Somkiat Chantra dan Thailand Cetak Sejarah di MotoGP

Thailand memiliki pembalap MotoGP. Somkiat Chantra mencatat sejarah setelah bergabung dengan LCR Honda untuk kompetisi musim depan. Dia bakal menggantikan Takaaki Nakagami dan menjadi rekan setim Johann Zarco.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 29 Agu 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 20:30 WIB
Somkiat Chantra
Somkiat Chantra naik ke MotoGP pada 2025. (Idemitsu Honda Team Asia)

Liputan6.com, Jakarta - Thailand memiliki pembalap MotoGP. Somkiat Chantra mencatat sejarah setelah bergabung dengan LCR Honda untuk kompetisi musim depan. Dia bakal menggantikan Takaaki Nakagami dan menjadi rekan setim Johann Zarco. Nakagami selanjutnya bakal jadi pembalap pengembang Honda.

"Saya antusias berlabuh di LCR. Naik ke MotoGP selalu jadi impian saya dan akhirnya terwujud. Saya ucapkan terima kasih kepada sponsor dan mereka yang mendukung sejak saya mengawali karier," kata Chantra dilansir Crash.

"Musim depan, saya berkomitmen belajar, memberi kemampuan maksimal, dan menikmati pengalaman baru ini. Tentu bakal sulit, tapi saya akan mencoba yang terbaik," sambung sosok berusia 25 tahun tersebut.

Dengan kabar ini, maka kursi di MotoGP 2025 hanya tersisa dua. Pramac Racing yang akan jadi tim pendamping Yamaha belum menentukan siapa rider.

Rumor menyebut tempat tersebut akan diberikan kepada Miguel Oliveira dan Jack Miller.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Somkiat Chantra Berjaya di Moto2 Indonesia 2022

Somkiat Chantra Kampiun Moto2 GP Mandalika
Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Celestino Vietti saat berlomba di ajang Moto2 GP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Sirkuit, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Chantra mengawali karier melalui Asia Talent Cup dan CEV Moto3 Junior World Championship sebelum menempati peringkat sembilan saat menjadi pembalap wild card pada Moto3 Thailand 2018.

Kinerja tersebut berbuah kursi di Moto2 bersama Idemitsu Honda Team Asia setahun berselang. Dia lalu meraih podium dan kemenangan pertama (Indonesia) pada 2022.

Chantra kembali menempati posisi terdepan pada satu seri di edisi berikutnya, hingga menempati peringkat enam klasemen akhir, rapor terbaiknya sejauh ini.

Tahun ini Chantra menempati peringkat 10 di tabel dengan kinerja terbaik menduduki posisi lima pada balapan.

 


Rookie Ketiga di MotoGP 2025

Somkiat Chantra Kampiun Moto2 GP Mandalika
Pembalap Idemitsu Honda Team Asia, Somkiat Chantra saat berlomba di ajang Moto2 GP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Sirkuit, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). Somkiat Chantra menempati podium utama ajang Moto2 GP Mandalika. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Chantra bukan jadi satu-satunya rookie pada MotoGP 2025. Dia menyusul Ai Ogura (Trackhouse Racing) dan Fermin Aldeguer (Gresini Racing).

Dengan Buriram menjadi seri pembuka tahun depan, Chantra dipastikan mendapat dukungan penuh dari suporter.

MotoGP 2024
Infografis MotoGP 2024. (Liputan6.com/Gotri-Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya