Bayern Munchen Patah Hati, Pelatih Manchester United Buka Peluang Balik ke Belanda

Bayern Munchen bisa patah hati di akhir musim 2023/2024. Pelatih Manchester United Erik ten Hag, yang baru-baru ini diklaim masuk daftar kandidat juru taktik baru Allianz Arena, justru membuka peluang balik ke klub Belanda Ajax Amsterdam.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 06 Mei 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2024, 07:30 WIB
Pelatih Manchester United Erik ten Haf
Pelatih Manchester United Erik ten Hag kabarnya masuk dalam daftar kandidat juru taktik baru Bayern Munchen jelang kepergian Thomas Tuchel. Namun, alih-alih mempertimbangkan prospek pindah ke Jerman, dia justru diklaim terbuka pada potensi kembali menukangi Ajax Amsterdam jika dipecat oleh MU. (Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Bayern Munchen bisa patah hati di akhir musim 2023/2024. Hal itu lantaran pelatih Manchester United Erik ten Hag, yang baru-baru ini diklaim masuk daftar kandidat juru taktik baru Allianz Arena, justru membuka peluang balik ke Belanda jika dia dipecat oleh Setan Merah pada pengujung kampanye.

Seperti diketahui, kinerja Ten Hag memble memasuki musim keduanya bersama MU. Manajer berkepala plontos itu gagal mempertahankan gelar Carabao Cup yang diraih bersama anak-anak asuhnya di periode 2022/2023.

Manchester United di bawah asuhannya juga tersingkir cepat dari ajang Liga Champions 2023/2024 dan bahkan tak bisa tampil di kompetisi serupa musim depan lantaran sudah terlempar ke urutan 7 klasemen Liga Inggris. 

Situasi itu membuat masa depan Ten Hag menuai tanda tanya. Dia diyakini bakal turun dari kursi panas Old Trafford musim depan, dengan investor baru Sir Jim Ratcliffe disebut-sebut sudah mempertimbangkan kandidat untuk menggantikan posisinya di MU. 

Laporan The Times yang dilansir dari Metro menyiratkan, Bayern Munchen dan Setan Merah bisa saling tukar pelatih pada akhir musim. Hal itu lantaran Thomas Tuchel yang sudah dipastikan segera pergi dari raksasa Bundesliga sukses menarik minat CEO INEOS.

Di sisi lain, FC Hollywood juga punya ketertarikan serupa pada Erik ten Hag. Mereka digadang-gadang mulai melihat prospek merekrut juru taktik MU sebagai pengganti Tuchel yang dicap kurang memuaskan usai gagal membawa Bayern mempertahankan gelar juara Liga Jerman musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Erik ten Hag Tertarik Balik ke Ajax

Foto: Berkat Polesan Erik ten Hag, 5 Pemain Ajax yang Bersinar pada Musim Ini
Kunci dibalik penampilan impresif Ajax Amsterdam adalah pelatih mereka, Erik ten Hag. Pria asal Belanda tersebut mampu memoles talenta-talenta pemainnya agar mampu tampil impresif. Berikut 5 pemain Ajax yang bersinar di bawah asuahn Erik ten Hag pada musim ini. (AFP/ANP/Remko De Waal)

Sayangnya, rencana pertukaran tersebut berpotensi buyar lantaran Erik ten Hag diklaim terbuka pada potensi balik ke klub lamanya Ajax Amsterdam.

Tim Eredivisie memang sedang mengalami penurunan performa sejak ditinggal juru taktik plontos ke Manchester United pada musim panas 2022 silam.

Ajax yang menyandang status juara bertahan cuma bisa finis di urutan 3 pada pengujung kampanye 2022/2023. Catatan mereka bahkan lebih menyedihkan di musim 2023/2024. Mantan klub Ten Hag terlempar ke urutan 5 klasemen sementara Eredivisie dan terpaut 35 poin dari PSV Eindhoven yang jadi juara di kampanye sebelumnya.

CEO Alex Kroes pun berniat mengawasi penunjukan pelatih kepala baru demi mendongkrak skuad musim depan. Erik ten Hag yang tengah di unjuk tanduk bersama MU tak luput dari daftar target utama Ajax.


Komentar Erik ten Hag soal Prospek Balik ke Ajax

Pengganti Solskjaer di Manchester United
Erik Ten Hag - Dia berhasil menyulap Ajax Amsterdam menjadi tim yang agresif. Selain itu Ia juga mampu memaksimalkan bakat muda seperti Frenkie De Jong, Matthijs De Ligt menjadi pemain yang fenomenal. (AFP/Kenzo Tribouillanrd)

Menanggapi keterkaitan dengan mantan klubnya jelang akhir musim, pelatih Manchester United menegaskan belum ada kontak yang dibuat oleh raksasa Belanda terkait kemungkinan kembalinya ke Eredivisie.

Kendati begitu, Ten Hag juga nampak tak menutup peluang untuk pulang ke Ajax Amsterdam apabila dirinya dipecat oleh Setan Merah pada pengujung kampanye 2023/2024. 

"Saya sudah menandatangani kontrak saya dan saya bukanlah orang yang akan pergi begitu saja. Jadi saya berasumsi bahwa saya akan berada di Manchester United musim depan," ucap Ten Hag kepada Viaplay, seperti dilansir dari Metro.

"(Namun soal potensi kembali ke Ajax Amsterdam) mengapa tidak? Saya menjalani periode yang sangat baik di Ajax."

"Saya bisa bekerja di sana dengan cara yang sangat menyenangkan. Mereka adalah klub menarik dengan banyak kemungkinan," sambung juru taktik berusia 54 tahun.


Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya