Klasemen Grup E Piala Dunia 2022: Jepang di Atas Spanyol dan Jerman

Jepang memimpin klasemen Grup E Piala Dunia 2022 usai menghajar Jerman secara dramatis di Stadion Khalifa Internasional.

oleh Thomas diperbarui 23 Nov 2022, 22:52 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 22:52 WIB
Grup E Piala Dunia 2022: Jerman vs Jepang
Para pemain Timnas Jepang merayakan gol pertama ke gawang Timnas Jerman yang dicetak Ritsu Doan dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Eugene Hoshiko)

Liputan6.com, Jakarta- Jepang secara mengejutkan memimpin klasemen Grup E Piala Dunia 2022. Samurai Biru berkuasa usai membuat kejutan dengan mengalahkan favorit juara Jerman 2-1 pada laga pertama di Stadion Khalifa Internasional, Rabu (23/11/2022).

Kemenangan Jepang ini sungguh tidak diduga-duga. Jepang tampil buruk di babak pertama. Tak ada satupun tembakan ke arah gawang yang dibuat. Mereka terus ditekan Jerman.

Beruntung gawang Jepang cuma bobol satu kali saja di babak pertama lewat eksekusi penalti gelandang senior Ilkay Gundogan pada menit 33.

Di babak kedua, Jerman juga punya banyak peluang untuk menggandakan skor. Kegagalan mengonversi peluang harus dibayar mahal. Jepang diluar dugaan bisa membalikkan keadaan berkat kejelian pergantian pemain.

Dua pemain pengganti Jepang Ritsu Doan dan Takumi Asano mencetak gol pada menit 75 dan 83. Jepang pun menang di laga pertama di Qatar

Raihan tiga angka membuat Takumi Minamino dan kolega memuncaki klasemen. Jerman menjadi juru kunci. Spanyol dan Kosta Rika menempati posisi dua dan tiga Grup E.

Namun Spanyol dan Kosta Rika baru akan bertanding beberapa jam lagi. Jika ada yang menang dengan skor lebih besar dari 2-1 maka Jepang akan turun ke urutan dua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Klasemen dan Jadwal

Grup E Piala Dunia 2022: Jerman vs Jepang
Pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan mencetak gol pertama Jepang ke gawang Timnas Jerman dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Matthias Schrader)

Grup E

 No  Negara Main  Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
1   Jepang 1 1 0 0 2-1 3
2   Spanyol 0 0 0 0 0-0 0
3   Kosta Rika 0 0 0 0 0-0 0
4   Jerman 1 0 0 0 1-2 0

Jadwal Grup E

  • 23 November 2022 : Jerman Vs Jepang: Khalifa International 1-2
  • 23 November 2022 : Spanyol Vs Kosta Rika: Al Thumama
  • 27 November 2022 : Jepang Vs Kosta Rika: Ahmad Bin Ali
  • 27 November 2022 : Spanyol Vs Jerman: Al Bayt
  • 1 Desember 2022 : Jepang Vs Spanyol: Khalifa International
  • 1 Desember 2022 : Kosta Rika Vs Jerman: Al Bayt

Untuk menyaksikan ulasan lengkap pertandingan Jerman melawan Jepang, silakan klik tautan berikut ini.


Arab Saudi

Jepang pun mengikuti jejak wakil Asia lainnya Arab Saudi yang juga membuat kejutan dengan mengalahkan Argentina 2-1. Proses kemenangan Jepang dan Arab Saudi nyaris sama. Tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat gol penalti dan bisa comeback menang 2-1 di babak kedua.

Argentina langsung tancap gas dan mendapat peluang melalui Messi. Namun tendangannya masih bisa dimentahkan kiper Mohammed Al Owais pada menit kedua.

Tekanan sejak awal laga La Albiceleste berbuah manis. Saud Abdulhamid melanggar Leandro Paredes di area terlarang. Messi yang menjadi algojo tidak kesulitan memasukkan bola ke gawang pada menit ke-10.

Argentina tidak puas dengan keunggulan satu gol. Melihat Arab Saudi bermain lebih ke depan, mereka beberapa kali melepas umpan terobosan.

Messi dan Lautaro Martinez (dua kali) bisa lolos dan sukses menyarangkan bola ke gawang. Namun, di tiap kesempatan mereka selalu terperangkap offside.

Argentina terus menekan, tapi tidak ada gol tercipa di sisa babak pertama meski mendapat peluang melalui Rodrigo De Paul dan Angel Di Maria.

Yang tidak terbayangkan terjadi di awal babak kedua. Arab Saudi membalikkan kedudukan lewat gol Saleh Al Shehri ('48) dan Salem Al Dawsari ('53).

Argentina tidak tinggal diam. Bola pantul yang mengenai Nicolas Tagliafico memaksa Al Owais bekerja.

Waktu berjalan dan usia pertandingan bertambah. Argentina semakin frustasi dan tertekan.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni coba menyegarkan tim dengan memasukkan sejumlah pemain, salah satunya Julian Alvarez. Tapi La Albiceleste tetap kesulitan menembus pertahanan Arab Saudi. Sesekali peluang didapat. Tapi Tendangan Di Maria dan tandukan Messi mudah diantisipasi Al Owais.

Pemain Arab Saudi juga tampil mati-matian meredam serangan Argentina. Yasir Al Shahrani mengalami cedera parah sehingga ditandu keluar lapangan.

Penampilan tersebut akhirnya berbuah manis. Arab Saudi sukses meraih kemenangan bersejarah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya