Masuk Daftar Top Skor Piala Dunia U-17 2023, Striker AS Nimfasha Berchimas Pilih Fokus pada Kemenangan Tim

Nimfasha Berchimas selalu mencetak gol dalam dua pertandingan Amerika Serikat di Piala Dunia U-17 2023.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 17 Nov 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023, 11:00 WIB
Strieker Amerika Serikat, Nimfasha Berchimas
Strieker Amerika Serikat, Nimfasha Berchimas masuk daftar top skor sementara Piala Dunia U-17 2023. (dok.LOC WCU17/NFL)

Liputan6.com, Jakarta Nama Nimfasha Berchimas menghiasi posisi pertama daftar pencetak gol terbanyak sementara di Piala Dunia U-17 2023. Selama babak penyisihan, striker timnas Amerika Serikat itu telah mencetak 3 gol.

Ketajaman Berchimas pertama kali terlihat saat mencetak dua gol pada pertandingan AS vs Korea Selatan di laga pertama penyisihan grup E. Dalam duel ini, Negeri Paman Sam berhasil menang 3-1.

Nimfasha Berchimas kembali menunjukkan performa terbaik saat membawa timnya menang 2-1 atas Burkina Faso U-17 di laga kedua penyisihan Grup E Piala Dunia U-17 2023. Kemenangan di Jakarta International Stadium, Rabu (15/11/23) itu sekaligus mengantarkan AS lolos ke 16 besar. 

Dalam duel ini, Berchimas mencetak satu gol di injury time (45+6') untuk mengunci satu tempat AS di babak 16 besar. Sedangkan satu gol lainnya dihasilkan Keyrol Figueroa.

Keberhasilan mencetak gol di setiap pertandingan menjadikan Berchimas termasuk salah satu top skor di gelaran Piala Dunia edisi ke-19 ini. Dengan mengoleksi tiga gol, pemain yang masih berusia 15 ini menjadi masuk ke jajaran top scorer bersama Kaua Elias dan Rayan (Brasil), Mamadou Doumbia (Mali), serta Idrissa Gueye (Senegal).

"Soal top scorer, saya sangat senang bisa mencatatkannya. Tetapi, saya lebih senang jika bisa membawa tim menang, terutama pada laga terakhir melawan Prancis. Karena laga tersebut pasti akan berat," tutur Berchimas dikutip dari keterangan pers Media Center Kominfo, Kamis (16/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Memikirikan untuk Jadi Top Skor Piala Dunia U-17 2023

Timnas Amerika Serikat U-17
Timnas Amerika Serikat yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023. (dok. US Soccer)

Berbicara ambisinya untuk bisa mengambil status top skor di Piala Dunia U-17 kali ini, Berchimas justru mengaku dia bahkan tidak memikirkannya.

Striker Charlotte FC ini justru ingin membantu AS mencetak kemenangan ketiga dan menjadikan AS U-17 finis di posisi puncak klasemen setelah memastikan lolos ke babak berikutnya.

"Soal top scorer, jujur saya bahkan tidak memikirkannya. Tapi yang jelas, saya mencetak gol untuk membantu tim memenangkan pertandingan lagi," kata dia menegaskan.

AS melakoni laga terakhir melawan Prancis di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (18/11/2023). Kedua tim sudah sama-sama lolos ke 16 besar setelah mengantungi enam poin.

Hanya, Prancis unggul selisih gol sehingga menduduki puncak klasemen. Duel pamungkas di antara dua tim itu akan menentukan siapa yang menjadi juara grup.

 


AS Belum Pernah Juara Piala Dunia U-17

AS sesungguhnya memiliki rekor bagus di Piala Dunia U-17. Mereka tak pernah absen di kejuaraan yunior dan hanya sekali gagal ikut pada 2013.

Hanya saja, AS tak pernah menjadi juara. Pencapaian terbaik AS pada gelaran Piala Dunia U-17 1999 di Selandia Baru. Saat itu, AS menduduki peringkat empat.

Ini yang menjadikan AS sangat berambisi membawa pulang gelar juara. Kapten Tyler Hall mengatakan mereka memang 'lapar' setiap tampil di pertandingan dan berhasrat besar meraih kemenangan. Bermain seakan-akan setiap pertandingan adalah laga final.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya