Prediksi Barcelona Vs Napoli: Bukan Sekadar Partai Hiburan

Barcelona bakal menjamu Napoli pada babak 16 besar Europa League 2021/2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 17 Feb 2022, 16:14 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2022, 11:15 WIB
Latihan Barcelona Jelang vs Napoli
Pelatih Barcelona Xavi (tengah) dan para pemainnya mengambil bagian dalam sesi latihan di Barcelona pada 16 Februari 2022. Barcelona bakal meladeni Napoli pada leg pertama play-off babak gugur Liga Europa 2021/22 di Camp Nou, Jumat 18 Februari 2022. (LLUIS GENE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal tampil habis-habisan saat menghadapi Napoli pada leg pertama playoff 16 besar Europa League, Jumat (18/2/2022). Tampil di depan publik sendiri, skuad Blaugrana tidak ingin melewatkan gelar hiburan usai tersingkir dari ajang paling bergengsi, Liga Champions. 

Pertandingan ini akan disiarkan langsung oleh SCTV dan live streaming vidio mulai pukul 00.45.

Belum banyak yang bisa dilakukan Barcelona untuk menyenangkan fansnya musim ini. Satu per satu kesempatan untuk menghadirkan gelar di Camp Nou melayang. Di ajang Liga Champions, Barcelona secara mengejutkan gagal menembus babak penyisihan grup dan harus tersingkir ke Europa League.

Di kompetisi domestik, nasib Blaugrana tidak kalah miris. Barca juga tersingkir dari Copa del Rey setelah dipermak Atletico Madrid dengan skor 2-3. Sementara di ajang La Liga, Barcelona masih berada di urutan keempat dengan 39 poin atau terpaut 15 poin dari pemuncak klasemen, Real Madrid. 

Di tengah keterpurukan ini, Barcelona tidak punya banyak pilihan. Memburu gelar Europa League sepertinya menjadi tuntutan yang harus dipenuhi demi mengamankan satu gelar pada musim ini.

Kebetulan, gelar ini belum pernah singgah di lemari trofi Barcelona. Selain itu, memenangkan trofi Europa League bisa memangkas jalan Barcelona menuju Liga Champions musim depan. Sebab sesuai aturan, juara kompetisi Eropa kelas dua ini secara otomatis berkesempatan mengejar di Kuping Besar. 

"Liga Europa adalah kompetisi terbaik kedua yang berlangsung di Eropa. Meski ‘bukan’ yang terbaik, tetapi Liga Europa cukup kompetitif,” ujar pelatih Barcelona, Xavi Hernandez seperti dilansir dari AS. 

"Ini jadi kesempatan emas bagi kami. Pasalnya, saat ini kami memiliki dua cara untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Pertama, finis di posisi empat besar Liga Spanyol. Kemudian, menggunakan cara lain dengan menjuarai Liga Europa,” ujar mantan pemain Barcelona itu menambahkan.

Sebenanya bukan kali ini saja Barcelona tampil di kompetisi kelas dua Eropa. Pada tahun 2003-04 lalu, Barca juga sempat tampil di UEFA Cup. Namun langkah Blaugrana terhenti di babak 16 besar setelah kalah dari Celtic di mana Xavi Hernandez masih bermain untuk kedua leg pertandingan tersebut. 

Napoli sendiri bukan lawan yang asing bagi Barcelona. Kedua tim pernah bertemu di babak 16 besar Liga Champions 2019/20 lalu. Pada leg pertama yang berlangsung di Naples, Barca ditahan imbang 1-1. Sementara di leg kedua di Camp Nou, Barcelona tampil dominan dan menang dengan skor 3-1.

Meski demikian, Napoli tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Tim yang ditangani oleh Luciano Spalletti itu merupakan salah satu kuda pacu dalam perburuan gelar Serie A musim ini. Napoli kini berada di urutan ketiga dengan koleksi 53 poin atau terpaut 2 poin dari AC Milan di urutan teratas.

Napoli juga memiliki skuad yang dihuni banyak pemain berpengalaman di level Eropa. Karena itu, Xavi pun bakal menurunkan komposisi terbaiknya untuk meredam tim berjuluk I Partenopei itu. 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Panggung Amunisi Baru

Foto: Aksi Pemain Dengan Klub Baru Mereka usai Bursa Transfer Musim Dingin 2022, Dua Pemain Juventus Paling Menjanjikan
Aubameyang pindah ke Barcelona pada bursa transfer musim dingin dengan status bebas transfer. Pada pertandingan Liga Spanyol antara Barcelona vs Atletico Madrid di Camp Nou, Minggu (6/2/2022), Aubameyang dimainkan pelatih Xavi Hernandez pada menit ke-61. (AFP/Lluis Gene)

Untuk menambah daya gedornya, Xavi bakal menurunkan pemain baru, Pierre-Emerick Aubameyang sejah menit pertama. Ketajaman pemain yang didatangkan dari Arsenal tersebut sangat diharapkan mampu mendobrak pertahanan Napoli yang terbilang kokoh khas klub-klub asak Negeri Pizza. 

Selain itu, Xavi juga masih memiliki sosok Ferran Torres yang baru didatangkan dari Manchester City. 


Prediksi Susunan Pemain

Liga Spanyol Espanyol vs Barcelona
Bek Espanyol Sergi Gomez (kiri) berebut bola dengan pemain depan Barcelona Ferran Torres pada jornada ke-24 Liga Spanyol 2021/22 di RCDE Stadium, Senin dini hari WIB (14/2/2022). Espanyol dan Barcelona bermain imbang 2-2. (Pau BARRENA / AFP)

Barcelona:

Ter Stegen: Dest, Pique, Garcia, Alba; F de Jong, Busquets, Pedri; Traore, Aubameyang, F Torres

Napoli :

Ospina; Di Lorenzo, Rrahmani, Koulibaly, Mario Rui; Anguissa, Ruiz; Elmas, Zielinski, Insigne; Osimhen


Head to head

Pertemuan: 2

Barcelona menang: 1

Gol Barcelona: 4

Imbang: 1

Napoli menang: 0

Gol Napoli: 2.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya