Tak Disangka, 5 Pemain Top yang Gagal Mengeksekusi Penalti di Piala Dunia 2022

Sederet pemain top yang gagal melakukan tendangan penalti pada Piala Dunia 2022 Qatar.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Des 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi sepak bola
Ilustrasi Sepak Bola. (Photo by Emilio Garcia on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 meninggalkan banyak kenangan. Sangat banyak momen-momen penting yang telah disaksikan mata dunia beberapa pekan terakhir. Tak terkecuali, momen tendangan penalti.

Apa itu tendangan penalti? Tendangan penalti adalah metode menendang bola dari titik yang berjarak 11 meter dari gawang. Kesempatan ini biasa diberikan bila terjadi pelanggaran dari tim lawan. Tak hanya itu, apabila pertandingan berakhir seri, metode ini dapat digunakan untuk menentukan pemenang. 

Beberapa pemain top dunia tidak disangka-sangka akan gagal mengeksekusi tendangan penalti. Besarnya tekanan membuat mereka melewatkan penalti yang bisa mengubah jalannya pertandingan.

Lantas, ada pemain-pemain mana saja yang kurang beruntung mengeksekusi tendangan penalti di Piala Dunia? Apakah jagoanmu salah satunya? Yuk, intip sederet pemain top yang gagal melakukan tendangan penalti pada Piala Dunia 2022 Qatar berikut ini!

1. Harry Kane

Penalti Harry Kane menjadi momen paling menentukan bagi Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 2022 lalu. Di menit ke 82, Inggris mendapat satu kesempatan besar untuk menyamakan kedudukan melawan Prancis.

Kane mengambil keberanian untuk menjadi algojo. Namun, usaha Kane gagal. Inggris tidak dapat menyamakan kedudukan dan tersingkir dari kompetisi.  


2. Andre Ayew

Andre Ayew
Andre Ayew (AFP/Justin Tallis)

Tendangan pinalti Ghana diambil oleh Andre Ayew. Namun, Ayew gagal untuk memakai kesempatan ini pada laga fase grup melawan Uruguay.

Akibatnya Ghana menyerah 0-2. Jika Ayew mampu mengeksekusi penaltinya, mungkin skor akhir bakal berubah.

 

3. Robert Lewandowski

Foto: 7 Striker dengan Catatan Hattrick Terbanyak di Laga Internasional, Cristiano Ronaldo Patahkan Rekor Sven Rydell
Robert Lewandowski. Striker Timnas Polandia berusia 33 tahun ini telah membuat 6 hattrick dari total 72 gol dalam 127 laga internasional. Hattrick pertamanya dibuat saat ia mencetak 4 gol ke gawang Gibraltar pada kualifikasi Piala Eropa, 7 September 2014 yang berkesudahan 7-0. (AFP/Pool/David Ramos)

Robert Lewandowski dinobatkan sebagai salah satu penendang penalti terbaik dalam dunia sepak bola. Namun, tampaknya keberuntungan sedang tak berpihak padanya di babak grup.

Eksekusi gagalnya membuat Polandia cuma bermain imbang kontra Meksiko. 


4. Marquinhos

Foto: Lagi, Aksi Brilian Kiper Kroasia Dominik Livakovic Bikin Brasil Tersingkir di Perempatfinal Piala Dunia 2022
Sepakan Rodrygo gagal berbuah gol usai ditepis Dominik Livakovic, sementara tendangan Marquinhos hanya membentur tiang gawang. (AP/Andre Penner)

Bek Paris Saint-Germain, Marquinhos kurang beruntung dalam adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2022. Dirinya maju untuk mengeksekusi penalti keempat melawan Kroasia. Namun, sayang Marquinhos gagal untuk menunaikan tugas. Brasil pun urung mewujudkan mimpi merebut gelar keenam sepanjang sejarah.

 

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya