Barcelona Super Ngirit di Bursa Transfer, Malah Bisa Cuan Rp 1,6 Triliun

Barcelona tercatat hanya mengeluarkan uang sebesar 3,4 juta euro untuk pembelian Oriol Romeu dari Girona. Di sisi lain, Barca berhasil dapatkan pendapatan sebesar 105 juta euro dari penjualan pemain.

oleh Defri Saefullah diperbarui 08 Sep 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2023, 17:30 WIB
Barcelona, Robert Lewandowski
Robert Lewandowski rayakan golnya usai sukses eksekusi penalti ke gawang Osasuna di jornada empat Liga Spanyol di stadion Pambplona. Barcelona menang 2-1 di laga ini (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona sudah merampungkan transfer mereka di musim panas dengan sempurna. Sesuai arahan La Liga Spanyol, Barca bisa melakukan pengiritan dalam belanja pemain.

Operasi transfer di musim panas ini memang cukup unik. Seperti dilansir transfermarkt, Barcelona tercatat hanya mengeluarkan uang transfer sebesar 3,4 juta euro atau Rp 65,2 Miliar di bursa transfer musim panas lalu.

Uang transfer itu dibelanjakan saat memboyong Oriol Romeu dari Girona. Itu menjadi satu-satunya uang transfer yang dibelanjakan Barca di musim panas ini

Sedangkan pemain baru Barca musim ini, semuanya diboyong dengan gratis. Ada Ilkay Gundogan, Inigo Martinez, Joao Cancelo, Joao Felix, Julian Araujo semuanya gratis.

Hebatnya, Barcelona kini memetik keuntungan sekitar 105,4 juta euro dari penjualan pemain. Penjualan terbesar dihasilkan dari Ousmane Dembele yang dilego 50 juta euro ke PSG.

Ada juga Antoine Griezmann (20 juta euro), Frank Kessie (Al Ahli/12,5 juta euro), Nico Gonzalez (FC Porto/ 8,4 juta euro), Abde Ezzalzouli (Real Betis/7,5 juta euro), Trincao (Sporting CP/7,5 juta euro).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Barca Alami Peningkatan Pendapatan Dibandingkan Musim Sebelumnya

Barcelona
Barcelona bakal segera memulai musim di La Liga. Xavi Hernandez selaku pelatih kepala Barcelona tampak berbicara dengan Robert Lewandowski di sesi latihan (AFP)

 

Dengan demikian, Barca bisa cuan di bursa transfer musim ini sebesar 102 juta euro atau Rp 1,6 triliun. Berbeda dibandingkan musim lalu dimana Barcelona minus 118,5 juta euro dari pembelian dan penjualan.

Pada musim 2021/2022, masih berdasarkan data transfermarkt, Barca hanya menuai cuan 1,26 juta euro saja. Ini hanya dari total penjualan 70,76 juta euro, sedangkan pengeluaran 69,50 juta euro.

Pada musim 2020/2021, Barca juga berhasil meraih cuan di bursa transfer sebesar 42,46 juta euro. Ini hasil dari penjualan pemain 154,40 juta euro (salah satunya penjualan Arthur Melo ke Juventus) dan pengeluaran sebesar 111,94 juta euro.

 


Pembelian Efektif dan Berguna untuk Barcelona

Barcelona, Robert Lewandowski
Robert Lewandowski rayakan golnya usai sukses eksekusi penalti ke gawang Osasuna di jornada empat Liga Spanyol di stadion Pambplona. Barcelona menang 2-1 di laga ini (AFP)

 

Barcelona tak cuma cuan, tapi pembelian pemain musim ini juga berguna. Seperti hadirnya Ilkay Gundogan, eks gelandang Manchester city yang gabung Barca usai raih treble dengan mantan klubnya.

Begitu juga dengan Joao Cancelo, full back yang dibutuhkan Xavi Hernandez di Barca. Dibuang Pep Guardiola, Cancelo yang juga tidak sukses di Munchen seperti menemukan klub idaman di Barcelona.

"Cancelo harus aktif menyerang dari lini tengah, itu yang saya bilang kepada dia sebelum main. Dia membuat kami superioritas dalam jumlah pemain di lini tengah," kata Xavi.

 


Xavi Rombak Skuad Barcelona Habis-Habisan

Barcelona Vs Villarreal
Mereka adalah Gavi (12’), Frenkie de Jong (15’), Ferran Torres (68’), dan Robert Lewandowski (71’). (AP Photo/Alberto Saiz)

 

Selama dua tahun kepemimpinannya di Barcelona, Xavi sudah merombak habis skuad Barcelona. Hanya ada 8 pemain lama yang bisa bertahan dengan Xavi.

Mereka adalah Marc Andre Ter Stegen, Inaki Pena, Sergi Roberto, Frenkie de Jong, Ronald Araujo, Alejandro Balde, Gavi dan Pedri. Seperti Pep Guardiola pada 2008 lalu, Xavi sukses singkirkan pemain bintang yang tak dibutuhkan.

Memphis Depay, Philippe Coutinho, Miralem Pjanic, Ousmane Dembele, semuanya sudah pergi. Ada juga pemain yang cuma mampir sebentar di Barca pada era Xavi seperti Aubameyang, hector Bellerin, Frank Kessie, Adama Traore dan Luuk de Jong.

 

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat Barcelona di Liga Spanyol

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya