Kejutan! PSSI Bakal Gelar Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan Jelang Piala Dunia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 bakal melakoni laga uji coba penting jelang tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. PSSI berencana mengundang Timnas Korea Selatan U-17 guna mengasah kemampuan Garuda Asia sebelum menjamu negara-negara lain di kompetisi sepak bola bergengsi FIFA.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 20 Jul 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2023, 22:00 WIB
Erick Thohir, Zainudin Amali dan Ratu Tisha
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah) mengungkap pihaknya bakal mengundang Timnas Korea Selatan U-17 untuk melakoni laga uji coba melawan Timnas Indonesia U-17 sebagai persiapan jelang tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 bakal melakoni laga uji coba penting jelang tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. PSSI berencana mengundang Timnas Korea Selatan U-17 guna mengasah kemampuan Garuda Asia sebelum menjamu negara-negara lain di kompetisi sepak bola bergengsi FIFA.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 memang bak ketiban durian runtuh usai dipastikan mendapat tiket untuk berlaga di ajang Piala Dunia U-17 2023 pada akhir tahun ini.

Pasukan Merah Putih lolos lewat jalur tuan rumah lantaran Tanah Air dipercaya menggantikan Peru yang dinilai tidak siap dari segi infrakstruktur untuk menghelat kompetisi FIFA U-17 World Cup 2023.

Bima Sakti selaku Pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 pun langsung menggenjot persiapan dengan menggelar seleksi serta pemusatan latihan sejak awal bulan ini.

Sebanyak 34 pemain diundang mengikuti TC tahap pertama, dengan enam di antaranya merupakan penggawa diaspora. Adapun Bima Sakti bersama jajarannya setelah ini masih akan mendatangkan pemain-pemain lain yang dianggap potensial memperkuat Garuda Asia.

Pelatih yang pernah mengantar Timnas Indonesia U-16 keluar juara Piala AFF U-16 2022 itu memang menerapkan sistem promosi dan degradasi dalam pemusatan latihan, sehingga memungkinkan adanya pencoretan serta pemanggilan penggawa baru ke skuad.

Adapun sebagai tindak lanjut dari TC, PSSI juga berencana menggelar laga uji coba bagi Timnas Indonesia U-17 pada Agustus mendatang. Korea Selatan yang memiliki reputasi cukup apik di kancah sepak bola Asia pun diagendakan menjadi lawan tim Merah Putih di pertandingan tersebut.


Timnas Korea Selatan U-17 Sudah Setuju

Latihan Timnas Indonesia U-17
Para pemain Timnas Indonesia U-17 tampak ceria saat sesi latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Sebanyak 34 pemain mengikuti seleksi skuad Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengeklaim rencana mendatangkan Timnas Korea Selatan U-17 di laga uji coba kontra Indonesia sudah mendapat persetujan dari lawan yang bersangkutan.

Adapun PSSI bersama Korea Selatan saat ini masih mendiskusikan tanggal pasti untuk menggelar pertandingan tersebut. Yang jelas, kedua negara dijadwalkan bersua pada rentang 20-30 Agustus mendatang.

"Insyaallah kita akan coba pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia U-17 melawan Timnas U-17 Korea Selatan di bulan Agustus," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

"Ini masih antara (tanggal) 20-30 Agustus. Mungkin beberapa hari ke depan (dipastikan), tapi slot 10 hari ini dari Korea Selatan sudah oke, tinggal tanggal (spesifiknya)."

"Karena kembali, kita ada pertandingan liga. Kalau bertabrakan dengan pertandingan liga kan tentu lapangan juga terbatas, nah ini yang lagi kita atur. Termasuk Korea Selatan juga ingin menghitung persiapan mereka," tambah dia.


Timnas Indonesia U-17 Gelar TC di Jerman

Latihan Timnas Indonesia U-17
Para pemain Timnas Indonesia U-17 saat sesi latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Sebanyak 34 pemain mengikuti seleksi skuad Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Adapun setelah melakoni laga uji coba melawan Korea Selatan U-17, Timnas Indonesia U-17 bakal diboyong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jerman selama satu bulan.

Anak-anak asuh Bima Sakti bakal bertolak ke benua biru pada September hingga Oktober 2023. PSSI pun berencana menggelar mini turnamen dengan tim-tim Jerman guna memantapkan persiapan Garuda Asia selama periode tersebut.

"Kemarin sudah hadir PSSI dari Jerman. Mereka mendukung penuh pelatihan (Timnas Indonesia U-17) di Jerman pada September-Oktober," tutur Erick Thohir kepada awak media.

"Dan sudah ada biayanya, kita sudah sanggupi. Tetapi kita juga meminta kalau bisa ada turnamen antara kita dengan tim-tim yang available, salah satunya tim Jerman," pungkas sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya