Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis Bukan Sekadar Duel Messi Lawan Mbappe

Final Piala Dunia 2022 antara Argentina melawan Prancis bakal jadi duel penuh rekor dan dijamin seru. Lionel Scaloni menilai ini bukan duel pribadi Messi lawan Mbappe.

oleh Defri Saefullah diperbarui 18 Des 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 13:30 WIB
Foto: Deretan Rekor yang Dicapai Lionel Messi setelah Argentina Sikat Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022
Dengan tambahan satu golnya ke gawang Kroasia, Lionel Messi telah mencetak total 5 gol di Piala Dunia 2022. Jika diakumulasikan dengan raihan golnya dalam 4 edisi Piala Dunia sebelumnya, maka ia total telah mencetak 11 gol dalam 25 laga di Piala Dunia, melewati rekor Gabriel Batistuta sebagai pemain Argentina dengan jumlah gol terbanyak di Piala Dunia dengan 10 gol. (AP Photo/Frank Augstein)

Liputan6.com, Lusail- Final Piala Dunia 2022 yang mempertandingkan Argentina melawan Prancis bakal digelar di stadion Lusail Iconic, Minggu (18/12/2022)). Dua tim terbaik di Piala Dunia akan bertarung untuk menjadi juara.

Final Piala Dunia Qatar ini juga kerap dikaitkan dengan duel antara Lionel Messi melawan Kylian Mbappe. Bintang Argentina dan Prancis ini satu tim di PSG, tapi kini jadi lawan.

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni mengatakan duel ini merupakan duel antar tim bukan sekadar individu. Dia mengatakan banyak pemain yang terlibat, bukan sekadar dua megabintang PSG itu.

"Duel nanti Argentina melawan Prancis, ini lebih dari sekadar Messi melawan Mbappe. Kami tentu berharap pertandingan bisa kami menangkan," katanya seperti dikutip Marca.

"Banyak pemain yang bisa menentukan pertandingan final nanti."

Duel melawan Prancis bakal menjadi duel terbesar buat Lionel Scaloni. Setelah memenangkan Copa America 2021 dan finalissimo, eks pemain Deportivo La Coruna juga ini juga inginkan Piala Dunia di kabinet prestasinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentari Wabah Flu Prancis

Senyum dan Tawa Pemain Prancis di Sesi Latihan Jelang Final Piala Dunia 2022
Pemain Prancis Jordan Veretout, Kylian Mbappe, Marcus Thuram, Ousmane Dembele, Jules Koounde, dan Eduardo Camavinga dari Prancis tersenyum saat sesi latihan di stadion Jassim Bin Hamad di Doha, Qatar, Jumat (16/12/2022). Prancis akan melawan Argentina pada pertandingan final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022). (AP Photo/Christophe Ena)

 

Scaloni juga ditanyai terkait wabah flu yang mendera skuad Prancis jelang laga final nanti. Dia mengaku tak tahu betul kebenaran soal itu karena dia juga memang hanya fokus dengan tim.

"Terkait virus yang menyerang pemain Prancis, saya tak bisa bicara apa-apa karena belum ada yang resmi," kata Scaloni.

"Kami mempersiapkan pertandingan terkait bagaimana mereka akan main dan bagiaman kami ingin main."

 


Kesulitan Tiket

Lionel Messi Kembali Berlatih Jelang Final Piala Dunia 2022
Penyerang Argentina, Lionel Messi (tengah) memakai sepatu saat mengikuti sesi latihan di Doha, Qatar, Sabtu, 17 Desember 2022. Argentina akan melawan Prancis pada final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail Iconic, Minggu (18/12). (AP Photo/Manu Fernandez)

 

Piala Dunia 2022 Qatar tidak hanya menampilkan duel yang menarik, tapi juga ada banyak masalah di dalamnya. Salah satunya yaitu kesulitan dapat tiket yang dialami fans Maroko saat melawan Portugal.

Fans Argentina pun dikabarkan kesulitan untuk menonton duel final nanti. Dikhawatirkan fans Argentina masuk stadion tanpa tiket resmi.

"Saya prihatin, ini sesuatu yang di luar kekuatan kami. Saya ingin fans ada di sana, stadion punya kapasitas," kata Scaloni.

"Saya berharap sebagian besar fans bisa masuk dan bersenang-senang. Kami punya fans terbaik di dunia dan karena satu atau lain alasan mereka butuh kesenangan dan kami akan berikan kepada mereka."


Rela Dilewati

10 Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia Dari Masa Ke Masa
Gabriel Batistuta dari Argentina. Ia mencetak 10 gol selama mengikuti Piala Dunia tahun 1994, 1998 dan 2002 (Istimewa)

Legenda Argentina, Gabriel Batistuta sempat memegang rekor gol terbanyak untuk negaranya beberapa lama. Namun rekor 10 gol yang diraihnya selama ini sudah dilewati calon legenda Argentina lainnya, Lionel Messi.

Messi mencetak 11 gol saat eksekusi penalti di pertandingan Argentina melawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022. Argentina menang 3-0 di laga ini.

Batistuta mengaku senang rekornya bisa dilewati Lionel Messi. Soalnya, dia merasa Messi memang pantas mendapatkannya.

"Messi pecahkan rekor saya tapi itu tidak membuat saya sakit hati karena saya menikmatinya untuk beberapa lama," kata Batistuta seperti dikutip clarin.

"Leo pantas mendapatkan ini. Kalau ada satu pemain yang harus melewati rekor saya, itu pasti dia."

Argentina akan menghadapi Prancis pada final Piala Dunia 2022 yang akan disiarkan SCTV, Indosiar, Moji, NEX Parabola dan Vidio pada Minggu (18/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini digelar di stadion Lusail Iconic.


Bukan Alien

Lionel Messi Kembali Berlatih Jelang Final Piala Dunia 2022
Penyerang Argentina, Lionel Messi melakukan pemanasan saat sesi latihan di Doha, Qatar, Sabtu, 17 Desember 2022. Messi akan mencoba membawa negaranya meraih gelar Piala Dunia ketiga setelah 1978 dan 1986. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Batistuta mengatakan Messi bukan seorang makhluk planet yang muncul di sepak bola. Dia mengatakan, Messi tetap seorang manusia biasa.

"Messi bukan alien, dia seorang manusia biasa yang main sepak bola lebih baik dibandingkan yang lain. Saat pemain seperti ini melewati torehan Anda, Anda tak bisa kecewa, dia hanya membuat Anda senang," kata Batistuta.

Batistuta senang Messi melewati harapannya di Piala Dunia 2022. Dia berharap Messi bisa lebih tenang.

"Saya berharap dia bisa lebih tenang, tapi dia main seperti pemain 20 tahun," kata Batigol, julukan Batistuta saat masih jadi pemain.

"Dan itu karena dia lapar, dia di sini untuk memenangkan Piala Dunia. Itu yang dibutuhkan sepak bola, itu yang Leo sebar ke seluruh tim."

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya