Siapakah Pemain Terbaik Dunia Pilihan FIFA?

Ada tiga kandidat yang berpeluang meraih gelar Ballon d'Or. Ketiganya yakni Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Franck Ribery.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 13 Jan 2014, 14:13 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2014, 14:13 WIB
ronald-messi-ribery-140113a.jpg
Tiga calon pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Franck Ribery kini sedang mengalami perasaan  harap-harap cemas. Sebab tak sampai 24 jam, FIFA bakal melansir satu nama yang dianggap berhak mendapatkan gelar kehormatan Ballon d'Or 2013.

Ketiganya memiliki peluang yang nyaris setara. Masing-masing punya modal bagus yang bisa menjadi bahan penilaian dewan juri untuk menentukan pemenang di ajang pemilihan pemain terbaik dunia tahun ini.

Messi yang sudah mendapatkan gelar tersebut dalam empat musim terakhir kembali berpeluang untuk menambah koleksinya. Pemain bintang asal Argentina itu dimodali dengan catatan prestasi membawa Barcelona juara La Liga musim 2012-2013.

Pemain berjuluk La Pulga alias Si Kutu itu juga berhasil menorehkan catatan total 60 gol di semua ajang musim lalu. Namun kini, catatan prestasinya sedikit terganggu akibat mengalami cedera sejak November-Desember tahun lalu.

Di sisi lain, sosok Ronaldo diperkirakan bakal merebut trofi Ballon d'Or tahun ini. Ramalan tersebut didasari dengan prestasi yang ditunjukkan sang pemain selama 2013.

Pemain yang kerap disapa CR7 itu mampu tampil gemilang bersama Real Madrid. Meski tak menjuarai apa pun, Ronaldo tetap dianggap sebagai pemain yang memberikan pengaruh besar pada dunia pesepakbolaan masa kini.

Sepanjang musim 2012-2013, Ronaldo sukses mencetak 55 gol. Ditambah dengan torehannya hingga akhir tahun 2013, eks pemain Manchester United itu telah mengumpulkan raihan 82 gol. Sedangkan Messi, koleksinya kini tertinggal enam gol dari Ronaldo.

Ronaldo makin membuka peluang untuk menang karena ia mampu tampil luar biasa bersama Timnas Portugal. Lewat empat gol yang dicetaknya ke gawang Swedia, Portugal akhirnya lolos dari babak play-off dan berhasil mengamankan tiket ke Piala Dunia Brasil 2014 mendatang.

Tak kalah dari dua pesaing beratnya, Franck Ribery juga memiliki catatan prestasi yang membanggakan. Pemain asal Prancis tersebut sukses mengantarkan Bayern Muenchen merebut gelar treble winners pada musim 2012-2013 lalu. Ia bahkan dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik Eropa tahun 2013.

Koleksi gol Ribery memang tidak sebanyak Ronaldo dan Messi. Namun dengan segala bakat dan prestasinya, FIFA tentu tak pantas meremehkan pemain berusia 30 tahun tersebut.

Kini publik tinggal menunggu siapakah yang bakal ditunjuk sebagai pemain terbaik dunia 2013. Berbarengan dengan penghargaan pelatih terbaik dunia, FIFA akan mengumumkannya secara langsung di Zurich, Swiss, 13 Januari 2014 waktu setempat. (Vin)

Baca Juga:
Ballon d'or 2013, Akankah Messi Lagi dan Lagi?
Dapat Dukungan Legenda, Ronaldo Sabet Ballon d'Or Tahun ini?
Ribery si Jenderal Lapangan Tengah yang Siap Jegal CR7 & Messi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya