Ragam Penipuan Catut Aplikasi DANA, Kenali Modusnya Biar Tak Jadi Korban

DANA merupakan salah satu dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi. Namun, aplikasi dompet digital tersebut seringkali dicatut untuk melancarkan aksi penipuan dengan modus yang beragam.

oleh Alifah Budihasanah diperbarui 25 Jun 2024, 10:31 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2024, 11:00 WIB
ilustrasi Cek Fakta
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)

Liputan6.com, Jakarta - DANA merupakan salah satu dompet digital yang banyak digunakan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi. Namun, aplikasi dompet digital tersebut seringkali dicatut untuk melancarkan aksi penipuan.

Modusnya beragam, salah satu yang paling sering beredar adalah tautan (link) DANA kaget palsu. Informasi bohong semacam itu tentu harus dihindari agar tidak mengakibatkan kerugian, terutama finansial. Agar tak menjadi korban yang mencatut DANA, berikut beberapa modus yang perlu diwaspadai, dilansir dari situs resmi DANA.

1. Menyamar Sebagai Pihak DANA

Selalu waspada dengan oknum yang menyamar sebagai pihak DANA. Umumnya, oknum seperti ini kerap menawarkan bantuan untuk menyelesaikan masalah transaksi di aplikasi DANA. Jika mengalami kendala, pastikan untuk selalu melaporkannya pada DANA Customer Care via DIANA di aplikasi DANA.

Perlu diingat, DANA Customer Care resmi hanya memiliki nomor 1500445. Jika ada pihak yang mengaku sebagai DANA Customer Care tetapi tidak menggunakan nomor tersebut, dapat dipastikan penipuan.

2. Media Sosial Palsu

Waspada dengan oknum yang mencatut media sosial DANA palsu. Media sosial resmi milik DANA tercantum sebagai berikut.

  • Instagram: @dana.id; @daysindana; dan @dana.finteach
  • Facebook: DANA Indonesia
  • X (Twitter): danawallet
  • TikTok: DANA Indonesia
  • Threads: dana.id
  • YouTube: DANA Indonesia
  • LinkedIn: DANA Indonesia
  • WhatsApp: DANA Indonesia

3. Tautan DANA Kaget Palsu

Ini merupakan modus yang marak dilakukan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak sembarang mengklik tautan dan pastikan keaslian tautan DANA Kaget yang didapat. Oknum penipu kerap menyebarkan tautan palsu yang berujung meminta kode OTP.

Perbedaan tautan palsu dengan tautan asli:

https://link.dana.id/kaget?.... (tautan asli)

https://saldodanagratis (tautan palsu)

4. Informasi kartu fisik palsu

Banyak beredar berita palsu yang menginformasikan bahwa DANA mengeluarkan kartu ATM fisik. Perlu diingat, DANA tidak pernah mengeluarkan kartu fisik.

5. Tautan palsu untuk pemulihan akun yang dibekukan

Waspada dengan pesan yang mengatakan bahwa akun DANA milikmu dibekukan. Modus ini biasanya akan mengarahkan calon korban untuk mengklik tautan pemulihan akun DANA palsu.

Sebaiknya, pastikan terlebih dahulu apakah akunmu benar-benar dibekukan atau tidak. Jika benar dibekukan, langsung lakukan pelaporan melalui DIANA, digital asistenmu di DANA, atau melalui email resmi di help@dana.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya