Jadwal Denmark Open Sabtu, 22 Oktober 2022: Dua Wakil Indonesia Tersisa di Semifinal

Indonesia hanya tinggal menyisakan dua wakil di babak semifinal Denmark Open 2022. Mereka adalah Marcus/Kevin dan Fajar/Rian yang sama-sama berasal dari nomor ganda putra. Simak jadwal lengkap pertarungan wakil-wakil Tanah Air di fase empat besar melalui artikel berikut ini!

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 22 Okt 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2022, 13:30 WIB
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
Aksi The Minions atau ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat meladeni wakil Korsel, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di babak 16 besar Indonesia Open 2022, Kamis (16/6/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi Denmark Open 2022 segera memasuki babak semifinal. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark pada Sabtu, 22 Oktober 2022, mulai pukul 15.00 WIB.

Indonesia hanya tinggal memiliki dua wakil yang akan berlaga di fase empat besar. Mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang sama-sama berasal dari nomor ganda putra.

Marcus/Kevin berhak atas tiket semifinal setelah menaklukkan junior sekaligus kompatriotnya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di babak delapan besar pada Jumat (21/10/2022).

Pasangan berjuluk The Minions unggul setelah melakoni pertarungan sengit tiga game, 15–21, 22–20, dan 22–20, dalam durasi waktu 56 menit.

Unggul dari segi ranking dan jam terbang, Marcus/Kevin malah sempat tersandung di set pembuka. Mereka melesat dengan 3–0 di awal laga, tetapi mulai kecolongan selepas jeda.

The Minions masih tertinggal hingga memasuki game kedua. Walau begitu, pasangan yang pernah menempati peringkat satu dunia ini sanggup memaksa permainan menjadi deuce. Marcus/Kevin akhirnya mencuri kemenangan di game kedua dan ketiga.

Di sisi lain, langkah Fajar/Rian cukup mulus untuk tembus ke semifinal. Berhadapan dengan pembunuh The Daddies, Lu Ching Yao/Yang Po Han asal China Taipei, wakil Tanah Air sanggup menuntaskan perlawanan lewat dua game langsung.

Fajar/Rian memang tancap gas sejak permulaan set pembuka. Mereka terus memimpin hingga memetik kemenangan 21–12. Situasi tak jauh berbeda juga terjadi di game kedua. Ganda putra peringkat enam dunia kembali dominan dengan 21–15.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wakil Tumbang

Jonatan Christie -  BWF World Championship 2022
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal melangkah ke babak semifinal Denmark Open 2022 usai ditumbangkan oleh unggulan Malaysia, Lee Zii Jia, lewat pertarungan sengit tiga game, 16-21, 21-18, dan 18-21. (foto: PBSI)

Malang, jejak The Minions dan Fajar/Rian belum mampu diikuti oleh rekan-rekan lain yang mentas di babak perempat final Denmark Open 2022.

Ganda putri andalan Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Dilva Ramadhanti tumbang di tangan unggulan ketiga asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Apri/Fadia sejatinya sempat unggul dengan 21–17 di game pembuka. Namun, penampilan agresif Matsuyama/Shida kian sulit diimbangi di dua set selanjutnya. Alhasil, ganda putri peraih emas SEA Games 2021 harus menyerah kalah dengan 14–21 dan 12–21.

Nasib hampir serupa juga dialami oleh Jonatan Christie. Ia dihadang lawan berat asal Negeri Jiran, Lee Zii Jia. Wakil Indonesia kalah 16–21 di set pertama. Jojo mampu bangkit dan mencuri kemenangan 21–18 di game kedua.

Sayangnya, dewi fortuna sedang tidak memihak pada wakil Merah Putih. Jojo yang telah berupaya memberikan perlawanan maksimal harus mengakui keunggulan tunggal putra Malaysia usai ditundukkan dengan 18–21.


Tidak Mudah

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto - Japan Open 2022
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi perlawanan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di babak semifinal Denmark Open 2022. (foto: PBSI)

Sektor ganda putra menjadi satu-satunya sandaran Indonesia di Denmark Open edisi ini. Namun, pertarungan Marcus/Kevin dan Fajar/Rian diprediksi tak bakal berjalan mudah. Mereka harus melakoni duel dengan sesama unggulan.

The Minions bakal ditantang musuh bebuyutannya Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang saat ini menempati peringkat empat dunia. Pertemuan terakhir kedua pasangan tersaji di Thomas Cup 2020, yang berujung dengan kemenangan duo Tanah Air, 21–17, 16–21, dan 21–15.

Adapun Fajar/Rian harus menghadapi perlawanan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi asal Malaysia. Mereka terakhir kali berjumpa di ajang Malaysia Open 2022. Kala itu, ganda putra Indonesia mampu unggul lewat dua game langsung, 21–13 dan 21–9.

Simak jadwal lengkap pertandingan wakil-wakil Tanah Air di semifinal Denmark Open 2022 pada halaman selanjutnya!


Jadwal Pertandingan

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo - Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022
Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo harus menuntaskan perlawanan Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia, jika ingin mengamankan tiket menuju babak final Denmark Open 2022. (foto: PBSI)

Lapangan 1

Pertandingan ke-5: Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) vs Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pertandingan ke-7: Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 15.00 WIB

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya