Jack Miller Puji Lintasan Sirkuit Mandalika: Tak Perlu Ragu, Sudah Siap untuk Balapan MotoGP

MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 18 Mar 2022, 19:15 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2022, 19:15 WIB
Jack Miller
Pembalap Ducati, Jack Miller saat beraksi di FP2 MotoGP Aragon (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Jack Miller siap tampil maksimal di MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung 18-20 Maret 2022. Pengaspalan ulang yang dilakukan telah membuat lintasan lebih siap untuk menggelar balapan. 

"Saya tidak pernah mengatakan sirkuit tidak siap untuk balapan, apa yang saya katakan adalah sirkuit perlu dibersihkan," ujar Miller di sela-sela FP 1 di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3/2022). 

"Saya tidak pernah berpikir sirkuit butuh aspal baru, tapi saya menghargai mereka yang sudah melakukan itu karena sekarang jauh lebih baik," beber pembalap Ducati Lenovo itu menambahkan.

Setelah penantian 25 tahun, ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP kembali hadir di Tanah Air. Adu kebut kuda besi ini berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Sebelum balapan berlangsung, para rider sudah menjajal sirkuit ini pada sesi pramusim bulan lalu. Setelah itu, sejumlah perbaikan kembali dilakukan terutama di bagian lintasan yang dianggap gampang mengeluas hingga akhirnya dilakukan pengaspalan ulang oleh pengelola Sirkuit Mandalika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lebih Mencengkram

Foto: Bukan Hanya Jadi Arena MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Layak untuk Menggelar Event Balapan Lain
Hadirnya MotoGP di Sirkuit Mandalika membuka peluang untuk Indonesia menjadi tuan rumah balapan internasional lainnya. Sebab, area Sirkuit Mandalika masih banyak spot yang bisa digunakan untuk membangun fasilitas lainnya. (AFP/Bay Ismoyo)

Menurut Miller, pengaspalan ulang telah memberi keuntungan kepada para pembalap. Sebab ban motor kini bisa lebih mencengkram saat melaju di atas lintasan. 

"Trek 100 persen siap untuk balapan. Saya ingin latihan start dari barisan terdepan untuk melihat bagiamana perkembangannya," ujar rider yang sudah tiga kali menang balapan MotoGP tersebut. 

Pada sesi latihan bebas yang berlangsung Jumat (18/3/2022), Miller tampil tidak terlalu buruk. Di sesi pertama, Miller berada di urutan kelima dan melorot ke urutan keenam pada sesi FP2.

 


Masih Kotor

Meski daya cengkram sirkuit Mandalika mengalami banyak kemajuan sejak sesi pramusim lalu, kondisi di luar lintasan balapan menurut Crash.net masih kotor terutama di bagian front stright

Menurut Miller, kondisi sirkuit akan kembali dibahas dalam komisi keselamatan yang digelar sebelum balapan. "Saya melihat beberapa orang melakukan latihan start dan itu adalah bagian trek yang paling kotor dan paling jarang digunakan. Ini bukan ukuran yang baik untuk memulai latihan. Kami akan bertemu dengan komisi keselamatan sore ini dan kemudian membuat rencana," kata Miller. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya