Cek Fakta: Tidak Benar Foto Gibran Menjaga Toilet Umum

Cek Fakta penelusuran klaim foto Gibran menjaga toilet umum

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 29 Jul 2020, 14:15 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2020, 14:15 WIB
Cek Fakta penelusuran klaim foto Gibran menjaga toilet umum
Cek Fakta penelusuran klaim foto Gibran menjaga toilet umum

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sedang menjaga toilet umum.

Foto tersebut diunggah akun Faceboo Ballya, pada 21 Juli 2020. Dalam foto tersebut, Gibran dudu sembari menekan kedua tangannya pada kedua paha. Tak jauh dari tempatnya duduk, terlihat seorang ada di dalam ruangan yang temboknya bertuliskan "WC UMUM".

Unggahan foto tersebut diberi keterangan "#TolakDinastiBoneka". Foto yang diunggah akun Faceboo Ballya telah mendapat 33 komentar dan 5 kali dibagikan.

Benarkah klaim foto Gibaran sedang menjaga toilet umum? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.Com.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Gibran menjaga toilet umum, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran Google Search.

Penelusuran foto Gibran menjaga toilet umum

Hasil penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Gaya duduk Gibran jadi meme berlatarkan WC umum, siapa biang keladinya?" yang dimuat situs antaranews.com, pada 11 April 2017. Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

Artikel tersebut menjelaskan, pose duduk Gibran ini ternyata diambil dari foto saat Gibran bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono. Saat itu, Gibran ikut "nimbrung' usai AHY menemui Presiden Joko Widodo, meminta wejangan.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Kata Pakar tentang Bahasa Tubuh Gibran Saat Bertemu AHY" yang dimuat situs liputan6.com, pada 11 Agustus 2017.

 Artikel situs liputan6.com memuat foto Gibran yang posenya identik dengan foto klaim.

Foto Gibran menjaga toilet umum

Foto tersebut diberi keterangan sebgai berikut:

"Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), ketika berbincang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8/2017). (Liputan6.com/Pool)"

 


Kesimpulan

Cek Fakta Liputan6.com telah melakukan penelusuran, hasilnya kliam  foto Gibran menjaga toilet umum tidak banar, foto tersebut sudah mengalami editan.

Foto sebenarnya, pose Gibran tersebut sedang melakukan perbincangan dengan AHY di Istana Kepresidenan Jakarta.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya