10 Alat Penyiksaan Paling Mengerikan

Alat-alat penyiksaan berikut membuat korbannya sengsara dan mati perlahan-lahan. Apa saja?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 31 Des 2014, 14:54 WIB
Diterbitkan 31 Des 2014, 14:54 WIB
10 Alat Penyiksaan Abad Pertengahan Paling Mengerikan
Alat-alat penyiksaan berikut membuat korbannya sengsara dan mati perlahan-lahan. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Abad Pertengahan merupakan salah satu era paling kelam dalam sejarah. Masa tersebut dikenal sebagai masa paling barbar, brutal, dan kejam. Yang membuat abad ini begitu terkenal adalah perangkat penyiksaan mereka yang begitu mematikan. Berikut 10 alat penyiksaan Abad Pertengahan paling mengerikan tersebut.

1. The Scold’s Bridle

the_scrolds_bridle - Medieval Torture Devices

Disebut juga topeng pengekang, benda ini digunakanuntuk mempermalukan sekaligus menyakiti pemakainya. Benda ini terbuat dari besi yang menyerupai masker dan dipakaikan ke kepala korban. Bagian mulutnya menonjol dengan sebuah besi datar yang membuat lidah tertekan ke bawah. Saat badan terlonjak, lidah akan terasa sakit karena besi yang berpindah. Benda ini digunakan untuk menghukum perempuan. Ada berbagai bentuk, yakni bentuk sapi untuk perempuan pemalas, kelinci bagi yang suka bergosip, dan tikus bagi yang pemarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

2. The Heretic’s Fork

heretic_fork

Adalah alat penyiksaan serupa garpu yang biasa digunakan pada masa inkuisisi di Spanyol. Garpu ini dilengkapi kerah yang melekat dengan tongkat besi berbentuk garpu. Salah satu ujung garpu ditempatkan di bawah dagu sementara yang lain di dada tertuduh. Hal ini membuat tertuduh tak dapat bergerak dan baru akan dilepaskan jika tertuduh sudah mengaku.

3. Thumb Screws

thumbscrew

Alat ini serupa dengan sekrup dan biasa digunakan untuk memaksa tertuduh mengakui perbuatan mereka. Ibu jari akan ditempatkan di bagian penjepit dan akan diperketat sampai tertuduh mengaku.


Selanjutnya

4. The Picquet

picquet-torture

Biasa digunakan dalam disiplin militer. Korban akan digantung di udara dengan salah satu ibu jari atau tangan yang digantung sementara di bawah kakinya terdapat besi runcing. Tali yang mengikat korban akan diturunkan sedikit demi sedikit sehingga korban terpaksa berpijak di besi runcing untuk mencari keseimbangan tubuh.

5. Coffin Torture

coffin_torture

Biasa disebut peti mati penyiksa dan ditakuti para penjahat. Korban yang bersalah akan dirantai di peti mati yang terbuat dari susunan besi runcing. Seseorang yang dijatuhi hukuman ini akan merasa kesakitan sekaligus malu karena peti mati penyiksaan ini biasa ditaruh di tempat umum.


Selanjutnya

6. Judas Cradle

judas_cradle

Merupakan perangkat mengerikan berbentuk kursi dengan tempat duduk yang runcing. Tempat duduk runcing tersebut berbentuk piramida dan ditusukkan ke anus atau vagina tertuduh. Kaki korban akan diikat dan kursi tersebut akan digantung sehingga tertuduh merasa kesakitan. Jika tertuduh tidak mati karena anus atau vaginanya terbelah, maka ia akan mati karena infeksi luka sebab kursi ini tak pernah dicuci.

7. The Rack

the_rack

Merupakan salah satu alat penyiksaan paling terkenal di abad pertengahan. Sebuah bingkai kayu diletakkan di atas tanah. Korban akan diikat ke bagian ujung sedang tangannya diikat ke tali yang melilit kayu pemutar. Seorang algojo akan memutar kayu pemutar sampai tubuh korban meregang sampai tulang-tulang mereka patah bahkan robek.


Selanjutnya

8. The Brazen Bull

brazzen_bull

Pertama kali ditemukan oleh orang Yunani dan menjadi alat penyiksaan paling populer pada abad pertengahan. Korban akan dimasukkan ke dalam patung banteng yang berongga. Patung yang terbuat dari logam tersebut kemudian ditaruh di atas api. Korban yang berada di dalamnya perlahan-lahan akan mati terbakar akibat panasnya logam.

9. The Head Crusher

d head crusher

Disebut juga pemecah kepala. Dagu korban akan ditempatkan di bawah logam, kemudian topi logam akan diletakkan di atas kepalanya. Topi tersebut kemudian ditutup perlahan-lahan dengan sekrup sampai tulang tengkorak hancur.


Selanjutnya

10. The Spanish Tickler

spanish_tickler

Merupakan salah satu alat penyiksaan paling mengerikan di Abad Pertengahan. Serangkaian cakar logam dipasang di ujung tiang dan diasah setajam silet. Tubuh korban kemudian digaruk dengan alat ini sampai tubuh korban hancur.

Mengerikan, ya? Namun alat-alat penyiksaan tersebut membawa efek jera bagi pelaku kejahatan pada masa itu, lho!

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya