Di Atas Pesawat Pria Ini Selamatkan Nyawa dengan Tusuk Gigi

Dalam keadaan darurat, apapun bisa bermanfaat asal kita tau ilmunya.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Okt 2016, 09:31 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2016, 09:31 WIB
Di Attas Pesawat Pria Ini Selamatkan Nyawa dengan Tusuk Gigi
Di Attas Pesawat Pria Ini Selamatkan Nyawa dengan Tusuk Gigi

Liputan6.com, Jakarta Dalam keadaan darurat, apapun bisa bermanfaat asal kita tau ilmunya. Seorang dokter di Tiongkok berhasil menyelamatkan penumpang di atas pesawat hanya menggunakan tusuk gigi.

Nama dokter hebat tersebut adalah Dr. Tian Yu. Laki-laki ini melakukan penerbangan minggu lalu dengan China Air. Saat pesawat berada di atas awan, laki-laki ini mendengar salah satu penumpang yang berteriak membutuhkan bantuan dokter. Ternyata salah satu penumpang mengalami kejang-kejang. 

Kepada Shanghai Daily Dr Yu, dokter ahli di Rumah Sakit Longhua Shanghai, mengatakan, "laki-laki yang mengalami kejang tersebut berusia antara 35 sampai 40. Dia tampak tak sadar dengan buih-buih di mulutnya". 

Dr. Yu segera memahami penumpang tersebut menderita epilepsi. Jika tak segera dilakukan tindakan yang tepat, bisa berakibat fatal. Di dalam pesawat yang sedang terbang, Dr Yu tahu tak ada alat atau apapun yang memadai untuk menyelamatkan laki-laki malang tersebut. 

Di Attas Pesawat Pria Ini Selamatkan Nyawa dengan Tusuk Gigi

Dia lalu meminta sendok dan handuk kepada pramugari. Dia membungkus sendok dengan handuk dan memasukkan ke dalam mulut korban untuk mencegah lidahnya tergigit. 

Rupanya Dr Yu juga mempunyai latar belakang pengobatan tradisional Tiongkok, akupunktur. Lalu laki-laki ini meminta tusuk gigi kepada pramugari karena di dalam pesawat tak ada jarum. Dia langsung menusukkan tusuk gigi tersebut ke titik-titik yang tepat.

"Tidak ada jarum di pesawat, terpaksa saya memakai tusuk gigi sebagai pengganti, katanya"

Laki-laki yang menderita epilepsi ternyata selama ini tak pernah menjalani terapi sebelumnya. Beruntung korban kembali sadar setelah diterapi dr Yu selama 5 menit, 20 menit sebelum pesawat mendarat.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya