Ratcliffe Mulai Bergerak, Manchester United Bajak Mantan Bos Manchester City

Manchester United mengumumkan bergabungnya mantan petinggi Manchester City dan Barcelona di Old Trafford.

oleh Thomas diperbarui 21 Jan 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2024, 07:00 WIB
Manchester United - MU - Liga Inggris
Logo Manchester United atau MU di Stadion Old Trafford. (Oli SCARFF / AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Investor baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe mulai bergerak membenahi klub. MU membajak mantan petinggi rival sekota Manchester City, Omar Berrada, untuk ditempatkan menjadi CEO baru.

MU memang sedang mencari CEO baru setelah Richard Arnold mengundurkan diri jelang bergabungnya Ratcliffe ke Old Trafford. Saat ini posisi CEO ditempati oleh Patrick Stewart untuk sementara waktu.

Stewart tidak akan menjadi CEO permanen. Setan Merah akan mencari sosok yang tepat. Awalnya Jean Claude Blanc yang begitu difavoritkan menjadi CEO permanen. Blanc merupakan orang dekat dari Sir Jim Ratcliffe di INEOS Group.

Namun memasuki pertengahan Januari 2024 ini ada sosok baru yang dipilih menjadi CEO MU. Berrada yang menggantikan Arnold. Berrada juga akan duduk di jajaran direksi MU.

Berrada dipilih Ratcliffe menjadi CEO MU karena punya pengalaman segudang yang luar biasa sukses. Berrada sebelumnya bekerja dekat dengan direktur sepak bola Manchester City Txiki Begiristain. Berrada banyak terlibat dalam transfer dan kontrak pemain.

Saat di City, Berrada awalnya bekerja sebagai Direktur Komersial sebelum dipromosikan sebagai chief operating officer pada tahun 2016. Berrada sendiri sudah mengundurkan diri dari City. Sehingga sinyal kepindahannya ke MU semakin menguat.

“Klub Sepak Bola Manchester City dapat mengonfirmasi bahwa Omar Berrada telah mengundurkan diri dari perannya sebagai kepala operasi sepak bola di City Football Group,” bunyi pernyataan klub seperti dikutip The Athletic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Barrada Pernah Bekerja di Barcelona

Logo Ilustrasi MU
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Sebelum di City, Berrada bersama Begiristain bekerja di Barcelona. Berrarda menghabiskan delapan tahun di Nou Camp untuk mengurusi masalah sponsor dan bisnis. Disana Berrada juga sukses besar membesarkan Barca.

Berrada tidak akan langsung bertugas sebagai CEO. MU bakal mengkonfirmasi lebih lanjut kapan Berrada mulai bekerja. Diduga Berrada baru akan resmi bergabung pada musim panas 2024 nanti.

Blanc sendiri masih akan tetap terlibat di MU. Ratcliffe akan memberikan posisi lain setelah CEO diserahkan kepada Berrada.


Ratcliffe Fokus Benahi Manchester United

Ratcliffe memang cuma memiliki 25 persen saham MU, tapi pria Inggris itu diserahkan mandat oleh Keluarga Glazer untuk mengurusi masalah sepak bola. Ratcliffe berusaha membenahi MU yang terpuruk dalam beberapa tahun terakhir.

Saat ini Ratcliffe belum bisa terlibat penuh mengurus MU karena proses pembelian 25 persen saham Setan Merah masih perlu diratifikasi yang mana diperkirakan baru beres di akhir Januari atau awal Februari 2024.


Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya