Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini adalah Rumah DP 0 Persen

Beredar foto yang diklaim rumah DP 0 persen. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 08 Apr 2021, 14:00 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2021, 14:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Rumah DP 0 Persen (sumber: Facebook)
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Rumah DP 0 Persen (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim sebagai rumah DP 0 persen beredar di media sosial. Foto tersebut diunggah akun Facebok Nilam pada 5 April 2021.

Dalam foto yang diunggahnya, terlihat seorang anak yang tengah berpose di dari dalam kardus. Kardus tersebut seakan mirip dengan bangunan rumah. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan rumah DP 0 persen.

"RUMAH DP 0% RUPIAH"

"Rumah KADRUN.... Program papak Edan 😂😂😂," tulis akun Facebook Nilam.

Konten yang disebarkan akun Facebook Nilam telah 1 kali dibagikan dan mendapat 119 komentar warganet.

Benarkah foto yang diunggah akun Facebook Nilam merupakan rumah DP 0 persen? Berikut penelusurannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai rumah DP 0 persen. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "foto rumah DP 0 persen" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto dari rumah DP 0 persen. Satu di antaranya artikel berjudul "FOTO: Tampilan Terkini Rumah DP 0 Rupiah yang Segera Rampung" yang dimuat Liputan6.com pada 25 Juni 2019 lalu.

Dalam artikel tersebut terdapat beberapa foto tampilan dari rumah DP 0 persen yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta. Berikut foto rumah DP 0 persen:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Liputan6.com.

 

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/news/read/3998007/foto-tampilan-terkini-rumah-dp-0-rupiah-yang-segera-rampung?page=5


Kesimpulan

Foto foto yang diklaim sebagai rumah DP 0 persen ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan merupakan foto dari rumah DP 0 persen.

Rumah DP 0 rupiah merupakan salah satu program dari Pemprov DKI Jakarta. Hunian itu terletak Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya