Dukungan Pemerintah Jadi Salah Satu Kunci Kontingen Indonesia Sukses di Asian Para Games 2022

Kontingen Indonesia sukses finis di peringkat keenam dengan mengoleksi 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu.

oleh Fachri pada 30 Okt 2023, 09:50 WIB
Diperbarui 30 Okt 2023, 09:47 WIB
Kemenpora.
CdM tim Merah, Putih Angela Tanoesoedibjo (kiri), Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Committee, Senny Marbun (tengah), dan Menpora Dito Ariotedjo (kanan). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Sejarah baru dicetak oleh kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022. Pasalnya selama gelaran tersebut berlangsung, kontingen Indonesia sukses finis di peringkat keenam dengan mengoleksi 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu.

Raihan apik ini pun melampaui target yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni 19 medali emas dan finis di posisi 10 besar. Selain itu, raihan ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara ASEAN yang finis terbaik di Asian Para Games 2023.

Atas pencapaian tersebut, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Committee, Senny Marbun dan Chef de Mission (CdM) Tim Merah, Putih Angela Tanoesoedibjo menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo terhadap dukungan penuh yang diberikan.

“Izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah mendukung Kontingen Indonesia hingga bisa mengukir prestasi yang sangat membanggakan ini,” ujar Angela.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo yang telah memberikan masukan, semangat, serta motivasi kepada seluruh atlet NPC Indonesia. Angela menyebut, atas hal tersebut mereka mampu menembus batas dan sukses diajang pesta olahraga disabilitas tingkat Asia itu.

“Tentu juga arahan dan masukan dari mas Menpora Dito, sehingga kami bisa semangat. Apalagi dengan dukungannya langsung saat bertanding. Jelas ini suntikan semangat bagi para atlet,” ungkap Angela.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Betul-Betul Memperhatikan

FOTO Para-Atletik NPC Indonesia
Tim para-atletik Indonesia yang berlaga di Asian Para Games 2022 Hangzhou. (Dok NPC Indonesia)

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun menyebut bahwa pemerintah betul-betul memperhatikan atlet disabilitas, baik dalam hal kesetaraan dan lainnya.

 

“Seluruh atlet telah memberikan kemampuan terbaiknya sehingga melampaui target dan sukses diperingkat enam. Hanya selisih sedikit satu perak dengan India,” sebutnya.

Senny mengungkapkan bahwa prestasi membanggakan ini tak lepas dari dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo serta Menpora Dito Ariotedjo. Baginya, pemerintah berkomitmen penuh terhadap perkembangan dan prestasi dari para atlet disablitas.

“Presiden akan memasuki masa purna. Ini lah yang bisa kami lakukan dan kami peroleh, dukungan bapak Presiden kepada NPC Indonesia tak pernah berhenti,” ungkapnya.

“Tentu prestasi ini diraih tidak gampang, presiden memberikan kesetaraan terhadap seluruh atlet berprestasi. Kami akan selalu bersemangat untuk mengharumkan nama Indonesia dipanggung internasional,” jelas Senny.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya