Inggris Gagal ke Semifinal Piala Dunia 2022, Gareth Southgate Diminta Tidak Mundur

Inggris gagal melangkah ke semifinal Piala Dunia 2022. Walau begitu pelatih The Three Lions Gareth Southgate tak banjir kritikan. Ia malah diminta tetap menangani Timnas Inggris hingga Euro 2024.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 11 Des 2022, 19:48 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 19:48 WIB
Inggris vs Prancis
Pelatih Inggris, Gareth Southgate menghibur Harry Kane usai mereka disingkirkan Prancis di perempat final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Hassan Ammar)

Liputan6.com, Jakarta - Inggris menjadi negara keempat yang harus mengubur impiannya untuk merebut trofi Piala Dunia 2022 usai tersingkir di perempat final. The Three Lions takluk 1–2 oleh Prancis dalam laga yang dihelat di Stadion Al Bayt, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Harry Kane dan kawan-kawan memang lebih dulu tertinggal dari Les Bleus. Prancis sanggup mengontrol permainan dan memaksa Inggris berada di posisi tertekan. Serangan demi serangan dilancarkan hingga berbuah angka pertama lewat aksi Aurelien Tchouameni pada menit 17.

The Three Lions baru bisa mencetak gol penyeimbang pasca turun minum. Ekeskusi penalti Kane di menit 54 mengubah kedudukan sementara menjadi imbang 1–1. Sayangnya, Inggris kembali kecolongan di 12 menit akhir waktu normal.

Olivier Giroud mecetak angka kedua bagi Prancis sekaligus mengantar timnya unggul 2–1. Inggris sebenarnya punya kesempatan untuk memaksa pertandingan berlanjut ke extra time. The Three Lions kembali mendapat hadiah penalti di menit 82.

Namun sayang, kapten Timnas Inggris kali ini gagal menunaikan tugasnya. Kane tak kuasa mengonversi peluang emas menjadi angka lantaran sepakannya melambung meninggalkan mistar gawang. Alhasil, The Three Lions takluk di tangan sang juara bertahan.

Terlepas dari kegagalan tersebut, juru taktik Inggris Gareth Southgate tetap mendapat tanggapan hangat dari pengamat. Eks pemain MU Gary Neville menilai Southgate merupakan sosok yang tepat untuk Inggris.

Pria berusia 47 tahun itu berharap sang pelatih masih akan menangani The Three Lions dalam perhelatan Piala Eropa 2024.

“Saya ingin Gareth bertahan (di Timnas Inggris) selama dua tahun lagi. Saya mau dia tetap ada di situ, entah sebagai pelatih atau dengan peran lainnya di FA pada masa mendatang,” tutur Neville pasca kekalahan Inggris dari Prancis, seperti dilansir dari Metro.

“Inggris dalam sepuluh tahun terakhir sudah memanangkan turnamen (usia) remaja. Kami juga memenangkan kompetisi (sepak bola) wanita pada musim panas. Kami pun mencapai final (kategori putra) di Euro. (Inggris) bermain dengan sangat baik,” sambung dia.

“Kami memiliki skuad dengan pemain teknik yang bagus. Inggris sekarang berada di posisi yang cukup bagus, mari kita perjelas (fakta) ini,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masa Depan Southgate

Timnas Wales vs Timnas Inggris Grup B Piala Dunia 2022
Pelatih Inggris, Gareth Southgate memeluk pemainnya, Marcus Rashford saat matchday ketiga Piala Dunia 2022 melawan Wales di Ahmad Bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022). (AP/Frank Augstein)

Kelanjutan karier Southgate memang berpotensi menjadi pembicaraan hangat pasca tersingkirnya Inggris dari Piala Dunia 2022. Pasalnya, tak sedikit manajer yang memutuskan mundur dari jabatan pelatih lantaran gagal mengantar timnya melangkah jauh di kompetisi sepak bola empat tahunan.

Juru taktik The Three Lions sendiri mengakuo dirinya kini mulai mempertimbangkan masa depan bersama Timnas Inggris. Kekalahan dari Prancis di babak perempat final membuat Southgate butuh waktu untuk berkontemplasi dan mengambil keputusan.

“Setiap kali menyelesaikan turnamen, saya membutuhkan waktu untuk membuat keputusan yang tepat karena secara emosional (saya) memiliki begitu banyak perasaan yang berbeda. Jadi saya ingin membuat keputusan yang tepat, kapan pun itu, untuk tim, untuk Inggris, untuk FA.”

“Agar bisa lanjut (bekerja) lagi, (saya) perlu banyak energi, Anda harus memastikan diri Anda siap untuk hal itu. Ada kualifikasi (Euro 2024) di bulan Maret dan ada terlalu banyak hal yang saya pikirkan di kepala saya,” turut pelatih berusia 52 tahun, dilansir dari The42.


Harry Kane Terpukul

Kesedihan Harry Kane Usai Gagal Eksekusi Penalti
Penyerang Inggris Harry Kane dihibur oleh pelatih kepala Gareth Southgate pada akhir laga perempat final Piala Dunia 2022 kontra Prancis, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Kandasnya The Three Lions di turnamen akbar empat tahunan tersebut juga diwarnai kegagalan penalti Harry Kane. (AP Photo/Abbie Parr)

Di sisi lain, Kapten Timnas Inggris Harry Kane nampaknya cukup terpukul menyaksikan timnya menelan pil pahit di laga kontra Prancis. Penggawa Tottenham Hotspur langsung menyalahkan diri sendiri dan merasa bertanggung jawab atas kekalahan The Three Lions.

“Sebagai kapten dan orang yang gagal mengeksekusi penalti, saya bertanggung jawab untuk itu. Saya tidak bisa menyalahkan persiapan saya atau detail-detail lain sebelum pertandingan,” tutur Kane kepada BBC Sport.

“Saya merasa percaya diri saat mengambilnya (tendangan penalti), tetapi saya tidak melakukan eksekusi seperti yang saya inginkan. (Momen kegagalan) itu akan menjadi sesuatu yang harus saya jalani dan hadapi,” sambung dia.


Prancis ke Semifinal

Tawa Lepas Kylian Mbappe Usai Penalti Harry Kane Gagal
Penyerang Prancis Kylian Mbappe merayakan kemenangan timnya atas Inggris pada laga perempat final Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Pada pertandingan tersebut, Prancis menang dengan skor 2-1 atas Inggris dan lolos ke babak semifinal. (JACK GUEZ / AFP)

Air mata Inggris menjadi tawa bagi Prancis. Kylian Mbappe dan kawan-kawan dipastikan maju ke semifinal Piala Dunia 2022. Capaian tersebut mengatar Les Bleus makin deekat untuk mempertahankan trofi FIFA World Cup yang diboyongnya empat tahun lalu.

Adapun Prancis sudah ditunggu Maroko di empat besar. Singa Atlas lebih dulu mengamankan slot semifinal usai menumbangkan perlawanan Portugal dengan 1–0 pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB. Kedua kesebelasan selanjutnya dijadwalkan bersua pada Kamis (15/12/2022).

Sementara itu di tempat berbeda, Argentina dan Kroasia menjadi dua tim lain yang memenuhi kuota empat besar Piala Dunia 2022. Pemenang laga ini bakal berhadapan dengan Prancis atau Maroko dalam pertandingan partai puncak yang dihelat Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya