Sambut Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia Gelar Turnamen Mini

Timnas Indonesia akan mengikuti turnamen mini internasional di Jakarta sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023. Garuda Muda bakal menjajal peserta Piala Dunia U-20 2023.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 08 Feb 2023, 23:00 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2023, 23:00 WIB
Latihan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat melakukan latihan terbuka untuk Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (08/02/2023). Ajang ini akan berlangsung pada 1 Maret 2023 mendatang. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan mengikuti turnamen mini internasional di Jakarta sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023. Garuda Muda bakal menjajal peserta Piala Dunia U-20 2023.

Pelatih timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, anak asuhnya bakal menghadapi Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika.

"Sejak tiga bulan lalu saya sudah meminta agar diadakan turnamen mini di Jakarta dan Menpora menyetujuinya. Kompetisi ini berlangsung 17, 19, dan 22 Februari," kata Shin Tae-yong.

 

Timnas U-20 sedang menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 1-28 Februari 2023. Mereka bersiap mengikuti Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan bulan depan. Ajang tersebut juga berfungsi sebagai kualifikasi Piala Dunia U20 2023 yang berlangsung di Indonesia. 

Para pemain langsung digeber agenda super padat sepanjang periode tersebut. Shin Tae-yong menjelaskan, pihaknya memberi porsi latihan dua kali sehari bagi penggawa Timnas Indonesia U-20.

Frekuensi lebih banyak bahkan diterima oleh mereka yang tak mendapat menit bermain di liga. Eks pelatih Taeguk Warriors mengeklaim jumlah latihan bagi penggawa-penggawa itu digandakan menjadi empat kali sehari.

“Semua pemain latihan dua kali sehari. Akan tetapi, bagi pemain yang tidak dapat main di liga, latihan (dilakukan) empat kali sehari,” ujar Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, latihan intensitas tinggi masih akan dilakukan hingga akhir pekan. Setelahnya, pelatih baru akan memberi agenda latihan berbeda yang sifatnya lebih taktikal.

“(Latihan dengan) intensitas sangat tinggi, (masih) sampai minggu ini. Minggu depan akan latihan taktikal dan organisasi,” katanya lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Latihan Siang

Latihan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat melakukan latihan terbuka untuk Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (08/02/2023). Ajang ini akan berlangsung pada 1 Maret 2023 mendatang. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sekadar informasi, latihan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-20 pada Rabu (8/2/2023) berlangsung cukup unik. Ia memilih menurunkan anak-anak asuhnya di tengah terik matahari siang.

Usut punya usut, juru taktik asal negeri tirai bambu memiliki alasan khusus di balik keputusan tersebut. Ia ingin membuat Hugo Samir dan kawan-kawan sanggup beradaptasi dengan segala cuaca yang dihadapi.

“(Latihan) sesuai jadwal kami, pagi dan sore juga latihan, panas harus dilawan. Dari kami, tidak memikirkan (hal itu). Pemain harus bisa beradaptasi dengan cuaca yang ada,” tutur Shin Tae-yong kepada awak media.


Belum Lengkap

Latihan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menjewer pemainnya, Barnabas Sobor saat melakukan latihan terbuka untuk Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (08/02/2023). Ajang ini akan berlangsung pada 1 Maret 2023 mendatang. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Meski TC sudah berjalan sejak awal Februari, komposisi pemain Timnas Indonesia U-20 hingga kini masih belum komplet. Sejumlah klub tak kunjung melepas anak-anak asuhnya untuk menguikuti pemusatan latihan bersama Shin Tae-yong.

Tercatat sebanyak empat penggawa Persija Jakarta, yakni Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ferarri, Cahya Supriadi, dan Alfriyanto Nico belum bergabung bersama rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-20.

Tiga pemain Persib Bandung: Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah juga bernasib serupa. Sementara itu, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh hingga kini masih di Eropa.


Pesan Ketum PSSI

Latihan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) bercengkrama dengan pelatih Shin Tae-yong saat latihan terbuka Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (08/02/2023). Ini merupakan kunjungan terakhir bagi pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut sebelum lengser dari jabatannya pada 16 Februari 2023 melalui Konferensi Luar Biasa (KLB) PSSI. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Menanggapi situasi tersebut, Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengimbau klub Tanah Air yang belum melepas pemainnya untuk segera mengirimkan mereka ke TC. Pasalnya, kehadiran mereka diperlukan demi melengkapi persiapan timnas menuju kompetisi.

“Saya memohon dengan hormat agar pemain-pemain yang masuk dalam list timnas untuk segera dikirim ke tempat latihan mereka karena memang dibutuhkan untuk melengkapi tim tersebut,” ujarnya kepada Liputan6.com saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

“Memang salah satu komitmen bergulirnya kompetisi (Liga 1) adalah untuk kepentingan timnas. Jadi itu perlu dicatat, ya, oleh teman-teman,” tutur Iwan Bule.

“Saya tahu klub memerlukan, tetapi sekali lagi (itu adalah) komitmennya pada saat kompetisi bergulir dengan Pak Menpora (dalam) rapat koordinasi,” katanya lagi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya