Gelar Balapan Pertama Kali, Penyelenggara MotoGP India 2023 Komentari Masalah Visa yang Kacau

Penyelenggara MotoGP India, Fairstreet Sport menilai masalah visa ini akan diselesaikan dalam waktu yang cepat dan tepat waktu.

oleh Defri Saefullah diperbarui 21 Sep 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 20:00 WIB
MotoGP India
Para pembalap mengikuti acara jelang balapan MotoGP India di Sirkuit Internasional Buddh hari Kamis (21/09/2023). (Money SHARMA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta MotoGP India 2023 menjadi sorotan dunia usai berita Marc Marquez menunda keberangkatan karena visa belum keluar. Penyelenggara MotoGP India, Fairstreet Sport pun kocar kacir dengan kondisi ini.

Meski begitu, Fairstreet Sport memastikan visa seluruh kru dan peserta MotoGP India 2023 bakal selesai tepat waktu. Soalnya mereka semua sudah bekerja keras tanpa mengenal lelah untuk mengurus masalah ini.

Kabarnya, penyelenggara MotoGP India sudah mengeluarkan 500 visa. Meski banyak juga pemohon visa yang merupakan peserta MotoGP belum melengkapi surat-surat yang dibutuhkan.

Marc Marquez kini sudah berangkat ke India dan bersiap untuk memulai perjuangan di MotoGP India yang digelar di sirkuit Buddh International. MotoGP India akan dimulai pada Jumat, 22 September 2023 sampai Minggu, 24 September 2023.

Penyelenggara MotoGP India mendapatkan bantuan dari pemerintahan Uttar Pradesh. Mereka yakin visa untuk seluruh tim dan kru di paddock MotoGP India bakal selesai.

"Kami sudah diberitahu soal masalah visa yang tertunda. Kami harus nyatakan kalau kami sudah bekerja keras agar masalah ini bisa ditangani dengan cara terbaik," bunyi pernyataan Fairstreet Sport.

Penyelenggara MotoGP India Minta Peserta Bersabar

Penyelenggara MotoGP India juga berharap para pemohon visa agar bersabar dalam mendapatkan izin masuk ke India. Dia meyakinkan tim mereka sudah bekerja keras untuk ini.

"Hampir 500 visa dikeluarkan dan sebagian lagi akan diselesaikan dalam waktu dekat. Tim kami sangat komit untuk memastikan pembalap, tim, tim teknis sudah bisa mendapatkan visa," bunyi pernyataan Fairstreet sport.

"Masalah ini tak diduga sama sekali. Kami paham pentingnya masalah ini bisa diselesaikan dengan mulus, kami berharap semua pihak sabar dan bekerja sama."

 


Sirkuit Buddh International Diragukan Aman

MotoGP India
Tarian lokal mewarnai gelarang MotoGP India di Sirkuit Internasional Buddh, India hari Kamis (21/09/2023). (Money SHARMA / AFP)

 

Kekacauan masalah visa tak hanya menjadi masalah yang disorot jelang MotoGP India berlangsung. Banyak pembalap juga yang mengkhawatirkan keamanan membalap di sirkuit Buddh.

Kekhawatiran ini salah satunya disuarakan Aleix Espargaro. Apalagi sirkuit ini belum dihomologasi oleh FIM, padahal balapan sudah dekat.

Sirkuit ini menjadi sorotan karena area run off dan aspal harus diaspal ulang. Selain itu, dinding pembatas hanya berjarak 3 meter dari aspal.

"Di India, semua pembalap akan berjalan di trek sebelum kami naik motor agar mengerti bagaimana situasinya," kata Aleix.

 


Pembalap MotoGP Lebih Kompak

Aleix Espargaro
Pembalap Aprilia Aleix Espargaro pada hari pertama tes pramusim MotoGP Qatar, Sabtu (07/03/2021). (Twitter/MotoGP)

 

Aleix mengatakan pembalap MotoGP saat ini lebih kompak dalam menyuarakan keselamatan di sirkuit. Ini bisa dilihat dari kekompakan pembalap soal faktor keselamatan di sirikuit.

"Sekarang ini ada satu hal yang penting diantara kami, yaitu kebersamaan," kata Aleix.

"Saya tak tahu kenapa, tapi sekarang kami sering duduk bareng dan bicara. Kami lebih sering satu pikiran dari yang sebelumnya."


Masalah Visa Selesai, Marquez Tak Sabar Jajal Sirkuit

Marc Marquez, MotoGP San Marino
Marc Marquez manfaatkan kecepatan pembalap penguji yang juga mantan rekannya di Repsol Honda Dani Pedrosa saat mengikuti sesi latihan resmi MotoGP San Marino (AFP)

Balapan akan berlangsung di Buddh International Circuit pada Minggu (24/9/2023). Sementara latihan bebas pertama sudah akan berlangsung Jumat pagi (22/9/2023). Selain kendala visa, safety para pembalap juga jadi perhatian pada MotoGP India.

Marquez sendiri sebenarnya sangat antusias menyambut balapan ini. Dia tidak sabar ingin menjajal sirkuit baru dan menyapa fansnya.

“Saya sangat antusias bertemu semua fans di India. Selalu jadi momen bagus ketika membawa MotoGP ke negara baru dan berbagi passion kami ke orang-orang dan fans baru.”


Jadwal MotoGP India di Sirkuit Buddh International

ilustrasi motogp
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Jumat, 22 September 2023

13.15-14.25 WIB: Latihan Bebas 1

17.30-19.00 WIB: Latihan Resmi

Sabtu, 23 September 2023

12.10-12.40 WIB: Latihan Bebas 2

12.50-13.05 WIB: Kualifikasi 1

13.15-13.30 WIB: Kualifikasi 2

17.00 WIB: Sprint Race

Minggu, 24 September 2023

12.40-12.50 WIB: Pemanasan

17.00 WIB: Balapan

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya