Wah, Tata Bisa Lewati Rekor Empat Pelatih Barcelona

Uniknya, jika terjadi, rekor baru Barca dan Tata hadir di saat Barcelona sedang disorot.

oleh Liputan6 diperbarui 24 Sep 2013, 21:01 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2013, 21:01 WIB
tata-martino-130829b.jpg
Gerardo "Tata" Martino dan Barcelona sedang di ambang menciptakan rekor baru. Dengan menggondol lima kemenangan di La Liga, Tata berpeluang melewati rekor enam kemenangan di awal La Liga yang sudah diraih oleh Johan Cruyff (1990/91), Louis Van Gaal (1997/98), Josep Guardiola (2009/10) dan Tito Vilanova (2012/13).

Namun hanya Van Gaal dan Tito yang mampu merebut enam kemenangan beruntun di tahun pertama melatih Barcelona. Sedangkan dua pelatih lainnya melakukan itu lebih dari satu musim. Rekor itu bisa pecah jika Barcelona mampu mengalahkan Real Sociedad dini hari nanti dan Almeria pada akhir pekan.

Uniknya, jika terjadi, rekor baru Barca hadir di saat Barcelona sedang disorot. Ya, klub asal Katalunya ini disorot terkait gaya permainan mereka yang jauh dari tiki-taka. Ini mencuat setelah Barcelona kalah dalam penguasaan bola dari Rayo Vallecano. Ini tak pernah terjadi pada Barcelona di lima musim terakhir.

Hanya saja, siapa yang bisa mencibir gaya main Barcelona sekarang? Di La Liga, mereka menjadi tim paling produktif (18 gol) dengan gaya bermain seperti sekarang. Mereka pun belum bisa dikalahkan.

Yang jelas, seperti ditulis Marca, Selasa (24/9/13),Tata mendapatkan dukungan penuh dari pemain. Pemain tak peduli jika harus melakukan serangan balik, karena ini membuat Barcelona tak bisa ditebak. Dukungan ini bahkan diucapkan oleh Lionel Messi, aktor utama permainan Barcelona.

Tata sendiri dengan santai menjawab kritikan ini. "Mungkin karena saya bukan orang Spanyol dan Belanda, maka itu gaya bermain saya dikritik," tandasnya. Dia akan tetap teguh dengan prinsip bermain. Satu lagi yang kerap dilakukannya adalah rotasi pemain. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya