Berjuang di Piala Asia 2023, Bek Timnas Indonesia Pratama Arhan Resmi Gabung Klub Korea Selatan Suwon FC

Bek Timnas Indonesia Pratama Arhan berhasil mendapatkan klub baru yaitu Suwon FC usai meninggalkan Tokyo Verdy. Penampilan bek kiri ini mendapatkan pujian klub barunya.

oleh Defri Saefullah diperbarui 16 Jan 2024, 17:26 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2024, 17:26 WIB
Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja Grup A Piala AFF 2022
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) memberikan bola kepada pemainnya, Pratama Arhan saat laga Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Bek Timnas Indonesia yang juga eks Tokyo Verdy, Pratama Arhan resmi gabung dengan klub Korea Selatan Suwon FC. Klub ini berkompetisi di K League 1 atau kasta tertinggi di kompetisi sepak bola Korea Selatan.

Kepastian transfer ini diungkap oleh akun Korea Football News. Mereka menulis Suwon FC sudah resmi mengontrak bek Timnas Indonesia.

"Resmi! Suwon FC mengkonfirmasi transfer bek timnas Indonesia Pratama Arhan," tulis Korea Football News.

Suwon FC pun sudah meresmikan transfer itu. Akun instagram Suwon FC memastikan dengan bangga merekrut pemain yang sedang main di PIala Asia 2023.

"Arhan, anggota dari timnas Indonesia, sekarang sedang main di Piala Asia sebagai pemain kunci dari timnas Indonesia!" tulis mereka.

"Kami menyambut Arhan, yang akan membela Suwon!" tulis Suwon FC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perpindahan yang Pas untuk Pratama Arhan

Handuk spesial untuk Pratama Arhan di Gelora Bung Karno pada Piala AFF 2022
Ada handuk khsusus yang disediakan untuk Pratama Arhan ketika Timnas Indonesia bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno selama Piala AFF 2022. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Pratama Arhan sudah pergi dari Tokyo Verdy sejak tahun lalu, seiring berakhirnya J League 2. Arhan menghabiskan dua musim di Tokyo Verdy.

Di klub Jepang ini, Arhan jarang main secara reguler. Dia bahkan kerap main di kompetisi high school agar tetap mengasah skillnya dengan Timnas Indonesia.

Arhan akan memulai petualangan baru dengan gabung Suwon FC yang merupakan klub K League 1. Kompetisi di Korea Selatan akan dimulai pada 1 Maret nanti.

 


Lemparan Jauh Pratama Arhan Jadi Sorotan

Indonesia Vs Irak
Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berebut bola dengan pemain Irak Merchas Ghazi Salih pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). Timnas Indonesia memulai petualangan di Piala Asia 2023 dengan mengecewakan setelah kalah 1-3 ketika menghadapi Irak. (AP Photo/Hussein Sayed)

 

Bek Timnas Indonesia Pratama Arhan disorot oleh media Jepang. Hal itu menyusul aksi lemparan ke dalamnya yang menuai perhatian kala skuad Garuda menghadapi Irak dalam laga penyisihan Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Prahara ciptaan Pratama Arhan tersaji di babak pertama melawan Irak. Pesepak bola berusia 22 tahun mengirim lemparan ke dalam jarak jauh yang menjadi bola muntah dan coba dimanfaatkan oleh rekannya Marselino Ferdinan.

Tendangan lambung dilepas oleh penggawa KMSK Deinze guna membahayakan jaring Singa Mesopotamia. Indonesia berpotensi mendapat gol dari skenario tersebut, andai bola tidak membentur mistar gawang.

"Yang menarik perhatian khusus (dalam laga Indonesia vs Irak) adalah kejadian di lima pertama. Mantan bek Tokyo Verdy, Arhan, melempar bola dengan kekuatan penuh dari sisi touchline di depan lapangan," tulis Football Zone dalam pada Selasa (16/1/2024).

"Marselino Ferdinan mencoba mengambil bola liar yang tercipta, tetapi (tendangannya) membentur mistar gawang," sambung laporan yang sama.

Netizen Jepang bahkan ikut terkesan dengan aksi Pratama Arhan saat turun dalam pertandingan pembuka timnya di Piala Asia 2023. Mereka menyebut bola yang dilepas bek Timnas Indonesia 'terbang' dengan baik saat laga.

 


Bisa Jadi Momok untuk Timnas Jepang

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Irak
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan (tengah) menguasai bola di depan striker Timnas Irak, Mohanad Ali pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (Dok. PSSI)

 

Kemampuan Pratama Arhan pun dikhawatirkan bisa menjadi ancaman buat Timnas Jepang yang berada segrup dengan Indonesia di Piala Asia 2023. Hal itu lantaran Samurai Biru sempat kebobolan lewat skenario bola mati saat duel melawan Vietnam beberapa waktu lalu.

"Jepang pernah kebobolan dua gol dari permainan bola mati dalam pertandingan melawan Vietnam," tulis Football Zone.

"Beberapa orang menilai bahwa (lemparan ke dalam Arhan) tampak seperti ancaman, sehingga Timnas Jepang harus berhati-hati," tambah laporan yang sama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya