Disebut Produk Asing dan Pro Israel, Le Minerale: Itu Hoaks

Marketing Director Le Minerale, Febri Satria Hutama mengecam, pihak-pihak yang menyebarkan hoaks dan menyebut Le Minerale sebagai produk asing dan berkaitan dengan Israel.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Nov 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2023, 21:00 WIB
Le Minerale.
Tiga orang sedang memegang Le Minerale. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Produk minuman Le Minerale disebut-sebut dimiliki oleh perusahaan asing dan salah satu produk yang pro Israel. Namun, pihak PT Tirta Fresindo Jaya selaku produsen air kemasan Le Minerale membantah kabar yang beredar di media sosial tersebut.

Marketing Director Le Minerale, Febri Satria Hutama menyayangkan, merebaknya hoaks yang menyebut bahwa Le Minerale merupakan produk perusahaan sebagai brand asing. Padahal, kata dia, perusahaan merupakan entitas bisnis yang kepemilikan sepenuhnya dikelola oleh warga negara Indonesia.

"Kami sangat menyesalkan pemberitaan hoaks tersebut. Perusahaan kami, PT Tirta Fresindo Jaya, merupakan perusahaan yang 100 persen Indonesia. Kepemilikan kami 100 persen Indonesia, karyawan kami 100 persen warga negara Indonesia, dan produk perusahaan kami, baik dalam kemasan botol maupun galon, sepenuhnya diproduksi di Indonesia, dan telah mendapat tempat di hati konsumen Indonesia. Justru produk kami merupakan kebanggaan Indonesia karena berhasil melakukan ekspor ke berbagai negara," kata Febri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Febri juga menjamin bahwa perusahaan tidak memiliki kaitan apa pun dengan Israel, seperti tuduhan tidak berdasar yang dilemparkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

"Le Minerale tidak memiliki operasional, maupun investasi dalam bentuk apapun di Israel," ucap Febri.

Febri pun meminta, masyarakat tidak terpancing kabar hoaks yang beredar di media sosial. Karenanya, ia meminta masyarakat berhati-hati dalam menerima informasi.

Febri juga mengecam, pihak-pihak yang menyebarkan hoaks dan menyebut Le Minerale sebagai produk asing dan berkaitan dengan Israel.

"Sangat tidak benar bila Le Minerale dituduh sebagai produk asing, apalagi sampai disebut mendukung Israel," kata Febri.

Ia menegaskan, justru sebagai perusahaan Indonesia, Le Minerale sejalan dengan pemerintah dan rakyat Indonesia, yakni mengecam serangan yang dilakukan Israel ke Palestina.

"Sejalan dengan pemerintah Indonesia, kami bersimpati dan mengecam serangan tidak pandang bulu yang dilancarkan terhadap warga sipil di Palestina yang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dalam sebulan lebih terakhir. Kami mengajak semua pihak untuk tidak bersembunyi dan berani untuk menunjukkan simpati dan dukungan yang sama," tutup Febri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya