Andres Iniesta Resmi Pensiun di Usia 40 Tahun

Legenda FC Barcelona, Andres Iniesta, secara resmi umumkan dirinya akan pensiun dari dunia sepakbola, Selasa (1/10/2024) waktu setempat. Ia mundur dari sepak bola lantaran usianya sudah memasuki 40 tahun.

oleh Michael Ludovico Palma De Manggut diperbarui 02 Okt 2024, 17:10 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 14:49 WIB
10 Bintang Sepak Bola yang Dicintai oleh Fans Rival
Legenda FC Barcelona, Andres Iniesta. (AFP/Ander Gillenea)

Liputan6.com, Jakarta - Legenda FC Barcelona, Andres Iniesta, secara resmi umumkan dirinya akan pensiun dari dunia sepak bola, Selasa (1/10/2024) waktu setempat. Ia mundur dari sepak bola lantaran usianya sudah memasuki 40 tahun.

Melansir GOAL, gelandang asal Spanyol tersebut berencana untuk pensiun pada Selasa (8/10/2024) nanti. Alasannya adalah tanggal ini sesuai dengan nomor yang ia gunakan sepanjang karir sepakbolanya, yakni 8.

Jelang memasuki masa pensiun, ia tidak bermain untuk klub manapun. Iniesta terakhir bermain sebagai gelandang untuk salah satu tim dari Uni Emirat Arab, yakni Emirates Club. 

Iniesta hanya bermain selama satu musim saja dengan mencatatkan hanya 3 penampilan. Ia tampil dua kali pada Piala Liga UAE sebanyak dua kali dan di Piala Presiden UAE sekali.

Andres Iniesta dikatakan telah memikirkan kariernya setelah pensiun dari sepak bola. Ia dikabarkan sedang mempersiapkan karier kepelatihannya.


Usai Pensiun, Iniesta Berencana Untuk Menjadi Pelatih Sepak Bola

Gol Sang Kapten Iniesta
Andres Iniesta saat masih berseragam FC Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Selain itu, Iniesta kerap dikaitkan dengan klub lamanya, yakni FC Barcelona. Hal ini terjadi lantaran ia pernah menyampaikan ia hendak kembali ke klub asal Catalan tersebut karena ia ingin ke sana.

“Tentu saja aku ingin kembali ke Barca pada satu titik tertentu dalam hidupku. Ini karena aku merasa bahwa aku harus melakukannya,” tutur Iniesta.

Akan tetapi, sampai saat ini dia belum dapat memastikan hal tersebut. Iniesta juga merasa bahwa ia masih akan melihat situasi terlebih dulu sebelum memutuskan kembali ke Blaugrana.

“Aku masih belum tahu kapan (kembali ke Barcelona) atau bagaimana cara aku menyampaikannya. Sekarang, kita lihat situasi terlebih dulu dan nanti kita lihat apa keputusan terbaik bagiku,” kata Iniesta.


Andres Iniesta Telah Dapatkan Sejumlah Trofi Bergengsi Sepanjang Karirnya

Foto: 5 Pemain yang Gagal Meraih Ballon d'Or saat Menjuarai Euro Bersama Timnas, Pertanda Buruk Bagi Wakil Italia?
Andres Iniesta. Meraih gelar Euro 2012 bersama Timnas Spanyol dan menjadi pemain terbaik turnamen tak cukup membawanya merebut Ballon d'Or 2012. Ia hanya menempati posisi ketiga. Gelar jatuh ke tangan Lionel Messi yang tampil tajam dengan 91 gol bersama Barcelona. (AFP/Damien Meyer)

Sepanjang kariernya, Andres Iniesta telah dapatkan berbagai trofi bergengsi sepanjang kariernya. Bersama FC Barcelona, ia sukses mendapatkan 37 trofi.

Dari sekian banyak trofi tersebut, ada 4 trofi liga Champions yang ia dapatkan. Selain itu, ada juga trofi La Liga yang ia sabet sebanyak 9 kali selama berseragam Blaugrana. Ia juga sukses meraih 7 trofi  Super Spanyol, 6 trofi Copa del Rey, dan 3 trofi Piala Dunia Antarklub.

Kemudian, Iniesta juga berhasil meraih kesuksesan bersama timnas Spanyol. Selama berseragam La Furia Roja, Iniesta berhasil membawa Spanyol menjadi juara di Piala Dunia 2010 usai menjadi pencetak gol satu-satunya di pertandingan tersebut.

Lalu, bersama timnas Spanyol, ia juga menjuarai kompetisi Piala Eropa sebanyak dua kali. Trofi pertama didapatkan pada 2008 usai mengalahkan timnas Jerman. Lalu, trofi kedua didapatkan pada 2012 silam setelah Spanyol sukses mengalahkan Italia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya