUT ke-64 Akademi Militer TNI AD. (dok. MegaPro)

Liputan6.com, Jakarta - Yuzu Isotonic Akmil Open akan digelar tahun ini. Turnamen badminton berskala nasional ini akan dimainkan di dua tempat, yaitu GOR Djarum Magelang dan GOR Soeroto Akademi Militer mulai 28 Oktober hingga 7 November.

Bambang Hartono mengatakan Yuzu Isotonic Akmil Open 2021 merupakan pelepas dahaga. Sebab, sebelumnya lebih dari 1,5 tahun seluruh turnamen olahraga, termasuk bulu tangkis, terhenti akibat pandemi Covid-19.

Karena itu, pria yang menjabat Head of Marketing Yuzu Isotonic ini berharap kejuaraan ini dapat menjadi ajang pembuktian diri. Selain itu, mewujudkan mimpi para atlet muda dalam meniti tangga prestasi di kancah bulu tangkis nasional.

Tak tanggung-tanggung, total hadiah kejuaraan badminton ini adalah Rp 270 juta. "Semoga para atlet yang berpartisipasi merasa lebih termotivasi untuk tidak hanya berani bermimpi tetapi juga berani untuk mewujudkan mimpinya dan meraih prestasi setinggi-tingginya, khususnya di cabang bulu tangkis," kata Bambang dalam konferensi pers lewat zoom meeting, Rabu, 27 Oktober.

Turnamen ini tidak lepas dari dukungan besar Akademi Militer Magelang. Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Candra Wijaya, menuturkan sejatinya turnamen ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-64 lembaga pendidikan TNI Angkatan Darat tersebut.

"Bulu tangkis merupakan olahraga yang dicintai masyarakat dan telah membawa harum nama bangsa di mata dunia. Atas dasar hal tersebut, sudah selayaknya kita memutar kembali kompetisi di level nasional," ucapnya.

"Mempersiapkan atlet-atlet muda berbakat agar tetap mampu bersaing dengan negara kuat lainnya seperti China, Malaysia, Denmark, hingga Korea yang selama ini mendominasi bulutangkis tingkat dunia," tambah Candra. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nomor yang dipertandingkan

YUZU Isotonic Akmil Open 2021
Ribuan pebulutangkis muda Indonesia mengikuti YUZU Isotonic Akmil Open 2021 yang digelar sebagai rangkaian dari perayaan HUT ke-64 Akademi Militer TNI AD. (dok. MegaPro)

Turnamen Yuzu Isotonic Akmil Open 2021 akan mempertandingkan 24 kategori baik putra maupun putri dari berbagai kelompok umur. Mulai dari U-11 (tunggal), U-13 (tunggal), U-15 (tunggal, ganda, ganda campuran), U-17 (tunggal, ganda, ganda campuran), U-19 (tunggal, ganda, ganda campuran), dan dewasa (tunggal, ganda, ganda campuran).

Hingga saat ini, total pendaftar mencapai 1.482 peserta untuk seluruh kategori. Beberapa klub besar pun ikut ambil bagian dalam turnamen ini, di antaranya PB Djarum, Exist Badminton Club, PB Jaya Raya, hingga PB Mutiara Cardinal.

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah Basri Yusuf berharap turnamen ini menjadi awal dimulainya kejuaraan-kejuaraan lain. "Meski masih di tengah kondisi pandemi Covid-19, para atlet muda di Tanah air harus terus diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas bertandingnya," tuturnya.

"Ini bisa kembali menjadi awal ajang regenerasi atlet bulu tangkis berkualitas di Indonesia setelah sebelumnya sempat terhenti karena pandemi."


Protokol kesehatan

YUZU Isotonic Akmil Open 2021
Ribuan pebulutangkis muda Indonesia mengikuti YUZU Isotonic Akmil Open 2021 yang digelar sebagai rangkaian dari perayaan HUT ke-64 Akademi Militer TNI AD. (dok. MegaPro)

Ketua Panitia Pelaksana Yuzu Isotonic Akmil Open 2021 Lius Pongoh mengatakan seluruh aspek dalam penyelenggaraan turnamen ini berpedoman pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi.

"Turnamen ini akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan mewajibkan setiap peserta melampirkan hasil tes swab antigen sebelum memasuki arena, selalu memakai masker saat tidak bertanding, menyediakan berbagai fasilitas cuci tangan, dan memastikan tidak ada kerumunan di area GOR Djarum Magelang maupun GOR Soeroto Akmil untuk menghindari potensi penyebaran virus corona," papar legenda bulu tangkis Indonesia.

Untuk menghindari kerumunan, seluruh pertandingan diselenggarakan tanpa penonton. Para penikmat bulu tangkis dapat menyaksikan jalannya turnamen melalui live streaming di akun Youtube PB Djarum.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya