Utak-Atik Peluang Juara La Liga: Barcelona Selangkah Lagi Mengunci Gelar Liga ke-27

Tidak seketat Liga Inggris, perburuan gelar di La Liga cukup mudah untuk diprediksi dengan Barcelona hampir pasti ditetapkan sebagai juara.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 03 Mei 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2023, 18:00 WIB
Hasil Liga Spanyol: Barcelona Pesta Gol ke Gawang Real Betis di Camp Nou
Pemain Barcelona Andreas Christensen (tengah kanan) merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Real Betis pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (29/4/2023). (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran La Liga musim 2022/2023 sedikit lagi akan tiba di pengujung kompetisi. Berbeda dengan Liga Inggris, perburuan gelar di liga asal Spanyol ini tidak begitu ketat dengan Barcelona hanya terpaut satu kemenangan sebelum dipastikan mengunci gelar liga ke-27 mereka.

Sementara ini, Barca masih nyaman berada di puncak klasemen La Liga dengan perolehan 82 poin, berjarak 14 poin dari rival abadi mereka Real Madrid yang harus puas duduk di urutan kedua dengan 68 poin dan 16 poin dari Atletico Madrid yang mengoleksi 66 poin di posisi ketiga.

Berdasarkan data yang diperoleh dari FiveThirtyEight, skuad besutan Xavi Hernandez itu hampir dipastikan keluar sebagai juara La Liga dengan persentase sebesar >99 persen. Sementara Real Madrid dan Atletico Madrid hanya memiliki peluang <1 persen untuk dapat menyabotase perburuan gelar Blaugrana.

Bukan tanpa alasan, baik Barcelona dan Real Madrid sama-sama menyisakan lima pertandingan untuk dimainkan, yang artinya kedua raksasa Spanyol tersebut dapat meraih 15 poin jika mereka berhasil memenangkan semua sisa pertandingan. Namun, selisih poin kedua tim sangat jauh dengan skuad besutan Carlo Ancelotti hanya mampu meraih poin maksimal sebesar 83.

Sementara Barcelona saat ini sudah memegang 82 poin di tangan yang artinya mereka hanya memerlukan satu kemenangan lagi untuk dapat dipastikan meraih gelar juara La Liga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Layak Juara

Hasil Liga Spanyol: Barcelona Pesta Gol ke Gawang Real Betis di Camp Nou
Pada pertandingan lawan Real Betis, Barcelona juga tertolong oleh kartu merah yang didapatkan Edgar Gonzalez di menit ke-32. Padahal Gonzalez baru masuk di menit ke-24 untuk gantikan Luis Felipe. (AP Photo/Joan Monfort)

Meski Barcelona sangat lembek di kompetisi Eropa musim ini, di mana mereka harus terdepak dari Liga Champions setelah hanya mampu finis di urutan ketiga fase grup, kemudian harus angkat koper juga dari Liga Europa setelah dibungkam oleh Manchester United di babak play off, harus diakui performa mereka di La Liga jauh lebih mengerikan.

Hingga saat ini, Barca tercatat sebagai tim dengan pertahanan paling solid di La Liga dengan mereka hanya kebobolan 11 gol, terpaut 14 gol dari Atletico Madrid yang merupakan tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit kedua. Tak hanya itu, mereka juga tim dengan jumlah selisih gol paling besar dengan 49 gol.

Statistik tersebut membuktikan jika Barcelona sangat baik dalam menyerang dan bertahan di liga musim ini. Meski bukan tim dengan jumlah gol paling banyak (60), bomber mereka Robert Lewandowski sementara ini memuncaki top skor La Liga dengan koleksi 19 golnya. Kiper mereka, Marc-Andre ter Stegen juga tempati urutan pertama dalam urusan clean sheets dengan 25 kali nirbobol.


Sisa Pertandingan

Hasil Liga Spanyol: Barcelona Pesta Gol ke Gawang Real Betis di Camp Nou
Barca unggul lewat Andreas Christensen (menit 14), Robert Lewandowski (36), Raphinha (39) dan gol bunuh diri Gonzalo Rodriguez. (AP Photo/Joan Monfort)

Xavi dan para pemainnya saat ini memiliki sisa lima pertandingan untuk dimainkan. Paling dekat mereka akan dijadwalkan menjamu Espanyol pada Senin (15/5/2023), sebelum akan menghadapi Real Sociedad (kandang), Real Valladolid (tandang), Mallorca (kandang) dan Celta Vigo (tandang).

Sementara itu di urutan kedua ada Real Madrid yang akan dipertemukan dengan Getafe pada Minggu (14/5/2023) di Santiago Bernabeu. Kemudian mereka dijadwalkan akan menghadapi Valencia (tandang), Rayo Vallecano (kandang), Sevilla (tandang) dan Athletic Club (kandang).


Pertandingan Penentu

Foto: Terimakasih Real Madrid, Sebentar Lagi Barcelona Mau Juara Liga Spanyol
Real Madrid harus menelan pil pahit setelah takluk dari Real Socieadad dengan dua gol tanpa balas. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Dengan Barcelona yang sudah hampir dipastikan akan menjadi juara La Liga, maka pertandingan Espanyol vs Barcelona dinilai merupakan pertandingan yang paling menentukan kemana piala domestik paling prestisius di Spanyol ini akan berlabuh. Jika Barca berhasil memenangkan laga tersebut, maka mereka sudah bisa ditetapkan sebagai juara liga.

Kecuali jika Barca tiba-tiba tidak mampu meraih kemenangan di semua sisa pertandingan, Real Madrid dan Atletico Madrid tidak memiliki kesempatan untuk dapat finis di atas mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya