5 Gol Tercepat Dunia Sepanjang Masa

Beberapa pemain ternama mampu mencetak gol dalam waktu singkat

oleh Ulul Azmi diperbarui 26 Nov 2013, 14:23 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2013, 14:23 WIB
gol-cepat-home-131126b.jpg
Gol merupakan tujuan yang ingin dicetak dalam suatu pertandingan sepakbola. Pasalnya menceploskan bola ke gawang lawan merupakan penentu kemenangan bagi satu tim dalam pertandingan yang dilakoninya.

Namun menjadi menarik jika gol tersebut diciptakan dengan sangat cepat. Beberapa pemain ternama mampu mencetak gol dalam waktu singkat. Berikut lima pemain ternama yang tercatat sebagai pencetak gol cepat.

Berikut daftar pemain ternama yang mencetak gol cepat:


hakan-sukur-131126b.jpg

1. Roy Makaay

Penyerang Asal Belanda itu mencetak gol tercepat di Liga Champions yakni ke gawang Real Madrid dengan catatan. 10,12 detik setelah peluit kickoff babak pertama dibunyikan pada musim 2006/07.

Ketika itu Makaay masih memperkuat klub Bayern Muenchen dan membawa FC Hollywood menang dengan skor 2-1 di Allianz Allianz Arena dan melangkah ke babak perempatfinal.

Hingga sekarang Makaay masih menjadi pemegang rekor pencetak gol tercepat di Liga Champions.


jesus-navas-131124c.jpg
2. Alan Shearer

Seperti yang diketahui, Shearer merupakan salah satu bomber terbaik yang pernah dimiliki Newcastle dan Timnas Inggris. Sepanjang karier profesioanllnya, Sharer telah mencetak 379 dari 733 penampilannya di semua kompetisi.

Namun ada satu gol yang selalu dikenal khususnya oleh publik Liga Premier yakni ketika Shearer mencetak gol cepat ke gawang Manchester City.

Kala itu Shearer berhasil memaksimalkan bola yang coba dibuang kiper City ketika laga baru berjalan 10.4 detik musim 2002/03.

ledley-king-131126b.jpg
3. Ledley King

Meski hanya bermain sebagai bek tengah, namun naluri King dalam mencetak gol lumayan tinggi khususnya dalam bola-bola mati. Bahkan tidak jarang pula gol yang dicptakan King menyelematkan Spurs dari kekalahan.

Lebih dari itu bahkan tidak ada yang menyangka kalau King menjadi pemegang rekor gol tercepat dalam sejarah Liga Premier. Gol tersebut dicetak ke gawang Bradford City saat pertandingan baru berjalan 10 detik pada musim 2000/01.

alan-shereer-131126b.jpg
4. Jesus Navas

Navas baru saja membuat kejutan ketika membawa timnya Manchester City mencukur habis Tottenham Hotspur dengan skor 6-0 dalam lanjutan Liga Premier 2013/13 di Stadion Etihad pada akhir pekan lalu.

Navas membuat kejutan dengan gol cepat yang dilesatkannya ketika pertandingan baru berjalan 12 detik. Pemain Timnas Spanyol tersebut sukses memanfaatkan bola muntah sepakan Sergio Aguero yang tak mampu ditangakap kiper Hugo Lloris.

roy-makaay-131126b.jpg
5. Hakan Sukur

Penyerang legendaris Turki ini mencetak gol terkilat dalam sejarah Piala Dunia dalam waktu 11 detik. Rekor yang belum terpecahkan ini terjadi dalam partai perebutan juara ketiga Piala Dunia 2002 melawan tuan rumah Korea Selatan pada 29 Juni di Stadion Daegu World Cup.

Gol berawal ketika bek Hong Myung-Bo ingin mengumpan bola ke kiper Lee Won-Jae. Tiba-tiba Ilhan Mansiz sukses mencuri bola dan kemudian meneruskan aliran bola ke Hakan Sukur yang berdiri di dekatnya. Tinggal berhadapan langsung dengan Won-Jae, penyerang yang ketika itu membela Parma (Italia) itu menembak bola dengan kaki kanannya. (lul)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya