6 Hoaks Sepekan, dari Peristiwa Luar Negeri sampai Seputar Kesehatan

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 06 Nov 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 17:00 WIB
Tangkapan layar hoaks yang berdar dalam sepekan seputar Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan menjadi salah satu pejabat yang kerap dijadikan bahan hoaks

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks beredar di media sosial dengan beragam isu, kondisi ini tentu dapat menyesatkan pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks yang beredar di media sosial, mulai dari seputar peristiwa di luar negeri hingga kesehatan.

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan.

1. Video Menteri Pendidikan Gaza Umumkan Tahun Ajaran 2023/2024 Berakhir karena Siswanya Gugur

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Menteri Pendidikan Gaza umumkan tahun ajaran 2023/2024 berakhir karena siswanya telah gugur, kabar tersebut diunggah salah akun Facebook, pada 3 November 2023.

Klaim video Menteri Pendidikan Gaza umumkan tahun ajaran 2023/2024 berakhir karena siswanya telah gugur menampilkan seorang mengenakan jas dan kemeja putih berdiri di mimbar dan memegang pengeras suara dengan latar belakang sebuah bangunan berwarna coklat dan terdapat bendera berwarna hitam, putih, hijau dan merah.

Orang tersebut pun berkata dalam bahasa asing dan terdapat teks terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

"Selamat pagi anak-anak

apa kabar kalian semua?

apakah kalian siap?

marilah kita belajar dan tetap aktif

agar kita bisa menjadi orang yang berguna

anak-anak, masa depanmu ada di hadapanmu

Hidup kalian ada di tangan kalian

ingatlah selalu dan kami juga mencintai kalian kami akan sangat merindukan kalian

Baiklah, mari kita mulai belajar di atas di bawah di kanan di kiri satu dua tiga empat baiklah kalian boleh meninggalkan kelas

Dalam waktu yang bersamaan ketika video ini dibuat dan setelah internet diputus di Gaza dilaporkan bahwa 3,457 anak telah Syahid di antara mereka, lebih dari 260 anak tidak teridentifikasi lebih dari 6,360 mengalami luka berat.

Lebih dari 1,000 anak-anak masih terjebak dalam reruntuhan dan lebih dari 203 sekolah rusak berat akibat pengeboman tersebut semua ini terjadi ketika permbantaian warga sipil dan genosida terus berlanjut terlihat jelas dalam dunia yang "katanya" demokrasi"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Secara resmi kami umumkan

Kegiatan belajar mengajar tahun 2023 _2024 telah berakhir

Di karenakan anak2 palestine gugur mati syahid

Tertanda

Menteri pendidikanGaza Palestine.

Ya Allah ya Robb.. 🥹🥹😭"

Dalam video tersebut terdapat logo dan tulisan "Telescope".

Benarkah klaim video Menteri Pendidikan Gaza umumkan tahun ajaran 2023/2024 berakhir karena siswanya telah gugur? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

2. Foto Luhut Binsar Pandjaitan Sedang Sekarat

Penelusuran klaim foto Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat. Kabar tersebut diunggah akun Facebook, pada 13 Oktober 2023.

Klaim foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan sedang sekara menampilkan seorang berbaju putih sedang mengenakan alat bantu perpapasan dengan latar belakang grafik hijau dan terlihat dua tangan didekat orang tersebut.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Infomasi terkini Kabar gembira kondisi sekarang kejet 2 bahwa sekarat tu ada Siapa yang bilang itu editan?, banyak² lah berdo'a kepada Alloh...", Masyarakat rempang sujud syukur Rencana BULDUSER di hentikan sejenak Callo tanah satu persatu akan di tikam lehernya oleh rakyat nya sendiri

LPB Sekarang Lagi Sekarat di Rumah Sakit Singapore ,: Luhut Binsar Panjaitan , Kaget' Sewaktu di PerLihatkan Videonya Anies Baswedan Gerak JaLan Santai Hari Minggu Kemaren Tgl. 8 Oktober 2023.fi Jakarta , Dan Polling Anies Baswedan Tertinggi 91%.

☝️ 🥥⚽⚽🤲Di NTT aje Masyarakat nya Pada Mendukung Anies Baswedan , Padahal Gubernurnya , Eskodat dari PDI-P , Gubernur NTT , ESKODAT ,

Mundurkan diri Jadi Gubernur NTT."

Benarkah klaim foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan sedang sekarat? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3. Video Menara Masjid Al Aqsa Ditembaki Tentara Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel menampilkan sebuah bangunan tinggi berbentuk silinder mengeluarkan asap putih, dalam video tersebut terdengar suara ledakan dan terlihat asap putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"MENARA MASJIDIL AQSHA DI TEMBAKI ISRAEL"

ALLAHU AKBAR MENARA MASJID ALAQSOH PALESTINA DI TEMBAKI PARA TENTARA ISRAEL NAMUN MENARA TERSEBUT TETAP BERDIRI KOKOH"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kuasa ilahi menara mesjidil Aqsa di tembaki Israel namun menara itu Mash tetap berdiri kokoh walaupun Israel menggunakan rudal"

Benarkah klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini.....


Hoaks Berikutnya

4. Video Tentara Hamas Terjun Payung Mendarat di Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tentara Hamas terjun payung mendarat di Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Oktober 2023.

Klaim video tentara Hamas terjun payung mendarat di Israel menampilkan sejumlah parasut di udara yang bawahnya terdapat gedung.

Kemudian tayangan tersebut berubah menampilkan sejumlah orang mengenakan parasut mendarat di tengah keramaian terlihat ada anak dan wanita dalam keraian tersebut.

Dalam video tersebut terdapat tulisan

"PUBG Palestine

Judul map: Israel

Luas Map : 22.145 Km

Spoting Lootingan: Tel Aviv

The Real PUBG in Palestine"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut "tentara Hamas terjun payung".

Benarkah klaim video tentara Hamas terjun payung mendarat di Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

5.  Video Dokter Terawan Promosikan Pengobatan Prostatitis

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Oktober.

Klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis berupa video yang menampilkan Dokter Terawan yang mengenakan kemeja putih dengan bagian kerah bercorak sedang berbicara, dengan transkrip sebagai berikut.

"Prostatitis di Indonesia pada tahun 2023 telah memecahkan rekor, ini lebih dari sekedar penyakit ketidaknyamanan potensi sering buang air kecil, tubuh Anda mengirimkan sinyal bahaya di bawah bimbingan saya solusi alami untuk masalah ini telah dikembangkan prostanore adalah kesempatan anda untuk melawan prostatitis secara eksklusif di situs web kami dengan biaya pokok jaga kesehatan mu"

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Jika Anda Memiliki Masalah Prostatitis DAN SERING BUANG AIR KECIL-SEGERA BACA"

Benarkah klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

6. Video Pembalasan Palestina ke Israel

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pembalasan Palestina kepada Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Unggahan klaim video pembalasan Palestina kepada Israel menampilkan suasana cahaya berwarna merah, terlihat percikan api dan asap putih di antara bangunan.

Video tersebut diawali dengan tulisan

"PEMBALASAN PALESTINA KEPADA ISRAEL"

"HANYA 1 MENIT, TOLONG JANGAN DI SKIP"

Benarkah klaim video pembalasan Palestina kepada Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya